‘Nyi Roro Kidul’ Di Istana Negara

Eh serius nggak nih? Jangan bikin horror ah. Mana ada Nyi Roro Kidul di Istana Negara. Dia kan makluk air. Emang bisa lama-lama di darat?

Hush, sembarangan aja. Emang Nyi Roro Kidul ikan, disamain sama makluk laut. Udah ah bercandanya. Kembali ke topik. Jadi Sob, di Jawa dikenal kisah tutur mengenai laut selatan. Katanya, laut selatan dikuasai oleh seorang Ratu. Namanya ‘Ratu Kidul’ atau ‘Nyi Roro Kidul’.

Masyarakat Jawa sudah terlanjur percaya dengan tokoh perempuan yang satu ini. Padahal sampai sekarang belum pernah ada yang melihat penampakan secara langsung Nyi Roro Kidul ini. tapi tetap aja masyarakat percaya.

Nah, buat kamu yang penasaran, kayak gimana sih paras ‘Nyi Roro Kidul’. Kamu bisa lihat visual lukisan ‘tokoh’ dari laut Jawa, karya Basoeki Abdullah. Kamu nggak perlu menyelam laut selatan. Soalnya sekarang Nyi Roro Kidul sudah ‘pindah’ domisili ke Gedung Agung Jogjakarta.

Di museum ini, ‘Nyi Roro Kidul’ tinggal bersama tokoh Indonesia lainnya. Disini, dia tinggal bersama tokoh lintas generasi. Di museum Istana Negara ‘Gedung Agung’ ini ada lukisan Bung Karno, Kartini dan sejumlah tokoh jaman pergerakan dan masa perang Diponegoro (1825-1830).

Sejumlah lukisan karya para pelukis kaliber internasional, seperti Sudjojono, Affandi, Basoeki Abdullah, Dullah, Gambir Anom dan nama-nama tenar lainnya, dipajang di ruang pamer museum Istana Negara ‘Gedung Agung’. Koleksi yang dipajang memang nggak cuma lukisan. Ada juga benda seni lainnya, misalnya guci, kereta mini, jam dan bermacam ukiran lainnya.

Lukisan Affandi ‘Sabung Ayam’ juga bisa dilihat di ruang koleksi museum Istana Negara ‘Gedung Agung’. Lukisan ini merupakan lukisan asli dari Affandi. Menurt Mike Susanto, kurator dan pengajar di ISI Jogjakarta, lukisan yang dipajang di ruang koleksi museum Istana Negara ini semua karya asli dari pelukisnya. Lukisan Bung Karno ada beberapa dan dalam ekspresi yang berbeda. Ada juga lukisan Diponegoro naik kuda, khas sebagaimana orang mengenalnya di atas kuda.

 

KOMENTAR

Comments are closed.