Sop Iga ‘Dapoer Wayang’

Siapa yang bilang kalau kuliner Jogja identik dengan kuliner tradisonal? Nggak juga kok Sob. Banayak kuliner-kuliner modern yang kini muncul di Jogja. Jadi kalau kamu ke Jogja jangan cuma cari gudeg. Rugi, beneran deh.  Banyak banget kuliner Jogja yang uenak dan mak nyus selain gudeg.

Salah satunya adalah Sop Iga ‘Dapoer Wayang’. Identik dengan Jogja yang kental dengan nuansa sejarah. Warung makan satu ini hadir dengan nama yang pastinya nggak asing ditelinga masyarakat Jawa.

KEUNIKAN

Warung makan ‘Dapoer Wayang’, terletaknya di Jalan Brigjen Katamso 198. Di rumah makan ini tersedia dua jenis tempat duduk: kursi atau lesehan. Satu yang membuat warung makan ini unik adalah, disana terpampang  gambar-gambar wayang. Sesuai dengan namanya ‘Dapoer Wayang’.

Di warung makan ini tersedia beberapa jenis menu seperti iga bagar, ayam goreng, ayam bakar, bebek kremes, sop iga dan menu lainnya. Pada sop iganya , seperti umumnya sop, terdapat kentang, wortel, irisan sayuran lainnya. Dagingnya empuk, jadi kamu nggak perlu makan sambil perang. Heheh. Selain itu juga nggak bikin selilitan. Soalnya daging yang melekat pada tulang mudah diambil dengan garpu atau sendok makan.

Rasa sopnya dominan gurih. Bumbu bawangnya terasa. Rasanya enak. Irisan wortel dan kentang memberikan rasa tambahan. Jadinya rasa gurih pada sop semakin mantap.

‘Dapoer Wayang’, tampaknya adalah satu-satunya warung makan yang menyediakan menu iga yang berada di tengah kota. Kebanyakan warung makan penyedia menu iga berada di daerah utara, misalnya Jalan Sagan, Jalan Kaliurang, dan Jalan Affandi.

LOKASI

Jalan Brigjen Katamso 198, Kota Jogjakarta, Jogjakarta.

HARGA

Harga satu poris sop iga ditambah nasi cuma 20000. Nggak mahal untuk setingkat masakan iga kan Sob.

 

Leave a Comment