Tari Oglek Kulon Progo

Jogja emang sesuatu banget ya Sob. Apa aja ada disini. Kuliner yang macam-macam aneka variasinya. Belum lagi tambahan kuliner beraneka ragam dari berbagai daerah. Budayanya juga ruaarr biasa. Sejarahnya? Jangan ditanya, kalau ditelusuri banyak banget. Seninya, nggak kalah serunya.

Banyak seni, baik itu seni tari atau seni lainnya yang belum terungkap. Salah satunya ini, Tari Oglek. Nah, kamu juga baru pertama kali denger kan. Harap maklum Sob, seni, apalagi seni daerah emang mulai kalah pamor dengan seni pendatang sejenis K-POP. Tapi, kalau kalah terus, kapan dikenalnya. Ya nggak? So, kali ini kamu bakal kita ajak kenalan dengan sebuah tarian dari Kulon Progo yang sekarang ini sudah agak terlupakan. Tari Oglek.

KEUNIKAN

Oglek adalah salah satu kesenian rakyat tradisional Kulon Progo. Kesenian satu ini berupa tari-tarian. Termasuk jenis tarian berkelompok. Dipentaskan di tempat terbuka. Biasanya durasinya antara 1 sampai 2 jam. Jadi, bisa dibilang cukup lama Sob.

Pentas Oglek diiringi dengan seperangkat alat musik berupa 3 terbang sesar, 1 terbang kecil, 2 bende, 1 kendang, 1 gong, dengan sistem nada slendro. Gamelan-gamelan Jawa gitu Sob. Biasanya dalam pentas Oglek ini ada penari yang “in trance”. Kamu tahu nggak artinya “in trance”? Ya baiklah, kita belajar bahasa Inggris juga kali ini. kalau dalam bahasa Indonesia, “in trance” itu artinya kesurupan.

Kamu ingat kesenian Jathilan yang ada di Gunungkidul? Nah, mirip-mirip itu lah Sob. Jadi ada beberapa penari yang menari sambil diiringi gamelan. Lalu tiba-tiba ada yang minta makan ini itu. Biasanya makan yang nggak jelas. Ya gimana jelas, lha wong sabut kelapa digigitin. Bunga dicemil. Apa enaknya coba.

Tapi bagaimana pun itulah uniknya kesenian yang ada di Jogja. Kadang ada yang nggak masuk akal. Tapi hal-hal seperti ini cuma bisa kamu temuin di Indonesia Sob. Jamin deh. Coba aja kamu ke Luar Negeri, pasti kamu nggak nenuin kesenian seperti Tari Oglek.

LOKASI

Beberapa grup Oglek yang ada antara lain berada di desa Tuksono, kecamatan Sentolo, desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan, dan di desa Krembangan, kecamatan Panjatan.

AKSES

Akses menuju ke desa-desa tersebut bisa kamu tempuh mengunakan kenadaraan pribadi.

HARGA TIKET

Kalau tari-tarian ini sedang dipentaskan untuk sebuah acara rakyat, misalnya sedekah bumi atau sejenisnya, kamu nggak perlu mengeluarkan doku untuk menikmati tarian ini Sob. Tinggal duduk manis sambil menikmati tari oglek.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Di Kulon Progo, kesenian sejenis ini masih banya yang dilestarikan. Selain tari oglek, ada lagi yaitu tari incling, jathil, tari angguk, dan lain sebaginya.

 

 

 

 

 

 

1 thought on “Tari Oglek Kulon Progo

Leave a Comment