Kicik Kambing, Tongseng, Sate dan Tengkleng

Buat kamu yang darah tinggi kayaknya cuma boleh mencium baunya aja Sob. Hehehe. Demi Sob, demikian dan terimakasih. Demi kesehatan Sob. Dari pada setelah makan kamu langsung marah-marah lalu pergi begitu aja tanpa bayar makanan yang kamu makan. Kan bisa gaswat. Bisa kejang-kejang yang punya warung. Kamu makannya kan nggak sedikit. Wkekeke. Kenapa yang darah … Read moreKicik Kambing, Tongseng, Sate dan Tengkleng

Gurihnya Pempek Mang Pari

Kalau kamu ngaku orang Jogja yang doyan banget sama pempek, pasti nggak asing dengan warung satu ini. Namanya, Pempek Palembang ‘Mang Pari 19 Ilir’. Warung satu ini sudah eksis di Jogja lebih dari 15 tahun. Warung ini emang sudah banyak mempunyai pelanggan. Mulai dari mahasiswa, hingga yang sudah beruang alias berduit. Rasa pempek disini memang … Read moreGurihnya Pempek Mang Pari

Brongkos Jogja Tempo Doeloe

Ngobrolin kuliner Jogja emang nggak ada habisnya. Banyak banget sih. Mulai dari kuliner yang kecil-kecil seperti bakpia pathok. Sampai makanan berat sejenis gudeg atau brongkos. Sob, pernah nanya nggak, kenapa ya namanya brongkos. Kos..kos.. Ah ya sudah lah, kan tugas kita tinggal makan. Ngapain juga protes ya. yang penting kan perut kenyang, dan tentu saja … Read moreBrongkos Jogja Tempo Doeloe

Tempe Benguk Bacem, Sajian Lebaran yang Unik

Siapa yang pernah lihat benguk? Ngacung! Lah kok nggak ada yang angkat tangan? Orang kota semua ya? Hmm..ya sudah, ganti pertanyaan deh. Siapa yang pernah lihat tempe benguk? Ngacung! Hmm lumayan, ada yang angkat tangan. Nah, buat kamu yang belum tahu seperti apa tempe benguk, kalau lebaran main ke Jogja ya Sob. Sekalian liburan gitu. … Read moreTempe Benguk Bacem, Sajian Lebaran yang Unik

Bakso Lontong ‘Goyang Lidah’

Variasi menu bakso di Jogja memang macam-macam. Ada-ada saja variasi yang dibuat oleh penjual untuk menarik pembeli. Salah satunya adalah dengan menambah mie pada baksonya. Ada juga yang menyediakan nasi sebagai teman makan bakso. Ada warung bakso yang lain lagi variasinya Sob. Seperti yang dilakukan oleh warung bakso ‘Goyang Lidah” di Guwosari, Pajangan, Bantul. Warung … Read moreBakso Lontong ‘Goyang Lidah’

Tombro Bacem Pandan

Jangan salah baca ya Sob. Itu huruf  ‘T’ bukan ‘C’. Kamu pasti tahunya combro kan. Ngaku deh. Tombro dan Combro emang agak mirip. Tapi cuma namanya aja Sob yang mirip. Secara bentuk, rasa dan penampakan, sangat berbeda. Beneran deh. Menu satu ini adalah salah satu menu yang ada di Rumah Makan Pulo Segaran. Tahu kan? … Read moreTombro Bacem Pandan

Sroto Banyumas, dari Banyumas Sampai Jogja

Sroto? Salah tulis ya? Nggak kok Sob. Emang nama kulinernya Sroto. Kamu kali yang nggak gaul. Sampai-sampai nggak tahu jenis kuliner satu ini. Sebenarnya ini nggak jauh beda dengan soto dari daerah lain. Bedanya, ini dimasak versi Banyumas. Bumbunya beda. Rasanya beda. Kalau di tempat lain namanya soto, di Makasar namanya Coto, begitu pula di … Read moreSroto Banyumas, dari Banyumas Sampai Jogja

Sop Bacok

Huiihh namanya serem ya Sob. Kuliner Jogja emang selalu punya cara untuk menarik konsumen. kayak kuliner yang mau kita datangi kali ini. dari namanya aja sudah serem banget. Sop Bacok. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut, kamu pasti sudah tahu kalau di Jogja ada banyak sekali jenis Sop yang tersebar di penjuru kota. Ada sop … Read moreSop Bacok

Wedang Dongo dan Nasi Liwet Solo

Jogja dan Solo seperti saudara kembar yang baru saja dipisahkan. Bagaimana pun, Jogja dan Solo kan dulunya satu daerah yang dibagi dua. Nggak heran kalau kuliner di Solo nggak kalah menariknya dnegan kuliner di Jogja. Buat kamu yang sempat melintas di Kota Solo. Ada baiknya sempatkan mampir sejenak Sob. Menikmati kuliner khas Solo. Wedang dongo … Read moreWedang Dongo dan Nasi Liwet Solo

Soto Blitar “Djiancuk”

Weits, ini bukan sejenis umpatan Sob. Mungkin bagi sebagain orang, kata ‘Diancuk’ dikonotasikan sebagai umpatan. Padahal, kalau di Jawa Timur terutama di Blitar, ungkapan ini sejenis ungkapan keakraban. Ya beda tempat beda budaya lah ya. Tapi kita nggak mau bahas pelajaran bahasa Sob. Kali ini kita mau berburu kuliner Soto khas Blitar. Kebetulan namanya Warung … Read moreSoto Blitar “Djiancuk”