Situs Arca Nandi

Kadang banyak orang yang bingung sendiri. Sebenarnya ada berapa situs sejarah yang ada di Jogja sih? Jangan-jangan kamu salah satunya ya Sob. Udah nggak perlu dihitung. Didatangi dan dinikmati saja Sob.

Satu lagi nih situs sejarah di Jogja yang nggak banyak orang tahu. Bahkan orang Jogja sendiri juga belum tentu tahu. Namanya Arca Nandi. Nama Nandi ini merujuk pada bentuk tertentu. Penasaran bentuk apa? Yuk mari langsung cek lokasi.

KEUNIKAN

Situs Arca Nandi berada di Dusun Mangir, tepatnya di Mangir Lor. Situs ini berada nggak jauh dari Situs Lingga Yoni. Nggak jauh juga dari Petilasan Ki Ageng Mangir. Jadi kalau kamu berkesempatan melihat situs ini, kamu bisa sekalian mampir ke dua situs yang lain.

Situs ini nggak berada di sebuah tempat tersendiri. bebas dilihat siapa pun. Situs ini berada di pekarangan seorang warga. Di kelilingi oleh tembok tanpa polesan berbentuk persegi setinggi dada. Tanpa pintu. Dilihat dari atas dinding tembok, kamu bisa lihat Arca Nandi terbuat dari batu. Dalam posisi duduk. Kalau dilihat-lihat, dudukan dari arca ini juga masih asli. Bukan semen yang dibentuk untuk tatakan arca. Kalau dilihat dari samping, Arca Nandi terlihat nggak mendatar. Soalnya, bagian belakang arca sedikit terbenam dalam tanah.

Buat kamu yang belum tahu apa itu Nandi. Ada sedikit info nih. Nandi adalah binatang tunggangan Siwa. Sedangkan Lingga atau Siwalingga adalah lambang perwujudan Dewa Siwa yang disembah umat Hindu.

Dilihat dari peninggalan yang ada, bisa jadi Tanah Perdikan Mangir di bawah Ki Ageng Mangir Wanabaya adalah salah satu benteng terakhir kekuasaan politik Hindu di Jawa setelah runtuhnya Majapahit. Bisa jadi ini salah satu sebab Mangir nggak mau tunduk kepada kekuasaan Mataram dibawah Panembahan Senopati. Sebuah sikap yang berakhir dengan kehancuran Mangir.

LOKASI

Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Jogjakarta.

AKSES

Dari perempatan yang menuju ke Petilasan Ki Ageng Mangir kamu belok ke kiri aja. Soalnya kalau ke kanan kamu sampai di Petilasan Ki Ageng Mangir. Selanjtnya masuk jalan dusun yang hanya bisa dilewati satu mobil kecil saja. Setelah itu kamu tinggal mencari rumah penduduk yang di pekarangannya terdapat dinding tanpa polesan berbentuk kubus.

HARGA TIKET

Free.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Situs ini berada di pekarangan warga. Jadi nggak ada fasilitas tambahan yang bisa kamu gunakan. Tapi, disekitar kawasan ini ada pula dua situs sejarah yang nggak kalah asyik buat disambangi. Namanya Petilasan Ki Ageng mangir dan Situs Lingga Yoni. Kamu bisa sekalian mampir dan bertanya sejarah dibalik ketiga situs ini. Soalnya ketiga situs ini masih berhubungan erat. Terutama dengan kebudayaan Hindu pada Jaman dulu.

 

Leave a Comment