Pantai Kukup Jogjakarta

Pesona pantai di Yogyakarta bisa dibilang cukup banyak, ada sekitar 20 pantai yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang memang gemar menikmati suasana laut. Sebut saja beberapa tempat yang sudah lebih dulu terkenal seperti Parangtritis, Parangkusumo atau mungkin Glagah. Bahkan ada bebarapa pantai yang jaraknya berdekatan atau satu gugusan, seperti Baron, Kukup, Krakal dan Drini.

Pantai Kukup adalah salah satu obyek wisata yang berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Suasana eksotis akan mulai dinikmati pengunjung sebelum menuju pantai ini. Rute yang berkelok-kelok dan naik-turun akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung, terlebih suasana di kanan-kiri yang ditawarkan adalah rimbunnya pohon-pohon tropis.

Tiba di Pantai Kukup, pengunjung dijamin akan puas dengan pemandangan lanskap pantai. Hamparan air laut yang membiru di padu dengan latar langit, akan membuat pengunjung merasakan kesegaran baik mata maupun jiwa. Pantai ini menawarkan pereda stres bagi para pengunjung yang selama ini penat dengan rutinitas.

Di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Dari atas pulau karang ini kita bisa melihat indahnya hamparan pantai yang sangat luas disertai deburan ombak yang cukup besar. Sensasi tersebut akan semakin bertambah apabila pengunjung menikmatinya bersama sanak keluarga

Keistimewaan

Pantai Kukup juga kaya akan biota laut. Selain itu juga terkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah. Di pantai ini, pengunjung akan menjumpai aquarium laut yang secara alamiah terbentuk di karang-karang bagian pinggir pantai. Atau pengunjung bisa langsung membeli aneka makhluk laut untuk menambah koleksi akuarium air lautnya, seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan terkadang dijual juga anak hiu.

Ragam varietas tersebut bisa juga dinikmati pengunjung di aquarium laut. Atau pengujung juga bisa menangkap sendiri biota laut tersebut dengan membeli jaring kecil yang dijajakan pedagang di pinggir pantai.

Pantai ini juga menyimpan eksotisme gua-gua karang yang teduh. Gua-gua ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berteduh apabila terik di pantai sudah munlai menyengat. Dan hampir serupa dengan di bibir pantai, gua-gua ini juga menyajikan biota laut yang terdapat di genangan air yang memasuki gua.

menggenang di air laut yang Di Pantai Kukup pengunjung harus berhati-hati sebelum menceburkan diri ke air, karena banyak karang dilaut dangkalnya.

Atau pengunjung bisa langsung membeli aneka mahluk laut untuk menambah koleksi akuarium, seperti ikan hias, belut laut, bintang laut, bahkan terkadang dijual juga anak hiu. Kawasan pantai Kukup juga merupakan percontohan penataan kawasan wisata pantai. Bahkan, Pantai Kukup menjadi pilot project untuk pengembangan dan penataan kawasan wisata pantai di Gunungkidul. Kawasan pesisir pantai Kukup dikelola secara mandiri oleh masyarakat yang tinggal di sekitar pantai Kukup. Di setiap bulan Sura di pantai ini juga diadakan Sedekah Laut tau yang akrab disebut labuhan.

Bagi para pengunjung yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke objek wisata alam lainnya, Pantai Kukup merupakan mata rantai dari kunjungan rekreasi ke pantai Baron, sebab jarak diantara kedua pantai tersebut lebih kurang hanya 1 kilometer, bisa ditempuh dengan jalan setapak.

Tak mau kalah, biasanya Pantai ini juga sering disambangi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Pemancing pun mulai berdatangan untuk mengadu nasib untuk mendapatkan ikan.

Lokasi

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron dan sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Akses

Untuk bisa mencapai kawasan ini, pengunjung harus mencapai Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung kidul. Wonosari, berjarak lebih kurang 40 km dari Kota Yogyakarta. Setelah mencapai Wonosari, pengunjung masih menempuh perjalanan lebih kurang 22 kilometer ke arah selatan.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum pengunjung bisa memilih Bus umum ( Rp. 4000,00) atau Mikro bus (elf) jurusan Yogyakarta-Wonosari. Dari kota Wonosari diteruskan dengan Micro bus ke Baron ongkosnya sekitar Rp. 2000,00 rupiah. (November 2009)

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Pantai Kukup yang dikenakan bagi para pengunjung adalah sebesar Rp. 2.000, (November 2009)

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di pantai ini juga terdapat pendopo cottege dengan fasilitas yang memadai. Sama seperti di Pantai Baron. Selain itu bagi pengunjung yang ingin membeli cinderamata, Pantai Kukup juga menyediakan pedagang ikan hias maupun terumbu karang yang dijual di sepanjang pantai.

Teks: Adi Tri Pramono

KOMENTAR

Comments are closed.