Situs Kerto, Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

Jogja selain menyimpan sejarah Jogja, juga menyimpan sejarah kerajaan sebelum Jogja. Buat kamu yang belum tahu, di Jogja dulunya berdiri sebuah kerajaan yang cukup besar. Kerajaan Mataram Islam. Pusat Kerajaan ini pernah berada di Kerto, Imogiri, Bantul. Nggak percaya?

Ya udah deh kalau nggak percaya, yuk ikut kita-kita. Kita tunjukkin situs peninggalan jaman Kerajaan Mataram Islam. Meskipun udah nggak terlalu jelas bentuknya, tapi situs ini menunjukkan kalau di tempat ini pernah berdiri pusat pemerintahan sebuah kerajaan. Yuk langsung ke TKP.

KEUNIKAN

Nggak ada yang menyangka kalau di daerah ini pernah berdiri sebuah kerajaan besar yang sangat ternama. Kerajaan Mataram Islam. Kerajaan Mataram Islam dulunya dipimpin oleh Sultan Agung, cucu Panembahan Senopati. Sultan Agung ini adalah raja yang mempeluas kerajaan sampai Jawa Timur. Beliau juga yang memindahkan pusat kekuasaan Mataram dari Kotagede ke Kerto.

Sangat disayangkan Sob, nggak banyak masyarakat sekitar yang tahu sejarah lengkap cagar budaya ini. Bahkan tanda situnya pun sudah terlihat tua. Tersembunyi diantara pohon pisang. Terlihat nggak terawat.

Kayaknya Sob, dulu ditempat ini berdiri bangunan yang sangat megah. Tapi sekarang peninggalan Keraton Sultan Agung di Situs Kerto cuma tinggal umpak batu berukura besar. umpak batu ini dulu biasanya digunakan sebagai landasan pilar utama atau soko guru bangunan keraton. Selain umpak batu ini, ada juga sisa-sisa susunan batu bata di sekelilingnya.

Umpak ini terletak di tempat terbuka. Dibiarkan seperti apa adanya. Cuma berjarak meter dari bibir tebing. Lebih mengkhawatirkan lagi, tebing ini rawan longsor. Semoga aja ada pihak pemerintah yang segera merawat umpak ini.Sebelum hilang terbawa tanah longsor.

Umpak batu di Situs Kerto ini nggak cuma satu. Salah satunya memiliki lubang di atasnya sebagai dudukan pilar, serta ada ornamen daunan di setiap sisinya. Umpak batu kedua berjarak beberapa puluh meter dari umpak batu yang pertama.

Menurut masyarakat disini, beberapa meter dari umpak kedua terdapat susunan batu. Susunan batu ini menyerupai tembok dinding. Tapi nggak terlalu terlihat OSb. Soalnya susunan batunya sudah tertutup oleh tanah.

LOKASI

Jl. Kedaton, Imogiri, Bantul, Jogjakarta.

AKSES

Menuju ke situs ini bisa kamu tempuh melalui Jl Imogiri Timur. Lurus ke selatan. Sampai ketemu perempatan yang kalau ke kiri masuk ke Jl. Kedaton. Lalu belok ke kanan di perempatan berikutnya. Tanda yang menandai Situs Kerto berada di sebelah kiri jalan, 350 m dari perempatan terakhir. Berada di sebuah kebun di tengah desa.

HARGA TIKET

Free.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Situs ini berada di kebun warga. Jadi nggak ada fasilitas tambahan yang bisa kamu bunakan ditempat ini.

KOMENTAR

Comments are closed.