Ruang VIP Kepresidenan, Di Museum Gunungapi Merapi

Kalian semua pasti tahu Gunung Merapi kan. Tahu donk pastinya, kan belum lama ini meletus. Akibatnya juga ruaaar biasa. Gunung ini terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Termasuk salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Hampir setiap beberapa tahun sekali memuntahkan lahar dan awan vulkanis yang disebut dengan “wedhus gembel”. Keganasan letusan Gunung … Read moreRuang VIP Kepresidenan, Di Museum Gunungapi Merapi

Bus Gratis untuk Keliling Museum

Nah loh, langsung melek kan. Kalau denger yang gratis aja langsung deh ON. Sayangnya hanya untuk para pelajar Sob. Jikakakakaka. Eh ketawanya nggak cantik ah. Jangan bermurah durja dulu Sob, kalau kamu bukan palajar lagi juga bisa gratis kok. Caranya? Jadi guru aja. Hehehe. Mulai tahun ini, buat para pelajar Jogja telah disediakan 2 bus … Read moreBus Gratis untuk Keliling Museum

Museum Anak Kolong Tangga

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Gedung Pertunjukan (Concert Hall) Taman Budaya Yogyakarta lantai dua, kamu bakal menemukan sebuah museum yang nyempil di tengah gedung. Letaknya unik. Persis berada di kolong tangga-dua tangga ulir menuju ke Gedung Pertunjukan. Selain letak, namanya juga unik. Museum Anak Kolong Tangga. Museum ini berdiri berkat keprihatinan seorang seniman berkebangsaan Belgia … Read moreMuseum Anak Kolong Tangga

Museum Gumuk Pasir

Inget Bantul inget pasir. Lha kok jauh banget yak? Nggak jauh-jauh amat kali. Bantul kan punya banyak pantai berpasir. Jadi bisa aja kan ingat Bantul ingat pasir. Kerennya lagi, pasir-pasir ini punya keunikan. Nggak cuma seonggok pasir biasa. tapi memebntuk sebuah gumuk pasir. Makanya, Pada tanggal 1 September 2000 telah diresmikan sebuah Museum Gumuk Pasir … Read moreMuseum Gumuk Pasir

Museum Dirgantara Mandala, Melihat Lebih Dekat Angkatan Udara Indonesia

Kalau kamu tanya dimana museum dirgantara yang paling lengkap di Indonesia. maka jawabannya adalah Museum Dirgantara Mandala. Di museum ini kamu bisa melihat lebih dekat sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mulai dari pesawat apa yang ditakuti oleh Belanda hingga pesawat buatan anak negeri jaman dulu. Disini kamu bisa sekaligus belajar sambil berwisata. Ada banyak ilmu pengetahuan … Read moreMuseum Dirgantara Mandala, Melihat Lebih Dekat Angkatan Udara Indonesia

Museum Gunung Merapi

Pengen tahu banyak tentang Gunung Merapi? Tapi males mendaki. Gampang Sob, ada yang baru nih. Museum Gunung Merapi. Museum ini bisa dibilang masih muda dibandingkan dengan museum lainnya di Joga.  Obyek wisata yang dirancang sebagai wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan serta pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan bencana alam lainnya. Museum ini diresmikan … Read moreMuseum Gunung Merapi

Museum Kereta Keraton Jogja

Pernah lihat arak-arakan kereta? Kalau kereta kuda biasa mah udah biasa Sob. Tapi kalau kereta keraton? Kereta keraton emang jarang keluar kandang Sob. Selama ini hanya keluar untuk dicuci atau lebih dikenal dengan istilah Jamasan. Jamasan dilakukan setiap tanggal 1 Suro atau 1 muharram pada penanggalan Islam. Pada waktu Jamasan, sekitar tempat dilakukannya ritual ini … Read moreMuseum Kereta Keraton Jogja

Museum Sonobudoyo

Kalau untuk melihat cara pembuatan keris kamu harus ke kampung Serangan. Beda lagi kalau kamu lihat koleksi berbagai macam keris dari berbagai daerah. Salah satu museum yang hingga kini dijadikan menjadi museum untuk menyimpan keris adalah museum Sonobudoyo. Nggak cuma keris dari Jogja yang ada disini Sob, tapi juga keris dari berbagai daerah seperti Solo, … Read moreMuseum Sonobudoyo

Museum Sasmitaloka, Menghidupkan Kembali Semangat Seorang Jenderal

“Anak-anakku, Tentara Indonesia, kamu bukanlah serdadu sewaan, tetapi prajurit yang berideologi, yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk keluhuran tanah airmu. Percaya dan yakinlah, bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa harta benda dari rakyat dan bangsanya, tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapapun juga” (Panglima Besar Jenderal Sudirman). Museum … Read moreMuseum Sasmitaloka, Menghidupkan Kembali Semangat Seorang Jenderal

Museum Bahari

Jogja emang layak kalau dapat julukan sebagai  kota sejarah. Banyak banegt peninggalan sejarah yang tersimpan di berbagai museum yang ada di Jogja. Ada kabar baik nih Sob, buat kamu yang suka dengan dunia bahari. Sejak tahun 2009 kemarin, Jogja punya museum baru, yaitu museum bahari. Museum ini didirikan atas prakarsa Paguyuban Tri Sekar Lastari yang … Read moreMuseum Bahari