Menikmati Keindahan Pantai Jungwok Gunungkidul

Pantai Jungwok Gunungkidul

Jogja emang nggak pernah ada matinya kalau kamu ngomongin wisata alamnya. Terutama wisata pantai di Gunungkidul atau Wonosari. Banyak banget pantai yang bisa kamu kunjungi, satu hari nggak bakal cukup buat menjelajahi pantai di Gunungkidul. Nah, ini ada salah satu wisata pantai yang berada di Gunungkidul, namanya Pantai Jungwok. Nama pantainya emang kayak bukan dari … Read moreMenikmati Keindahan Pantai Jungwok Gunungkidul

11 Wisata Pantai yang Ada di Gunungkidul

Jogja merupakan kota sejuta pesona, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan kota Jogja. Bukan cuma kota-nya saja, tapi juga semua yang ada di dalamnya. Mulai dari budaya, masyarakatnya, kuliernya sampai destinasi wisatanya. Jogja memang begitu istimewa, seperti tagline barunya tuh, Jogja Istimewa. Nah, Jogja terdiri dari lima Kabupaten, salah satunya adalah Gunungkidul. Di Gunungkidul … Read more11 Wisata Pantai yang Ada di Gunungkidul

Sesaji Kayu

Nah loh, siapa yang langsung ingat kembang, dupa dan kawan-kawannya? Nggak selamanya sesajen itu hanya berkutat dengan dunia kembang dan kawan-kawannya Sob. Ada juga kok sesajen dalam bentuk kayu. Nah, baru dengar sekali ini kan. Bagi masyarakat Jawa, sesaji sangat berkaitan erat dengan prosesi daur hidup, seperti upacara mitoni, upacara kematian, upacara pernikahan dan lainnya. … Read moreSesaji Kayu

Gua Pari dan Gua Bening

Gunungkidul emang nggak ada matinya. Meskipun dulu dikira daerah yang nggak berpotensi karena merupakan kawasan karst. Kini Gunungkidul menunjukkan taringnya. Berbagai obyek wisata muncul baru-baru ini. Mulai dai air terjun, pantai-pantai yang maish ‘perawan’, hingga aneka kerajinan dengan kualitas ekspor. Huuaahh ternyata Gunungkidul itu hebat jendral. Salah satu obyek wisata yang selama ini nggak banyak … Read moreGua Pari dan Gua Bening

Batik Tancep Gunungkidul

Gunungkidul emang nggak bisa diremehin. Kalau dulu banyak yang bilang Gunungkidul itu ndeso, kurang air dan nggak gaul. Semua itu salah besar. Gunungkidul nggak lagi daerah yang kekurangan. Buktinya banyak ditemukan wisata-wisata air disana. Selain itu, di Gunungkidul juga ada berbagai kreatifitas yang nggak kalah dari yang lain. Salah satunya kreatifitas batik dari salah satu … Read moreBatik Tancep Gunungkidul

Srikaya Buto Ijo

Siapa yang bilang kalau buto ijo itu hanya melulu urusan genderuwo? Siapa juga yang bilang kalau ijo-ijo itu cuma bisa dihubungin sama duit dan cendol? Kalau kamu masih bilang kayak gitu, kamu pasti belum pernah jalan-jalan ke Gunungkidul. Disana kamu bakal melihat spesies baru yang erat hubungannya sama warna ijo dan buto. Mau tahu? Yap, … Read moreSrikaya Buto Ijo

Sejarah Pantai Sundak, Gunungkidul

Pantai Sundak nggak cuma memiliki pemandangan alam yang oke punya. Tapi juga menyimpan cerita. Pantai Sundak ternyata mengalami beberapa kali perubahan. Bukti-buktinya bisa dilacak secara geologis. Pengen tahu? Kalau kamu pernah ke pantai ini kamu pasti tahu di bagian pinggir barat pantai terdapat masjid dan ruang kosong. Kini dimanfaatkan sebagai tempat parkir. Sementara di sebelah … Read moreSejarah Pantai Sundak, Gunungkidul

Tradisi Gejog Lesung

Siapa bilang kalau musik keren cuma K-Pop. Musik tradisional juga bisa keren. Selama dimainkan oleh orang-orang kreatif pasti juga bisa oke punya. Salah satunya ini, alat musiknya sangat tradisional. Bahkan saking tradisionalnya, kini udah jarang ditemukan di masyarakat. Udah banyak yang dijual, soalnya harganya emang lumayan. Maklum Sob, barang antik itu banyak yang suka. Makanya … Read moreTradisi Gejog Lesung

Genduren Ingkung

Sob, kamu pasti udah sering denger kata Rasulan kan? Kalau di daerah lain kadang disebut sedekat bumi, merti bumi dan lan sebagainya. Tahu kan. Biasanya diadain habis panen padi. Menurut cerita sih, tujuannya untuk bersyukur karena dapat rejeki yang melimpah. Buat kamu yang maish tinggal di desa pasti masih sering melihat tradisi ini. Salah satu … Read moreGenduren Ingkung

Tradisi Kromojati, “Mahar” Wajib Sebelum Menikah

Umur segini emang lagi rawan-rawannya. Apalagi kalau deket-deket komunitas ibu-ibu. Pertanyaan pamungkasnya adalah, “Kapan nikah?”. Bikin kepala berasap. Ngapain sih nanya-nanya. Mending kalau mau nyariin. Nyariin nggak, tapi tiap hari ngomongnya nyelekit. Jleb banget tahu!! Lho kok malah jari paragraf curhat gini ya. Hihihi. Maklum ya Sob. Hayoo…siapa yang lagi galau pengin nikah? Angkat tangan! … Read moreTradisi Kromojati, “Mahar” Wajib Sebelum Menikah