Tari angguk

Tari yang berasal dari Kulon Progo ini adalah pengembangan dari Tari Dolalak yang berasal dari Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Menurut cerita , istilah Dolalak diambil dari modus (tangga nada) diatonis Barat, Do Re Mi Fa Sol La Si. Melihat urutan tangga nada tersebut, maka nada Do dan La merupakan asal mula Tari Dolalak. Nggak … Read moreTari angguk

Desa Wisata Nglinggo

Kamu-kamu yang super sibuk dengan seabrek kerjaan, pasti pengin banget sejenak bersantai sambil menghirup udara pedesaan. Satu lagi nih Sob, keindahan pariwisata alam desa yang ditawarkan pemerinta Kulon Progo, biasanya mahasiswa-mahasiswa memlesetkannya dengan kata West Prog. Kali ini keteduhan dan kesejukan yang ditawarkan adalah keindahan Desa Wisata Nglinggo. Bukan sembarang desa Sob. Desa ini udah … Read moreDesa Wisata Nglinggo

Kalibiru, Melihat Keindahan Alam dari Pucuk Pohon

Kalibiru adalah wisata alam yang berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo, Yogyakarta dan terletak pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Sebelum seperti sekarang, dulu kawasan hutan di daerah Kalibiru merupakan daerah yang tandus dan gersang. Kemudian oleh masyarakat setempat, tempat yang tadinya tandus dan tidak menarik, dirombak menjadi hutan yang lebih asri, dan diberi nama Kalibiru. Awal … Read moreKalibiru, Melihat Keindahan Alam dari Pucuk Pohon

Growol, Satu (lagi) yang Khas dari Kulon Progo

“Apa itu growol?” Pasti kalimat itu yang langsung kalian ucapakan. Namanya emang asing Sob. Soalnya makanan ini emang nggak banyak dikonsumsi olah masyarakat secara umum Sob. Growol adalah jenis makanan yang umumnya hanya dikonsumsi oleh orang-orang di pelosok pedesaan. Makanan satu ini bisa ditemukan di Kabupaten Kulonprogo. Growol ini bentuknya mirip nasi, tapi dibuat dari … Read moreGrowol, Satu (lagi) yang Khas dari Kulon Progo

MUSIK KRUMPYUNG

Pasti kamu nggak ada yang pernah denger nama musik ini. Emang udah dari sononya kali ya, kalau yang namanya musik tradisional itu bakal hilang tertelan waktu. Apalagi anak muda jaman sekarang lebih suka musik K-POP dari pada musik-musik tradisional.  Nggak heran deh kalau akhirnya banyak aliran musik tradisional yang hilang begitu saja tergerus waktu. Satu … Read moreMUSIK KRUMPYUNG

TEMPE BENGUK, Empuk klethuk-klethuk

Kalau udah mendekati tanggal-tanggal tua pasti kamu yang anak kost beralih dari yang awalnya makan mewah, ganti yang sederhana syekale. Kalau awal bulan makan ayam, begitu mendekati akhir bulan, makannya tempe. Penyakit anak kost, kanker alias kantong kering di akhir bulan. Sebenernya itu nggak masalah lho Sob, ya cuma maslah gengsi aja sih. Katanya tempe … Read moreTEMPE BENGUK, Empuk klethuk-klethuk

PEYEK UNDUR-UNDUR

Bukan mundur-mundur ya, tapi undur-undur. Pasti kamu-kamu belum banyak yang tahu. Maklumlah, makanan ini emang masih asing bagi masyarakat. Makanan  bisa kamu temuin di pantai Glagah, Kulon Progo. Dari namanya aja, kamu pasti udah bisa nebak kan, kalau ini dibuat dari undur-undur laut. Undur-undur laut itu binatang jenis udang-udangan yang termasuk kelas hexapoda dengan tubuh … Read morePEYEK UNDUR-UNDUR

geblek, krispi, gurih dan kiyel-kiyel

Ngabsen kuliner Jogja emang nggak bakal selesai-selesai. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, hingga minuman yang beraneka ragam. Ada yang tradisional macam tiwul, atau yang mulai melegenda seperti bakpia patok. Wah..bikin ngiler nih mbayanginnya. Salah satu makanan khas Jogja daerah Kulon Progo yang nggak boleh kamu lewatin adalah geblek.Sama kayak gudeg, atau nasi merah lombok … Read moregeblek, krispi, gurih dan kiyel-kiyel