Kota Gede, Kota Tua yang ada di Jogja

Mungkin, kalau mau banyak-banyakan tempat wisata, Jogja bisa jadi Juaranya tuh. Mau cari wisata alam? Wah, di Jogja ada banyak tuh mulai dari gunung, air terjun, pantai sampai goa pun ada. Wisata budaya? Jangan tanya deh kalau itu, Jogja kan kota budaya. Kalau wisata permainan? Di Jogja juga ada tuh, mau permainan kayak di kota … Read moreKota Gede, Kota Tua yang ada di Jogja

Ki Ageng Mertani Alias Ki Mandaraka

Sejarah Jogja nggak hanya dimulai dari perjanjian Giyanti. Jauh sebelum itu, wilayah Jogja sudah tumbuh dan berkembang. Sebelum Mataram terpisah menjadi beberapa bagian, wilayah Jogja sudah punya sejarah sendiri. Sejarah ini menculkan beberapa nama tokoh. Salah satunya adalah Ki Ageng Mandaraka. Beliau ini adalah salah satu murit Ki Ageng Sela. Mau tahu cerita lengkapnya? Langsung … Read moreKi Ageng Mertani Alias Ki Mandaraka

Kotagede, Waktunya Belanja Perak

Kotagede adalah bekas ibukota Kerajaan Mataram Islam. Perkembangan selanjutnya, terpecah menjadi dua yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Sekarang ini Kotagede merupakan sebuah kecamatan di Kota Jogjakarta. Sejak dulu kala, Kotagede terkenal dengan kerajinan peraknya. Toko-toko kerajinan perak ini berjajar sepanjang Jalan Kemasan hingga Jalan Tegalgendu. Hasil kerajinan perak pun kini sudah berkembang dan lebih … Read moreKotagede, Waktunya Belanja Perak

Masjid Agung Kotagede, Bukti Toleransi Umat

Banyak peninggalan bersejarah bisa kita temukan di Kotagede. Salah satunya adalah Masjid Agung Kotagede, tempat ibadah Islam tertua di Jogjakarta. Masjid Kotagede ini dibangun di jaman Kerajaan Mataram pada tahun 1640 oleh Sultan Agung. Uniknya masjid ini dibangun bersama-sama dengan masyarakat setempat yang umumnya di Hindu dan Budha. Masuk halaman Masjid ada sebuah pohon beringin … Read moreMasjid Agung Kotagede, Bukti Toleransi Umat

Sate Karang, Sensasi Unik Makan Sate Sapi

Kamu pasti udah sering banget makan sate sapi kan? Ya, meskipun nggak sering, paling nggak kamu udah sering makan sate sapi. Yak kan? Tapi kalau sate karang, pasti kamu belum pernah mencicipinya, atau mungkin baru pertama kali ini denger namanya. Meskipun bernama Sate Karang, makanan ini tidak ada sangkut pautnya dengan batu karang. Karena sate … Read moreSate Karang, Sensasi Unik Makan Sate Sapi

Yangko, Kecil Imut dan Manis

Satu lagi nih cemilan khas Jogja yang imut dan manis. Namanya Yangko. Yangko punya rasa khas yang orisinil: bagian luarnya lembut, kenyal, dan manis, tapi lidahmu bakal mengecap sensasi yang berbeda pada gigitan selanjutnya, di mana bumbu kacang yang gurih dan sedikit bertekstur sudah mulai terasa. Semakin majunya jaman, Yangko kini nggak hanya berasa kacang aja … Read moreYangko, Kecil Imut dan Manis

Kipo, Si Manis dari Kotagede

KIPO, dengan huruf I. Bukan KEPO alias Knowing Every Particular Object, ya Sob.  Pasti kamu nggak ada yang tahu, apaan itu Kipo. Kipo itu salah satu makanan khas Jogja. Hem..banyak ya yang khas dari Jogja. Jangan berpikir kalau Kipo diambil dari bahasa China ya. Emang sih antara Bakpao dan Kipo ada sedikit persamaan. Tapi ini beda … Read moreKipo, Si Manis dari Kotagede