Bakso Lontong ‘Goyang Lidah’

Variasi menu bakso di Jogja memang macam-macam. Ada-ada saja variasi yang dibuat oleh penjual untuk menarik pembeli. Salah satunya adalah dengan menambah mie pada baksonya. Ada juga yang menyediakan nasi sebagai teman makan bakso. Ada warung bakso yang lain lagi variasinya Sob. Seperti yang dilakukan oleh warung bakso ‘Goyang Lidah” di Guwosari, Pajangan, Bantul. Warung … Read moreBakso Lontong ‘Goyang Lidah’

Tombro Bacem Pandan

Jangan salah baca ya Sob. Itu huruf  ‘T’ bukan ‘C’. Kamu pasti tahunya combro kan. Ngaku deh. Tombro dan Combro emang agak mirip. Tapi cuma namanya aja Sob yang mirip. Secara bentuk, rasa dan penampakan, sangat berbeda. Beneran deh. Menu satu ini adalah salah satu menu yang ada di Rumah Makan Pulo Segaran. Tahu kan? … Read moreTombro Bacem Pandan

Sroto Banyumas, dari Banyumas Sampai Jogja

Sroto? Salah tulis ya? Nggak kok Sob. Emang nama kulinernya Sroto. Kamu kali yang nggak gaul. Sampai-sampai nggak tahu jenis kuliner satu ini. Sebenarnya ini nggak jauh beda dengan soto dari daerah lain. Bedanya, ini dimasak versi Banyumas. Bumbunya beda. Rasanya beda. Kalau di tempat lain namanya soto, di Makasar namanya Coto, begitu pula di … Read moreSroto Banyumas, dari Banyumas Sampai Jogja

Yoni Sembungan

Banyak peninggalan sejarah yang ditemukan di Jogja. Apakah itu berupa candi atau cuma sekedar prasasti biasa.  Nggak jarang cuma gundukan batu. Tapi semuanya punya cerita sejarah. Walaupun sampai sekarang juga belum diketahui secara pasti seperti apa kisah dibalik penemuan sejarah itu. Salah satu temuan yang sering ditemukan di Jogja adalah Yoni. Beberapa tahu yang lalu, … Read moreYoni Sembungan

Tradisi Menguras Enceh

Enceh? Apaan ya? Nggak heran kalau kamu bertanya kayak gitu. Soalnya emang nggak banyak yang tahu apa sebenarnya arti kata Enceh ini. Mungkin kamu lebih terbiasa dengan kata genthong. Kalau genthong kamu tahu kan. Masih nggak tahu juga? Yaelah, itu lho, tempayan air. Tapi biasanya gedhe banget. Dibuatnya dari tanah. Nah, di Jogja ada satu … Read moreTradisi Menguras Enceh

Tradisi Padusan

Salah satu tradisi menjelang bulan puasa di masyarakat Jawa adalah padusan. Tradisi ini sudah berlangsung ratusan tahun. Padahal sebenarnya dalam ajaran agama Islam nggak ada ajaran yang seperti ini Sob. Jadi tradisi ini murni turun temurun dari para leluhur. Tapi yang namanya masyarakat, tradisi tetap saja tradisi. Meskipun banyak yang bilang kalau itu nggak atuntunannya, … Read moreTradisi Padusan

Kretek Kewek

Ada yang aneh dengan nama diatas? Kira-kira itu apaan Sob? Ada bayangan nggak? Kita maklum kok Sob kalau kamu bingung. Soalnya kata itu diambil bahasa Jawa. Dalam Bahasa Jawa Kretek artinya Jembatan. Kalau Kewek, nama sebuah tempat. Jadi yang dimaksud dengan Kretek Kewek adalah Jembatan Kewek. Ada yang tahu Jembatan ini dimana? Nah loh, udah … Read moreKretek Kewek

“Wayang Wathon” Tutup Ngisor

Pasti banyak dianatar kalian yang bingung. Wayang wathon? Wayang sesuakanya maksudnya? Hihihi, iya nggak ya. kasih tahu nggak ya. Hmm buat kamu yang bukan asli Jogja atau bukan orang Jawa, kamu musti tahu arti kata ini. Kata wathon dalam bahasa Jawa artinya sesuakanya, sesuka hati. Ada juga yang mengartikannya asal-asalan. Tapi kira-kira ada nggak ya … Read more“Wayang Wathon” Tutup Ngisor

‘Juru Kunci’ di Jogja

Ini nggak seperti yang kamu bayangin Sob. Biasanya kan yang dimaksud dengan juru kunci itu selalu ada hubungannya dengan makam atau tempat bersejarah. Kali ini kita memaknai dari sudut yang sebenarnya. Namanya juga juru kunci, ya mereka yang selalu punya hubungan dengan kunci. Alias tukang kunci. Di Jogja emang ada banyak tukang kunci. Para tukang … Read more‘Juru Kunci’ di Jogja

Kisah Magersari

Nggak banyak yang tahu tentang kisah mereka. apalagi kalau kamu bukan orang Jawa atau orang Jogja. Pasti kamu sama sekali nggak tahu tentang kisah mereka. bisa dibilang hanya mereka yang tinggal dilingkungan keraton yang tahu tentang magersari. Magersari adalah istilah bagi warga masyarakat yang tinggal disatu tempat milik Keraton atau ahli warisnya. Biasanya namanya nDalem. … Read moreKisah Magersari