Yoni Sembungan

Banyak peninggalan sejarah yang ditemukan di Jogja. Apakah itu berupa candi atau cuma sekedar prasasti biasa.  Nggak jarang cuma gundukan batu. Tapi semuanya punya cerita sejarah. Walaupun sampai sekarang juga belum diketahui secara pasti seperti apa kisah dibalik penemuan sejarah itu.

Salah satu temuan yang sering ditemukan di Jogja adalah Yoni. Beberapa tahu yang lalu, di sekitar daerah Pabrik Madukismo ditemukan sebuah Yoni. Satu yang disayangkan dari Yoni ini adalah ketidakjelasan asal usulnya. Hmm..mau tahu kisah lengkapnya? Cekiprut Sob!

KEUNIKAN

Batu Yoni Sembungan terdiri atas dua lempengan batuan. Sepertinya dulunya batu ini menyatu. Kini kedua lempengan itu terpisah. Berdiri pada dua sisi dinding di dalam sebuah lubang berbentuk persegi. Lempengan Batu Yoni yang bercerat terletak di dinding bagian timur dalam lubang tersebut. Sedangkan Batu Yoni yang nggak bercerat terletak di dinding bagian utara dalam lubang.

Ukuran kedua lempeng Batu Yoni ini masing-masing sekitar 1 m x 1 m. Ketebalan masing-masing lempeng batu sekitar 20 cm. Kemungkinan besar lempengan batu yang nggak bercerat merupakan alas dari lempengan batu yang bercerat.

Pada kedua lempeng batuan ini juga terdapat lubang berbentuk persegi di bagian tengahnya. Diduga  lubang di bagian tengah batuan ini merupakan bagian yang digunakan untuk menempatkan Lingga sebagai pasangan Yoni.  Sayangnya lingga ini nggak bisa ditemukan. Lubang bagian tengah dari lempengan batuan tersebut berukuran sekitar 15 cm x 15 cm.

Sedangkan lubang tanah tempat terdapat atau bersandarnya kedua lempeng batuan tersebut berukuran sekitar 120 cm x 120 cm. Kedalaman sekitar 150 cm.

LOKASI

Batu Yoni Sembungan ini secara administratif terletak di RT 04, Dusun Sembungan, Kalurahan Bangunjiwa, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Jogjakarta.

AKSES

Lokasi ini nggak begitu jauh dari pusat kerajinan atau Desa Wisata Kasongan. Tepatnya di sisi utara Desa Kasongan. Jaraknya sekitar 300 meter. Sisi barat daya Pabrik Gula Madukismo sekitar 450 meter.

HARGA TIKET

Free.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Nggak ada fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati ditempat ini.

Leave a Comment