Tempe Benguk Bacem, Sajian Lebaran yang Unik

Siapa yang pernah lihat benguk? Ngacung!

Lah kok nggak ada yang angkat tangan? Orang kota semua ya? Hmm..ya sudah, ganti pertanyaan deh.

Siapa yang pernah lihat tempe benguk? Ngacung!

Hmm lumayan, ada yang angkat tangan.

Nah, buat kamu yang belum tahu seperti apa tempe benguk, kalau lebaran main ke Jogja ya Sob. Sekalian liburan gitu. Nggak usah bingung, kenapa harus ke Jogja. kenapa juga harus pas lebaran. Soalnya ada satu daerah di Jogja yang menjadikan tempe benguk sebagai suguhan lebaran.

Tempe benguk berbeda dengan tempe kedelai Sob. Butirannya besar-besar. Soalnya biji benguk emang dari sananya sudah besar-besar. Kalau dibacem, Rasanya manis gurih.

Dulu, sekitar tahun 1970-an gampang sekali menemukan tempe benguk. Banyak warung-warung yang menjualnya, beda banget dengan sekarang. Sekarang ini susah menemui tempe benguk dijual di warung-warung.

Tapi, buat kamu yang penasaran, nggak perlu khawatir Sob. Datang saja ke desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Sleman, Jogjakarta. Waktunya juga harus tepat Sob. Pas lebaran. Biasanya selain ada suguhan berupa roti dan aneka cemilan. Ada satu piring tempe benguk yang nggak ketinggalan disajikan. Khususnya di rumah Mbah Mulmukijan.

Setiap lebaran pasti ada menu satu ini yang disajiian untuk para tamu. Kamu nggak perlu malu Sob. Banyak dari para tamu yang memang sengaja datang untuk mencicipi menu satu ini.

 

Tertarik? Jangan lupa ya, kalau lebaran ke Jogja!

 

Leave a Comment