Candi Kimpulan, Lama tapi Baru

Pasti bingung dengan judulnya. Katanya lama, tapi kok baru ya. Hehehe, begitulah adanya candi Kimpulan ini. Bangunan lama yang baru ditemukan. Candi ini sempat membuat hebih Jogja. Setelah sekian lama nggak ada lagi candi yang ditemukan, akhirnya ada lagi candi yang ditemukan di Jogja. Candi ini berada di kompleks Universitas Islam Indonesia (UII). Asyik nih … Read moreCandi Kimpulan, Lama tapi Baru

Candi Selagriya, Sejarah Dalam Keheningan

Candi Selagriya adalah salah satu obyek wisata sejarah dan wisata alam. Terdapat di  Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Candi purbakala peninggalan masa kejayaan kerajaan Hindu ini diperkirakan dibangun sekitar abad 8 M oleh wangsa Sanjaya. Candi ini memiliki ketinggian kurang lebih 648 m di atas permukaan laut (dpl). Jarak sekitar 24 km dari Candi Borobudur ke arah barat … Read moreCandi Selagriya, Sejarah Dalam Keheningan

Candi Morangan

“Apa?” pasti kata itu yang pertama kali bakal kamu ucapin. Candi satu ini emang belum banyak dikenal masyarakat luas Sob. Letaknya agak nyempil dan nggak bisa dijangkau kendaraan umum. Meskipun ada kendaraan yang bisa menjangkau ke daerah sekitarnya tapi sampai sekarang belum ada satupun kendaraan umum yang bisa menjangkau sampai ke kompleks candi. Kompleks? Sebenarnya … Read moreCandi Morangan

Candi Barong

Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini mendapatkan nama ‘barong’ karena memiliki hiasan kala dan makara pada setiap relung seperti umumnya candi di Jawa, yang mirip dengan barong. Kompleks candi ini berada di atas tanah berundak 3 dengan beberapa bangunan candi pada setiap terasnya. Pada teras tertinggi terdapat dua buah candi untuk … Read moreCandi Barong

Candi Sari, Sudut Lain Candi Kalasan

Satu lagi candi yang ada di Jogja. Ini yang udah ketemu, belum lagi yang masih belum tergali. Maklum, jaman dulu banget kan Jogja pernah tertupup debu tebal karena letusa Gunung Merapi. Jangankan candi, Kerajaan Mataram aja sampai pindah dari Jogja ke Jawa Timur. Bisa kamu bayangin kan sedahsyat apa letusan merapi waktu itu. Barangkali letusan … Read moreCandi Sari, Sudut Lain Candi Kalasan

Candi Sewu, Harmonisme Hindu dan Budha

Satu lagi candi yang ada dI jogja. Masyarakat menyebut candi ini Candi Sewu. Soalnya banyak banget candi yang ada di komplek candi ini. Meskipun namanya Cnadi Sewu, di kawasan ini Cuma ada 240 buah candi perwara, 1 candi induk, 8 candi apit dan 8 buah arca Dwarapala yang mengapit pintu candi. Dalam beberapa candi perwara … Read moreCandi Sewu, Harmonisme Hindu dan Budha

Dataran Tinggi Gembirowati

Jaman dulu, yang namanya dataran tinggi pasti dijadiin tempat yang dikeramatkan atau disucikan. Jadi janga heran kaalau banyak peninggalan purba yang bayak ditemukan di dataran tinggi. Dataran tinggi biasanya digunakan sebagai tempat ibadah atau ritual tertentu. Salah satunya adalah Dataran tinggi Gembirowati. Gembirowati artinya Gembira yang baik. Terdapat tiga peninggalan sejarah yang ada ditempat ini, … Read moreDataran Tinggi Gembirowati

Candi Ijo, Candi Tertinggi di Kota Jogja

Candi Ijo adalah salah satu situs sejarah tertinggi di Kota Jogja. Letaknya yang nggak Jauh dari bandara Adisucipto membuat bandara ini tidak bisa diperpanjang ke arah timur. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, di sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo yang ketinggiannya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya, … Read moreCandi Ijo, Candi Tertinggi di Kota Jogja

Candi Sambisari

Ini dia candi yang juga salah satu peninggalan jaman Hindu. Inget ya Sob, candi itu nggak hanya Candi Prambanan ama Candi Borobudur donk. Ada Candi yang lain juga, candi sari ini contohnya. Candi Sambisari merupakan salah satu candi peninggalan masa kejayaan Hindu di tanah Jawa. Secara administratitf terletak di wilayah Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa … Read moreCandi Sambisari

Candi Ratu Boko, Wisata Sejarah dan Alam

Kalau pas jaman SMP atau SD  kamu merhatiin pelajaran sejarah, kamu tentu tahu kalau Indonesia mempunyai berbagai macam situs sejarah yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah, kalau kamu juga nggak ribut sendiri pas gurumu nerangin pelajaran bab peninggalan jaman kerajaan Hindu Budha, kamu tentu tahu kalau salah satu peninggalan sejarah yang sampai sekarang masih bisa … Read moreCandi Ratu Boko, Wisata Sejarah dan Alam