Desa Wisata Batik Kliwonan

Kamu pasti sudah kenal banget denga batik. Jangan-jangan malah udah nggak kehitung jumlah baju batik kamu dilemari. Iya deh, yang kantongnya lagi tebel. Eh Sob, kamu pastinya tahu kan kalau di Indonesia seenggaknya ada tiga kota yang selama ini dianggap sebagai sentra batik. Pekalongan, Surakarta, dan Jogjakarta. Tiga kota itu selama ini lebih dikenal sebagai … Read moreDesa Wisata Batik Kliwonan

Perempuan dan Batik (1949)

Sob, kamu pasti suka (m)batik kan? Apalagi kalau (m)batik di bantal. Huih, pastikamu jagonya. Iya kan? Hihihi. Tenang Sob. Nggak cuma kamu doank kok. Dulu, kira-kira tahun 1970-an para perempuan jawa juga punya hobi sama kayak kamu. Membatik. Cuma mereka lebit elite. Hasil batikan mereka laku terjual. Ya iylah, lha mereka (m)batik kain. Nggak kayak … Read morePerempuan dan Batik (1949)

Batik Kimia

Siapa yang nggak punya baju batik? Pasti pada nggak ada yang ngacung, soalnya, bisa dijamin kamu punya baju batik. Meskipun itu juga cuma satu. Setiap kondangan pakainya itu mulu. Nah, buat kamu yang batinya cuma satu. Batikmu motif apa? Kan cuma satu, harusnya hafal donk. Hehehe Buat kamu juga yang punya banyak batik wis. Motif … Read moreBatik Kimia

Kampung Batik Ngasem

Batik emang nggak ada matinya. Walaupun dulu sempat eyel-eyelan dengan Malaysia buat klaim batik. Tapi, fakta membuktikan kalau batik emang warisan budaya asli Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal dengan batiknya adalah Jogja. Berbagai macam motif batik lahir di daerah ini Sejak tahun 2009, batik udah diakui oleh Unesco sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Berbudaya Lisan … Read moreKampung Batik Ngasem

Museum Batik

Siapa yang nggak punya baju batik? Kalau nggak punya, yuk main ke Jogja, dan borong deh batik Jogja. Heheeeā€¦ Selain borong batik, kalau kamu berkunjung ke Jogja, kamu juga bisa sekalian mampir ke mudeum batik Sob. Nah, asik kan, dapat batiknya, dapat sejarahnya. So, tunggu apalagi? Museum Batik Jogjakarta terletak di Jl. Dr. Sutomo No. … Read moreMuseum Batik