“Wayang Wathon” Tutup Ngisor

Pasti banyak dianatar kalian yang bingung. Wayang wathon? Wayang sesuakanya maksudnya? Hihihi, iya nggak ya. kasih tahu nggak ya. Hmm buat kamu yang bukan asli Jogja atau bukan orang Jawa, kamu musti tahu arti kata ini. Kata wathon dalam bahasa Jawa artinya sesuakanya, sesuka hati. Ada juga yang mengartikannya asal-asalan. Tapi kira-kira ada nggak ya hubungan antara wayang wathon dengan asal-asalan?

“Wayang Wathon” hanyalah salah satu kreasi dari komunitas seni Tutup Ngisor. Kenapa salah satu, soalnya komunitas seni ini juga mempunyai ketrampilan seni yang lain Sob. Sitras Anjilin adalah salah seorang yang dikenal sebagai pimpinan kelompok mewarisi ayahnya. Salah satu tujuan dibuat “Wayang Wathon” adalah untuk mendekatkan wayang kulit kepada kaum muda.

Semua ini bermula dari kegelisahan melihat anak muda jaman sekarang yang jarang menyukai seni wayang. Tahu sendiri kan Sob. Sekarang anak-anak muda lebih suka K-POP. Wayang? Makanan apa itu? jleb banget nggak sih. Padahal wayang adalah salah satu warisan budaya Indonesia.

Pertunjukkan Wayang Wathon bisa dibilang cukup unik. Soalnya menggunakan wayang kulit yang nggak lengkap. Cuma beberapa tokoh yang digunakan. Wayang ini lantas dipadukan dnegan para actor yang ada. tapi meskipun beberapa pemainnya digantikan oleh manusia, wayang wathon tetap menggunakan geber. Kamu nggak tahu geber ya? geber itu kalau dalam bahasa modernnya background. Nah, tahu kan kalau pakai bahasa itu. Karena itu sesekali wayang kulit juga dimainkan di belakang layar dan bolak-balik berdialog dengan aktor. Dalam kata lain, wayang waton adalah kemasan pertunjukkan teater yang berangkat dari seni tradisi dan mengambil kisah dalam cerita wayang, tetapi ditaruh pada konteks persoalan-persoalan sosial masyarakat.

Komunitas Seni Tutup Ngisor tinggal di dusun Tutup Ngisor, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang Dusun ini berada di lereng gunung Merapi. Jumlah penduduk Tutup Ngisor sekitar 52 KK. (400 warga) Pekerjaan utama mereka petani. Keren ya Sob. Petani tapi pinter membuat produk seni.

Kalau kamu pengin berkunjung ke Tutup Ngisor. Kamu bisa melalui Kecataman Muntilan, melaju naik ke utara. Bisa menggunakan transportasi umum, berupa angkutan desa. Tapi  bisa pula menggunakan kendaraan sendiri. tempatnya nggak nyempil-nyempil amat kok Sob. Masih bisa dijangkau.

Dusun Tutup Ngisor nggak bisa di pisahkan dari gunung Merapi dan Merbabu. Dusun ini berada di lereng gunung Merapi. Berada di dusun Tutup Ngisor seolah seperti hendak menyentuh gunung Merapi. Dikelilingi sawah yang menghijau.

Leave a Comment