Taman Balekambang Surakarta

Sejarah Raja-raja jaman dulu emang asyik buat dipelajari. Bangunan-bangunan sejarah yang ditinggalkan juga asyik buat dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Balekambang di Solo. Bangunan ini merupakan taman peninggalan Istana Mangkunegaran Solo.

Balekambang dalam bahasa Jawa berarti rumah yang berada di atas air. Kenyataannya, Balekambang adalah rumah atau semacam vila raja tempo dulu yang dibangun di atas kolam air.DI Jogja ada juga yang sejenis, namanya Pesanggrahan Ambarukmo.

Taman Balekambang Solo saat ini telah berubah menjadi taman publik. Saat ini, taman tersebut dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo. Oleh UPT Disbudpar Solo, di sekitar taman dibangun kawasan outbond.

Disini, kamu juga bisa menyaksikan foto raja-raja Solo. Di taman yang besar ini, di dalamnya juga dipelihara beberapa ekor rusa jinak.

KEUNIKAN

Balekambang merupakan salah stau penginggalan raja yang masih terawatt. Selain sebagai tempat pariwisata, tempat ini juga merupakan tempat bersejarah. Buat kamu yang tertarik mempelajari lebih jauh tentang raja-raja di Solo, tempat ini pas banget buat kamu datangi.

Begitu juga buat kamu yang suka dengan arsitektur jaman kuno. Disini kamu bisa melihat arsitektur bangunan jaman dulu yang masih terawat.

LOKASI

Taman Balekambang terletak di belakang stadion Manahan Solo.

AKSES

Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, dari terminal Giwangan Jogja kamu naik bus jurusan Jogja-Solo. Turun di terminal Tirtonadi, Solo. Dari terminal Tirtonadi kamu bisa naik   becak atau angkutan kota jurusan Taman Balekambang  dan turun di depan taman.

HARGA TIKET

Free.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Selain taman yang luas dan indah, Taman Balekambang juga menyedikan toilet yang bersih.

 

Leave a Comment