Nawu Sendang Seliran

Makam raja-raja mataram nggak hanya sekedar menyimpan sejarah para rajanya saja. Tapi juga tentang dakwah islam yang berkembang pada masa itu. Dulu, Sunan Kali Jaga pernah punya kisah ditempat ini. tepatnya di Sendang Seliran. Sampai sekarang kisah itu masih diabadikan dengan Ritual Nawu Sendang Seliran. KEUNIKAN Ritual nawu sendang ini bukan ritual biasa. ada sejarahnya … Read moreNawu Sendang Seliran

Kicik Kambing, Tongseng, Sate dan Tengkleng

Buat kamu yang darah tinggi kayaknya cuma boleh mencium baunya aja Sob. Hehehe. Demi Sob, demikian dan terimakasih. Demi kesehatan Sob. Dari pada setelah makan kamu langsung marah-marah lalu pergi begitu aja tanpa bayar makanan yang kamu makan. Kan bisa gaswat. Bisa kejang-kejang yang punya warung. Kamu makannya kan nggak sedikit. Wkekeke. Kenapa yang darah … Read moreKicik Kambing, Tongseng, Sate dan Tengkleng

Tombro Bacem Pandan

Jangan salah baca ya Sob. Itu huruf  ‘T’ bukan ‘C’. Kamu pasti tahunya combro kan. Ngaku deh. Tombro dan Combro emang agak mirip. Tapi cuma namanya aja Sob yang mirip. Secara bentuk, rasa dan penampakan, sangat berbeda. Beneran deh. Menu satu ini adalah salah satu menu yang ada di Rumah Makan Pulo Segaran. Tahu kan? … Read moreTombro Bacem Pandan

Yoni Sembungan

Banyak peninggalan sejarah yang ditemukan di Jogja. Apakah itu berupa candi atau cuma sekedar prasasti biasa.  Nggak jarang cuma gundukan batu. Tapi semuanya punya cerita sejarah. Walaupun sampai sekarang juga belum diketahui secara pasti seperti apa kisah dibalik penemuan sejarah itu. Salah satu temuan yang sering ditemukan di Jogja adalah Yoni. Beberapa tahu yang lalu, … Read moreYoni Sembungan

Tradisi Menguras Enceh

Enceh? Apaan ya? Nggak heran kalau kamu bertanya kayak gitu. Soalnya emang nggak banyak yang tahu apa sebenarnya arti kata Enceh ini. Mungkin kamu lebih terbiasa dengan kata genthong. Kalau genthong kamu tahu kan. Masih nggak tahu juga? Yaelah, itu lho, tempayan air. Tapi biasanya gedhe banget. Dibuatnya dari tanah. Nah, di Jogja ada satu … Read moreTradisi Menguras Enceh

Sop Bacok

Huiihh namanya serem ya Sob. Kuliner Jogja emang selalu punya cara untuk menarik konsumen. kayak kuliner yang mau kita datangi kali ini. dari namanya aja sudah serem banget. Sop Bacok. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut, kamu pasti sudah tahu kalau di Jogja ada banyak sekali jenis Sop yang tersebar di penjuru kota. Ada sop … Read moreSop Bacok

Nikmatnya Kopi Lokal Ban Andong

Iya kamu nggak salah baca kok Sob. Kita emang lagi membicarakan Ban Andong. Andong yang mirip delman itu. Eh, kok mirip. Ya Andong kan Delman ya Sob. Ya itulah, transportasi yang ditarik kuda. Lalu apa hubungan kopi lokal dengan ban andong? Ban Andong yang dimaksud disini adalah sebuah warung kopi di bilangan Nitiprayan, tepatnya di … Read moreNikmatnya Kopi Lokal Ban Andong

Soto Ayam ‘Bloon’

Berburu kuliner di Jogja emang nggak bakal ada habisnya. Mau cari yang modern ada. Cari yang tradisional juga pasti ada. intinya, kalau kamu di Jogja, nggak bakal kelaperan. Ya gimana mau kelaperan, disetiap sudut kota ada warung. Paling dompetmu yang kelaperan. Hehehe. Satu kuliner yang ikut meramaikan kuliner Jogja adalah Soto. Di Jogja emang ada … Read moreSoto Ayam ‘Bloon’

Martabak Jamur dan Pisang Kencana

Kalau biasanya kita berburu makanan berat. Kali ini boleh donk sekali-sekali kita berburu cemilan. Kan di Jogja nggak cuma ada kuliner berat. Banyak cemilan-cemilan yang maknyus buat dicoba. Kali ini kita mau berburu ke daerah Bantul. Tepatnya di kawasan rumah budaya tembi. Ada cemilan yang kabarnya enak Sob. Beda dengan yang lain. Martabak Jamur dan … Read moreMartabak Jamur dan Pisang Kencana

Ayam Kampung Mbah Cemplung

Mana yang suka Ipin dan Upin? Hayo ngaku. orang gede boleh suka kartun kok Sob. Heheh. Ngomong-ngomong soal Ipin dan Upin, kamu pasti juga suka dengan makanan kesukaan mereka kan Sob. Apalagi kalau bukan ayam goreng. Di Jogja ada beberapa rumah makan yang menyediakan menu ayam goreng sebagai menu andalannya. Sebut saja ayam goreng Pak … Read moreAyam Kampung Mbah Cemplung