Warung Lodho Ayam

Pasti banyak diantara kamu yang nggak tahu ini jenis makanan apaan. Ngaku aja deh. Ini makanan unik Sob. Unik dan pastinya enyak-enyak. Bikin kamu ketagihan. Penasaran? Beneran penasaran? Coba tanya sama temenmu yang dari Trenggalek. Dia pasti tahu kuliner yang satu ini.

Lodho ayam emang makanan khas Trenggalek Jawa Timur. Tapi karena Jogja itu miniature Indonesia, makanya makanan dari luar Jogja pun bisa kamu dapetin di Jogja. Salah satunya Lodho ayam ini. KAlau di Trenggalek, warung Lodho ayam yang paling digemari masyarakat adalah Warung Lodho Ayam Pak Yusup. Tapi, buat kamu yang pengin ngrasain rasa uniknya Lodho ayam, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Trenggalek. Di Jogja juga ada yang nggak kalah enak. Warung Lodho Ayam di Jogja dipunyai oleh Pak Yogi Suryawan.

KEISTIMEWAAN
Keistimewaan masakan ini ada pada kuah santan pedas. Selain itu juga dari aroma daging ikan atau ayam asap yang kuat. Nggak cuma itu Sob, ada berbagai macam sayuran seperti trancam dan urap buat nemenin nikmatnya makan Lodha Ayam. Mau tambah enyak? Makan Lodho Ayamnya sama nasi gurih. Nasi gurih ini rasanya mirip nasi uduk,. Tapi, lebih kering. Selain itu juga ada tambahan remahan-remahan kentang goreng yang diiris tipis berwarna coklat tua.

Proses memasak Lodho Ayam cukup lama. Sekitar 12 jam. Pertama, ayam kampung atau ikan diasap menggunakan tempurung dan serabut kelapa. Lalu, dicampur kuah santan dan dibiarkan sampai bumbu meresap. Kalau di trenggalek, prose masak kuahnya menggunakan cara tradisional. Yaitu pakai kayu bakar. Tapi, kalau di warung Lodho Ayam Pak Yogi ini, cara memasaknya udah menggunakan alat modern. Nggak lagi menggunakan kayu bakar. Tapi menggunakan kompor.

Selain Lodho Ayam, ada juga Lodho tongkol. Lodho ini berisi potongan ikan tongkol dengan daging berwarna kemerahan. Besarnya seukuran telapak tangan. Daging ikannya lembut, terasa segar. Warung ini berdiri sejak sejak tahun 2006. Nggak cuma menunya yang Trenggalek banget. Bentuk bangunannya juga menggunakan bentuk rumah khas Trenggalek. Warung di Trenggalek selalu memiliki dua pintu, dindingnya dibiarkan setengah terbuka. Dipenuhi potongan-potongan batang bambu.

LOKASI
Jalan Gito Gati no.100 Sleman, Jogjakarta. Telp: 081804055771

HARGA
Buat nikmatin Lodho tongkol dengan nasi gurih, kamu cukup merogoh kocek 11500 rupiah. Nggak mahal-mahal amat kan. Pas dikantong bukan.

Leave a Comment