Pasiraman Manuk Beri

Tempat-tempat sejarah di Jogja banyak tersebar di berbagai sudut kota. Sayangnya banyak diantara peninggalan sejarah itu yang rusak dimakan usia. Ada yang terhimpit rumah penduduk, ada juga yang terbengkalai begitu saja. Sayang sekali memang. Tapi mau bagaimana lagi. Nggak banyak yang cukup peduli dengan situs sejarah di Jogja. Salah satu situs di Jogja yang rusak … Read morePasiraman Manuk Beri

Gua Lawa

Selain peninggalan sejarah berupa candi, arca dan semacamnya, Jogjamasih menyimpan aneka tempat wisata lain. Salah satu tempat wisata yang cukup banyak ada di Jogja adalah Gua. Gua ini tersebar di berbagai sudut kota Jogja. Terutama di wilayah Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul. Salah satu Gua yang ada di Bantul adalah Gua Lawa. Dalam bahasa Indonesia … Read moreGua Lawa

Tiga Candi di Lereng Bukit Candi Boko

Kamu tahu Candi Ratu Boko kan? Itu lho, candi yang menurut cerita baru-baru ini merupakan kerajaannya ratu balqis jaman nabi Sulaiman. Candi yang ada diatas bukit. Yang ada rusanya. Nah itu dia. Ternyata nggak jauh dari candi itu, ditemukan beberapa arca. Sayangnya arca-arca itu GJ alias nggak jelas. Bentuknya GJ, posisinya GJ, kedudukannya GJ, sejarahnya … Read moreTiga Candi di Lereng Bukit Candi Boko

Ruang VIP Kepresidenan, Di Museum Gunungapi Merapi

Kalian semua pasti tahu Gunung Merapi kan. Tahu donk pastinya, kan belum lama ini meletus. Akibatnya juga ruaaar biasa. Gunung ini terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Termasuk salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Hampir setiap beberapa tahun sekali memuntahkan lahar dan awan vulkanis yang disebut dengan “wedhus gembel”. Keganasan letusan Gunung … Read moreRuang VIP Kepresidenan, Di Museum Gunungapi Merapi

Bus Gratis untuk Keliling Museum

Nah loh, langsung melek kan. Kalau denger yang gratis aja langsung deh ON. Sayangnya hanya untuk para pelajar Sob. Jikakakakaka. Eh ketawanya nggak cantik ah. Jangan bermurah durja dulu Sob, kalau kamu bukan palajar lagi juga bisa gratis kok. Caranya? Jadi guru aja. Hehehe. Mulai tahun ini, buat para pelajar Jogja telah disediakan 2 bus … Read moreBus Gratis untuk Keliling Museum

Batu Ombang Banteng di Pantai Parangkusumo

Pernah ke Pantai Parangkusumo? Kalau iya, kamu pasti pernah melihat sebuah batu yang berwarna merah, tapi agak hitam. Batu ini ada pagarnya. Nah inget kan? Buat kamu yang tukang batu, eh ahli perbatuan #maksa, pasti tahu kalau batu ini berbeda dari batu pantai kebanyakan. Meskipun letaknya sama-sama dipantai tapi karakteristiknya berbeda dengan batuan pantai yang … Read moreBatu Ombang Banteng di Pantai Parangkusumo

Gua Pari dan Gua Bening

Gunungkidul emang nggak ada matinya. Meskipun dulu dikira daerah yang nggak berpotensi karena merupakan kawasan karst. Kini Gunungkidul menunjukkan taringnya. Berbagai obyek wisata muncul baru-baru ini. Mulai dai air terjun, pantai-pantai yang maish ‘perawan’, hingga aneka kerajinan dengan kualitas ekspor. Huuaahh ternyata Gunungkidul itu hebat jendral. Salah satu obyek wisata yang selama ini nggak banyak … Read moreGua Pari dan Gua Bening

Sejarah Pantai Sundak, Gunungkidul

Pantai Sundak nggak cuma memiliki pemandangan alam yang oke punya. Tapi juga menyimpan cerita. Pantai Sundak ternyata mengalami beberapa kali perubahan. Bukti-buktinya bisa dilacak secara geologis. Pengen tahu? Kalau kamu pernah ke pantai ini kamu pasti tahu di bagian pinggir barat pantai terdapat masjid dan ruang kosong. Kini dimanfaatkan sebagai tempat parkir. Sementara di sebelah … Read moreSejarah Pantai Sundak, Gunungkidul

Museum Sisa Hartaku

Namanya kalem banget ya Sob. Biasanya museum itu kan namanya aneh-aneh. Nyastra dan biasanya keren gitu. Ah..biarkanlah. kali ini kita mau yang kalem-kalem saja. Maklum, malem minggu, jomblo pula. Lho apa hubungannya? Hehehehe. Si Jomblo jangan marah ya. Kalau biasanya kita mengenal museum yang unik-unik dan menjeraha banget. Kali ini kita bakal mengeksplorasi sebuah museum … Read moreMuseum Sisa Hartaku

Air Terjun Banyunibo

Jogja ternyata banyak menyimpan berbagai wisata alam. Mulai dari yang udah terekspose besar-besaran, sampai yang masih diumpetin. Justru sebenarnya yang asyik itu yang masih ngumpet. Kamu tahu apa asyiknya? Pertama pastinya masih alami. Kedua, masih gratiiisss Sob! Hahahaha. Ini kan yang kamu cari. Gretongan alias gratisan. Nah, buat kamu yang suka wisata gratisan, ada info … Read moreAir Terjun Banyunibo