Situs Suruh

Kalau ada yang bilang situs sejarah di Jogja bisa dihitung pakai jari, hmm kayaknya kamu muti curiga Sob. Itu yang bilang punya jari berapa. Hehehe.

Soalnya, ada banyak banget situs sejarah di Jogja. banyak yang belum terkelola dengan baik. Pastinya, masih banyak yang belum tergali.  Mungkin kalau dilihat pakai mata supernya super hero, kita bakal lihat tatanan kota jaman dulu di bawah tanah Jogja.

Salah satu situs yang sampai sekarang nggak atau belum terawat dengan baik adalah situs suruh. Nah, kamu aja juga baru denger kali ini kan Sob.

KEUNIKAN

Situs Jetis Suruh berada pada kompleks makam umum di Dusun Suruh. Disini ditemukan cukup banyak batuan candi. Batuan-batuan ini letaknya sudah nggak tertata dengan baik. Kini batuan candi yang ditemukan di tempat itu diletakkan di sekeliling tembok pagar makam bagian dalam. Sebagian lagi bahkan dijadikan trap atau tangga di dalam kompleks makam. Waduh, kalau dijadikan tangga, lama-lama rusak nih. Pemerintah mana pemerintah? Arkeolog mana arkeolog?

Selain batuan candi berbentuk persegi di tempat itu juga ditemukan fragmen arca. Nggak jelas ini arca apa. Soalnya bentuknya sudah nggak beraturan. Fragmen arca ini terletak di sudut timur-selatan kompleks makam lama (tua). Selain itu juga terdapat satu lempengan batu berbentuk persegi. Pada lempengan batu itu terdapat relief berbentuk sulur-suluran.

Fragmen arca ini memiliki ukuran tinggi sekitar 50 cm,lebar 40 cm, dan tebal sekitar 25 cm. Sedangkan lempeng batu berornamen memiliki ukuran panjang sekitar 60 cm, lebar 45 cm, dan tebal sekitar 15 cm.

LOKASI

Situs Jetis Suruh terletak di Dusun Suruh, Kalurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

AKSES

Dusun ini relatif jauh dari akses jalan besar. Akses jalan untuk menuju lokasi ini merupakan akses jalan kampung.

HARGA TIKET

Free.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Karena situs ini belum terkelola dengan baik, belum ada fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati di tempat ini.

Leave a Comment