Nawu Sendang Seliran

Makam raja-raja mataram nggak hanya sekedar menyimpan sejarah para rajanya saja. Tapi juga tentang dakwah islam yang berkembang pada masa itu. Dulu, Sunan Kali Jaga pernah punya kisah ditempat ini. tepatnya di Sendang Seliran. Sampai sekarang kisah itu masih diabadikan dengan Ritual Nawu Sendang Seliran. KEUNIKAN Ritual nawu sendang ini bukan ritual biasa. ada sejarahnya … Read moreNawu Sendang Seliran

Masjid Kagungan Dalem Pajimatan Imogiri

Satu tempat yang cukup melegenda di Jogja adalah Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri Bantul. Selama ini hanya itu saja yang dikenala masyarakat. Padahal, kamu tahu, di sana ada juga masjid yang usinya lebih tua dari ada makam ini. Namanya Masjid Kagungan Dalem Pajimatan Imogiri. Masjid ini dibangun lebih dulu dibandingkan dengan makam ini. Dibagun pada … Read moreMasjid Kagungan Dalem Pajimatan Imogiri

Makam Hastarengga

Ingat Kotagede, ingat sejarah Matarm Islam. Kotagede emang punya  hubungan erat dengan kerajaan Matarm Islam. Sebagai salah satu bekas pusat kota Mataram Islam, Kotagede memiliki banyak situs atau benda cagar budaya. Salah satunya adalah Makam Hastarengga. Makam ini terletak di selatan dari kompleks Makam Raja-raja Mataram dan Masjid Agung Mataram Kotagede. Kompleks Makam Hastarengga juga … Read moreMakam Hastarengga

Pucung: Sentra Wayang kulit Murah-Berkualitas

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jogja adalah kota budaya. Siapa yang berani menyangkal. Berbagai macam budaya Jawa hidup dan terus dihidupi di kota ini. Nggak hanya sekedar menghidupkan mitos, tapi juga menghidupkan budaya. Mengkolaborasikan dengan budaya baru yang ikut hidup di kota ini. Salah satu hal yang ikut menguatkan Jogja sebagai kota budaya adalah Pucung. … Read morePucung: Sentra Wayang kulit Murah-Berkualitas

Kebun Buah Mangunan, Bukit Penuh Kesegaran Buah

Siapa suka makan buah ngacuuung! Siapa yang suka penen buah absen sini! Ada tempat bagus buat kamu nih. Jamin kamu bakal langsung suka banget tempat ini.Perbukitan, jauh dari kota, udaranya sejuk, penuh engan buah-buahan. Nah, siapa yang nggak mupeng buat kesini coba. Asyiknya jalan-jalan kesini Sob, pemandangannya keren banget. Dari puncak paling atas kamu bisa … Read moreKebun Buah Mangunan, Bukit Penuh Kesegaran Buah

Jembatan Gantung Selopamioro

Menyegarkan pikiran nggak harus boros. Ya nggak Sob? Setuju kan? Setuju donk. kalau kamu tipe penjelajah dan suka cari foto-foto yang unik, ada satu tempat yang recommended buat kamu datangin. Bukan tempat wisata. Bukan rumah makan. Buka gunung. Bukan gua. Bukan juga lembah. Nah loh apa coba. Tempatnyaunik banget. Sebuah jembatan. Namanya jembatan Silopamioro. Nama … Read moreJembatan Gantung Selopamioro

Bendungan Tegal, Waktunya Wisata Air

Selain wisata alam yang berupa air (pantai, air terjun dll), kamu pasti jarang menemukan obyek wisata air di Jogja. Soalny emang jarang ada Sob. Hanya ada beberapa wisata air buatan yang ada di Jogja, misalnya Embung Tambakboyo, dan satu lagi di Bantul Bendungan Tegal. Bendungan Tegal dibangun tahun 1997. Bendungan ini diresmikan pada tahun 2003 … Read moreBendungan Tegal, Waktunya Wisata Air

Desa Wisata Kebon Agung

Bosen tiap hari uthek-uthek ama kerjaan? Jenuh tiap hari kena polusi udara mulu? Makanya Sob, kalau liburan  jangan ndekem di rumah aja. Ada tempat yang oke punya nih. Tepatnya di Bantul, Jogjakarta. Jamin deh, stressmu bakalan ilang begitu masuk ke desa wisata ang satu ini. tempatnya yang sejuk dan asri, bikin kamu nyaman dan stressmu … Read moreDesa Wisata Kebon Agung

Wedang Uwuh, Kesederhanaan Menyehatkan

Semua tentang Jogja emang unik dan menarik. Termasuk juga kulinernya. Kalau kamu suka medang (minum wedang), kamu bisa nyobain kuliner Jogja yang satu ini. Namanya wedang uwuh. Kata wédang dalam bahasa artinya “minuman” dan uwuh berarti “sampah”. Dinamakan kayak gini karena bahan-bahannya berupa dedaunan dan cuplikan kayu sehingga mirip sampah. Wedang uwuh disajikan panas/hangat, memiliki rasa manis yang berasal dari … Read moreWedang Uwuh, Kesederhanaan Menyehatkan