Situs Arca Nandi

Kadang banyak orang yang bingung sendiri. Sebenarnya ada berapa situs sejarah yang ada di Jogja sih? Jangan-jangan kamu salah satunya ya Sob. Udah nggak perlu dihitung. Didatangi dan dinikmati saja Sob. Satu lagi nih situs sejarah di Jogja yang nggak banyak orang tahu. Bahkan orang Jogja sendiri juga belum tentu tahu. Namanya Arca Nandi. Nama … Read moreSitus Arca Nandi

Situs Bawong

Sob, kamu pasti jarang menemukan sebuah situs sejarah yang isinya nggak cuma satu. Isi? Kayak roti aja, pakai isi. Hush…itu mah khayalan kamu yang lagi laper aja. Di Jogja ada lho Sob, situs sejarah yang isinya nggak cuma satu situs sejarah. Namanya Situs Bawong. Hayoo coba tebak ada berapa macam situs yang ada disini? Kali … Read moreSitus Bawong

Situs Surocolo

Satu lagi tempat bersejarah di Jogja yang belum banyak diekspose. Masih cukup terjaga alaminya. Tapi untuk menuju ke tempat ini kamu musti sedikit berjuang. Soalnya kamu musti berjalanmendaki bukit dan melewati lereng bukit. Penasaran kita mau kemana? Udah pakcing dulu sanah (dibaca dengan irama iklan mie instan ya Sob hehehe). KEUNIKAN Situs Surocolo terdiri dari … Read moreSitus Surocolo

Makam Panembahan Selohening

Nggak terhitung berapa tokoh sejarah yang hidup di Jogjakarta. Sejak jaman dulu, sebelum berdirinya Keraton Jogja. Banyak kisah-kisah sejarah yang kini hanya tersisa sebagai cerita rakyat. Salah satu tokoh zaman dulu (Majapahit) yang menambah khasanah sejarah di Jogja adalah Panembahan Selohening. Ini bukan nama aslinya Sob. Tapi, masyarakat sekitar menyebutnya bgitu. Soalnya sampai sekarang nggak … Read moreMakam Panembahan Selohening

Song Kamal

Lagu kamal? Itu bahasa Inggris? Hehehe, nggak Sob. Itu nama sebuat situs sejarah di Jogja. Kamu pasti baru pertama kali dengar kan. Kamu kan jarang jalan-jalan. Hehehe. Dilarang nimpuk pakai sandal ya. Buat yang belum pernah ke situs ini, dibaca dulu nih infonya. Kita makslum kok Sob kalau belum banyak yang tahu situs ini. Soalnya … Read moreSong Kamal

Pasiraman Manuk Beri

Tempat-tempat sejarah di Jogja banyak tersebar di berbagai sudut kota. Sayangnya banyak diantara peninggalan sejarah itu yang rusak dimakan usia. Ada yang terhimpit rumah penduduk, ada juga yang terbengkalai begitu saja. Sayang sekali memang. Tapi mau bagaimana lagi. Nggak banyak yang cukup peduli dengan situs sejarah di Jogja. Salah satu situs di Jogja yang rusak … Read morePasiraman Manuk Beri

Situs Gedong Pusaka

Satu lagi situs sejarah di Jogja yang terbengkalai. Munkin karena saking banyaknya situs ejarah di Jogja Sob. Hingga akhirnya banyak situs sejarah yang nggak terawat. Padahal situs-situs ini menyimpan banyak sejarah masa lalu tentang Jogja. Salah satu situs yang mengalami nasib naas itu adalah Situs Gedong Pusaka. Situs ini sekarang lebih mirip sekumpulan semak belukar … Read moreSitus Gedong Pusaka

Situs Sumur Bandung

Jogja nggak cuma punya beragam peninggalan seni. Tapi juga terkenal punya banyak situs sejarah. Baik itu situs yang berupa candi yang sudah banyak dikenal, atau situs sejarah yang belum banyak dikenal masyarakat. Situs-situs ini biasanya menyimpan benda-benda sejarah. Biasanya berupa benda-benda rumah tangga. Salah satu situs di Jogja yang menyimpan benda atau artefak adalah Sumur … Read moreSitus Sumur Bandung

Situs Grajegan

Jogja memang selalu penuh dengan kejutan. Nggak terhitung berapa banyak penemuan sejarah yang berserakan di kota ini. Mulai dari candi, arca, dan lain sebagainya. Munkin saja kalau dilihat menggunakan alat tertentu, di bawah tanah Jogja ini masih banyak situs-situs sejarah yang belum diungkap. Salah satu situs sejarah yang baru-baru ini terungkap adalah Situs Grajegan. Situs … Read moreSitus Grajegan