Telaga Kemuning, Wisata Air di Tanah Tandus

Sob, nanya boleh? Boleh ya? Boleh donk. #maksa dikit. Apa yang kamu pikirkan kalau kamu dengan kata Gunungkidul? Pasti tandus, nggak ada air, berdebu, mbladus, pokoknya yang ada hubungannya dengan kekeringan. Iya kan? Ngaku deh. 

Kayaknya kamu musti hapus ingatanmu tentang Gunungkidul dan buat ingatan baru. Di Gunungkidul ada satu wisata air yang oke punya Sob. Sebuah Telaga. Nah bisa dibayangin kan, kalau Gunungkidul meranggas, mana mungkin ada telaga dengan kedalaman 3 meter. Penasaran? Yuk langsung ke TKP. Jangan lupa bawa bekal yang banyak ya. Kan kamu bagian sie konsumsi piknik kita kali ini. wkekekeke

KEISTIMEWAAN

Telaga Kemuning adalah salah wisata air andalan dari Desa Wisata Kemungin. Kawasan ini diresmikan sejak 10 Juni 2012. Telaga ini sudah ada sejak lama, saat ini dikembangkan serta diperluas. Selain diperluas, telaga ini juga diperdalam dengan dikeruk. Pengerukan dilakukan hingga luasnya 1 ha. Pada waktu musim penghujan telaga ini mencapai kedalaman 3 meter. Tapi kalau musim kemarau hanya 1 meter.

Telaga ini berbatasan langsung dengan hutan milk perhutani dan wanagama. Hal ini membuat pemanadangan sekitar telaga rindang. Asyik bange lah Sob pokoknya. Telaga dengan dikeliling hutan, belum lagi kicauan burung ikut mensyahdukan suasanan. Jadi ingat puisi yang dimusikalisasi sama Dian Sastro. Hayoo…ada yang tahu nggak? Ada hubungannya sama pantai dan hutan gitu deh.

Buat kamu yang hobi mancing ikan. Ingat Sob, Cuma buat yang hobi mancing ikan, mancing emosi nggak masuk hitungan. Hehehe. Tempat ini bisa juga kamu jadiin tempat nongkrong asyik. Ada beberapa jenis ikan disini. Mulai ikan nila, tombro, tawes dan lain sebaginya.

LOKASI

Terletak di pedukuhan Kemuning, Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta.

AKSES
Sangat disarankan kamu naik kendaraan pribadi Sob. Soalnya kita bakal sedikit mblusuk. Namanya juga dekat hutan, mana ada kendaraan umum masuk hutan. Jadi kamu susuri aja Jalan Wonosari sampai ke Pathuk. Kalau bingung, kamu cari aja rest area Bunder. Nah Habis itu kamu tinggal tanya ke penduduk sekitar. Soalnya bakal ribet kalau dijelasin disini. Hehehe

HARGA TIKET
Kalau kamu diam aja sih nggak bayar Sob. Tapi kalau kamu mancing, kamu dikenai biaya 10000 per hari. Atau kalau kamu pilih paket wisata, kamu dikenain biaya 30000 sekali memancing.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA
Sebagai fasilitas penunjang, tempat ini udah dilengkapi dengan Kamar mandi dan gazebo buat bersantai. Saat ini kamu juga udah bisa keliling telaga pakai bebek kayuh.

 

KOMENTAR

Comments are closed.