Museum Sandi Jogjakarta

Kalau masalah menelusuri sejarah, Jogja emang kota yang pas. kamu mau cari sejarah apa aja ada. Mulai dari sejarah kota Jogja, sampai sejarah sandi. Nah, yang terakhir ini yang unik Sob. Jadi, di Jogja ada satu museum yang menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan sandi. Bisa dibilang ini adalah museum sandi pertama dan satu-satunya di Indonesia, … Read moreMuseum Sandi Jogjakarta

Museum Perjuangan

Sudah deh Sob, kamu percaya aja, kalau Jogja itu semuanya ada. Kuliner unik, menarik ada. kesenian tradisional ada. kerajinan yang oke punya tapi harganya bersahabat juga ada. bahkan museum-museum yang menyimpan aneka sejarah perjuangan Indonesia juga ada di Jogja. Salah satu museum yang menyimpan saksi sejarah pejuangan bangsa Indonesia adalah Museum Perjuangan. Kira-kira apa yang … Read moreMuseum Perjuangan

Brongkos Jogja Tempo Doeloe

Ngobrolin kuliner Jogja emang nggak ada habisnya. Banyak banget sih. Mulai dari kuliner yang kecil-kecil seperti bakpia pathok. Sampai makanan berat sejenis gudeg atau brongkos. Sob, pernah nanya nggak, kenapa ya namanya brongkos. Kos..kos.. Ah ya sudah lah, kan tugas kita tinggal makan. Ngapain juga protes ya. yang penting kan perut kenyang, dan tentu saja … Read moreBrongkos Jogja Tempo Doeloe

Kretek Kewek

Ada yang aneh dengan nama diatas? Kira-kira itu apaan Sob? Ada bayangan nggak? Kita maklum kok Sob kalau kamu bingung. Soalnya kata itu diambil bahasa Jawa. Dalam Bahasa Jawa Kretek artinya Jembatan. Kalau Kewek, nama sebuah tempat. Jadi yang dimaksud dengan Kretek Kewek adalah Jembatan Kewek. Ada yang tahu Jembatan ini dimana? Nah loh, udah … Read moreKretek Kewek

Kisah Magersari

Nggak banyak yang tahu tentang kisah mereka. apalagi kalau kamu bukan orang Jawa atau orang Jogja. Pasti kamu sama sekali nggak tahu tentang kisah mereka. bisa dibilang hanya mereka yang tinggal dilingkungan keraton yang tahu tentang magersari. Magersari adalah istilah bagi warga masyarakat yang tinggal disatu tempat milik Keraton atau ahli warisnya. Biasanya namanya nDalem. … Read moreKisah Magersari

Tongseng Swike

Kamu suka kuliner ekstrim? Yap, time is yours. Sekarang saatnya kita berburu kuliner unik. Kalau Gunung kidul punya kepompong ulat jati dan belalang. Kali ini ada satu kuliner ekstrim dari luar Jogja yang ikut meramaikan dunia perkulineran Jogja. Kuliner satu ini berasal dari Purwodadi. Sebuah kota di Jawa tengah. Nggak heran kalau misalnya ada warung … Read moreTongseng Swike

Nasi Goreng Vegetarian ‘Soma Yoga’

Para vegetarian biasanya susah cari makannya. Bukan karena nggak doyan makan apa-apaan. Tapi susah cari restoran vegetarian di Jogja. Tapi itu dulu Sob. Kini semua sudah teratasi. Buat kamu yang termasuk vegetarian, ada satu tempat makan yang asyik punya Sob. Namanya Soma Yoga. Disini kamu bisa menikmati aneka makanan vegetarian. Penasaran? Pengen nyobain? Yuk langsung … Read moreNasi Goreng Vegetarian ‘Soma Yoga’

Gambaran Pangeran Jawa Jaman Dulu

Kalau ngobrolin masalah sejarah Jawa, sepertinya masih banyak yang bingung. Ini Jawa yang mana? Jawa tengah? Jawa Timur? Jawa Barat? Jogja? Atau mana? Mengingat dulu wilayah kekuasaan Matarm sampai daerah Jawa Timur. Lalu bagaimana donk? Ah, nggak usah dipikir ribet Sob. Meskipun beda daerah, perbedaan yang ada nggak begitu menonjol. Masih banyak hal yang sama. … Read moreGambaran Pangeran Jawa Jaman Dulu

Makam Gajah di Jogja

What?¬†Ada gajah yang pernah mati di Jogja? Kapan? Kok nggak heboh sih? Pasti banyak dari kamu yang bertanya-tanya. Di Jogja kan nggak ada gajah. Misalnya ada, paling juga di ‘umpetin’ di Gembira Loka. Tapi kok ada makam gajah ya? Hehehhe, nggak perlu bingung Sob. Cuma namanya doank makam gajah. Tapi dalamnya bukan gajah, manusia tulen, … Read moreMakam Gajah di Jogja

Tugu Jogja dan Kembarannya

Kamu pasti tahu donk kalau Jogja punya tugu yang terkenal seantero dunia akhirat #lebay. Namanya Tugu Jogja (iyalah, kan ada di Jogja), atau boleh disebut juga Tugu Pal Putih atau Tugu Golog Gilig. Nama Golog Gilig dipakai pada saat Tugu Jogja belum direnovasi pasca gempa. Okelah kalau kamu tahu Tugu Jogja, tapi kamu tahu nggak … Read moreTugu Jogja dan Kembarannya