Ayam Kampung Mbah Cemplung

Mana yang suka Ipin dan Upin? Hayo ngaku. orang gede boleh suka kartun kok Sob. Heheh. Ngomong-ngomong soal Ipin dan Upin, kamu pasti juga suka dengan makanan kesukaan mereka kan Sob. Apalagi kalau bukan ayam goreng.

Di Jogja ada beberapa rumah makan yang menyediakan menu ayam goreng sebagai menu andalannya. Sebut saja ayam goreng Pak Parman, dan Ayam Kampung Mbah Cemplung. Yang terakhir merupakan nama warung makan yangberada di daerah Bantul. Warung ini hanya ada satu di Jogja. Sengaja nggak membuka cabang di tempat lain untuk menjaga kualitas rasanya.

KEUNIKAN

Rasa ayam goreng di warung ini memang bikin ‘kesengsem’ dan ‘ngangeni’. Rasa gurihnya merata. Bumbunya menyatu sampai ke daging bagian dalam. Racikan bumbunya kuat. Nggak heran kalau banyak yang setia menjadi pelanggan di warung ini.

Keunggulan lainnya adalah dagingnya empuk. Gampang disuwir dan dikunyah. Nggak alot.  Padahal biasanya tekstur ayam kampung lebih liat dibanding ayam potong. Selain itu, ayam gorengnya juga nggak kayak habis mandi minyak. Jadinya enak dimakan.

Namanya kuliner enak, pasti ada rahasianya. Ternyata rahasia di warung ini ada tiga, yakni racikan bumbu, cara memasak, dan spesifikasi ayamnya. Untuk membuat ayam goreng uenak ini, pertama daging ayam direbus dengan campuran bumbu. Setelah itu, ayam ditiriskan selama satu malam. Lalu, ayam direbus kembali dengan bumbu. Terakhir digoreng. Nggak heran kalau bumbunya meresap sempurna.

Ayam kampung yang dimasak disni juga bukan ayam kampung sembarangan Sob. Tapi ayam kampung liar. Bukan yang dikandang. Ayam kampungnya juga harus muda, sekitar 5-7 bulan. Beratnya juga nggak boleh lebih dari 2,5 kilogram.

Menu lain yang melengkapi sjaian di warung ini adalah tempe goreng, pete dan terong. Dua mangkuk sambal, sambal mentah dan sambal matang, ikut meramaikan suasana. Sambal mentahnya, patut diacungi jempol. Paduan rasanya nendang.

Potongan ayam gorengnya ada tiga macam, yakni dada, paha dan kepala urut-urutan. Ketiganya sama lezatnya, harganya juga nggak jauh beda.

Dalam satu hari, warung ini bisa menjual daging ayam sampai 100 ekor per hari. Warung ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Paling ramai antara jam 10 sampai jam 2. Larisnya warung ini mengundang sejumlah pengusaha menawarkan kerjasama atau franchise. Tapi semuanya ditolak.

LOKASI

Desa Sendang Semanggi, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Tertarik mencoba? Tapi bingung mau kesananya? Gampang kok Sob menuju ke lokasinya. Dari Jalan Bantul, masuk melewati gerbang Kasongan. Terus menelusuri jalan raya ke arah barat. Setelah melewati jembatan, sesampai di Masjid Al Aziz, belok ke kanan atau utara, melalui tugu berwarna hijau. lurus terus. Warung Mbah Cemplung berada nggak jauh dari gerbang itu.Atau kamu juga bisa memesan dengan menghubungi nomor 0856 2883 445 atau 0857 4305 6292.

HARGA

Satu porsi ayam goreng dibandrol harga mulai dari 12000 sampai 17000. Kalau ayam utuh (ingkung) dibandrol 70000 sampai 90000.

KOMENTAR

Comments are closed.