Candi Plaosan

Candi Plaosan didirikan pada abad ke-9 Masehi oleh pasangan raja dan permaisuri yang bernama Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani. Rakai Pikatan merupakan raja ke-6 dari silsilah raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Mataram Lama. Berasal dari Dinasti Sanjaya. Beragama Hindu. Sedangkan sang permaisuri, Pramudya Wardhani, adalah anak gadis Samaratungga dari Dinasti Syailendra yang beragama Budha. Data … Read moreCandi Plaosan

Upacara Jamasan Pusaka Mangkunegaran

Ngomongin tradisi dan ritual, Jawa emang jagonya. Ada aja yang jadi sebuah ritual. Mulai dari menggiring kerbau, sampau mandiin keris. Semuanya jadi ritual.  Bahkan nggak jarang ritualnya misterius. Nggak bisa dijelaskan pakai logika. Coba aja deh kamu pikir, ngapai coba ada yang mau ngambilin kotoran kerbau. Kan banyak kumannya. Tapi pada percaya aja tuh kalau … Read moreUpacara Jamasan Pusaka Mangkunegaran

Nawu Sendang Seliran

Makam raja-raja mataram nggak hanya sekedar menyimpan sejarah para rajanya saja. Tapi juga tentang dakwah islam yang berkembang pada masa itu. Dulu, Sunan Kali Jaga pernah punya kisah ditempat ini. tepatnya di Sendang Seliran. Sampai sekarang kisah itu masih diabadikan dengan Ritual Nawu Sendang Seliran. KEUNIKAN Ritual nawu sendang ini bukan ritual biasa. ada sejarahnya … Read moreNawu Sendang Seliran

Museum Perjuangan

Sudah deh Sob, kamu percaya aja, kalau Jogja itu semuanya ada. Kuliner unik, menarik ada. kesenian tradisional ada. kerajinan yang oke punya tapi harganya bersahabat juga ada. bahkan museum-museum yang menyimpan aneka sejarah perjuangan Indonesia juga ada di Jogja. Salah satu museum yang menyimpan saksi sejarah pejuangan bangsa Indonesia adalah Museum Perjuangan. Kira-kira apa yang … Read moreMuseum Perjuangan

Situs Suruh

Kalau ada yang bilang situs sejarah di Jogja bisa dihitung pakai jari, hmm kayaknya kamu muti curiga Sob. Itu yang bilang punya jari berapa. Hehehe. Soalnya, ada banyak banget situs sejarah di Jogja. banyak yang belum terkelola dengan baik. Pastinya, masih banyak yang belum tergali.  Mungkin kalau dilihat pakai mata supernya super hero, kita bakal … Read moreSitus Suruh

Yoni Sembungan

Banyak peninggalan sejarah yang ditemukan di Jogja. Apakah itu berupa candi atau cuma sekedar prasasti biasa.  Nggak jarang cuma gundukan batu. Tapi semuanya punya cerita sejarah. Walaupun sampai sekarang juga belum diketahui secara pasti seperti apa kisah dibalik penemuan sejarah itu. Salah satu temuan yang sering ditemukan di Jogja adalah Yoni. Beberapa tahu yang lalu, … Read moreYoni Sembungan

Tradisi Menguras Enceh

Enceh? Apaan ya? Nggak heran kalau kamu bertanya kayak gitu. Soalnya emang nggak banyak yang tahu apa sebenarnya arti kata Enceh ini. Mungkin kamu lebih terbiasa dengan kata genthong. Kalau genthong kamu tahu kan. Masih nggak tahu juga? Yaelah, itu lho, tempayan air. Tapi biasanya gedhe banget. Dibuatnya dari tanah. Nah, di Jogja ada satu … Read moreTradisi Menguras Enceh

Sengkalan Memet Ular di Pintu Kamagangan Kraton Jogjakarta

Satu bangunan yang menjadi icon Jogjakarta adalah Keraton. Ya kan Sob. Siapa aja yang datang ke Jogja pasti ingin sekali mampir dan melihat dari dekat, seperti apa bentuk bangunan kuno ini. Emang sih, Jogja tanpa keraton itu rasanya kayak ada yang hilang. Sudah menjadi khas. Nggak bisa dipisahkan. Nah, mumpung kita lagi ngobrolin keraton nih. … Read moreSengkalan Memet Ular di Pintu Kamagangan Kraton Jogjakarta

Sejarah Perkembangan Geplak Jago

Kamu pasti sudah tahu donk kalau salah satu makana kecil khas Jogja adakah Geplak. Makanan yang warna-warna ini memang banyak yang suka. Manis sih, kayak kamu. Eeaaa. Tapi, meskipun smeua geplak rasanya manis, tetap aja ada beberapa merk yang sudah branded. Rasanya tentu beda dengan yang lain. Salah satunya adalah gepalk jago. Sejago apa ya … Read moreSejarah Perkembangan Geplak Jago

Situs Arca Nandi

Kadang banyak orang yang bingung sendiri. Sebenarnya ada berapa situs sejarah yang ada di Jogja sih? Jangan-jangan kamu salah satunya ya Sob. Udah nggak perlu dihitung. Didatangi dan dinikmati saja Sob. Satu lagi nih situs sejarah di Jogja yang nggak banyak orang tahu. Bahkan orang Jogja sendiri juga belum tentu tahu. Namanya Arca Nandi. Nama … Read moreSitus Arca Nandi