Puncak Geger Menjangan

Sob, pernah ke Purworejo belum? Itu lho, tetangganya Jogja. Kota yang berada pas disebelah barat kota Jogja. Berbatasan dengan kecamatan Kulon Progo. Nah, ternyata, di kota ini terdapat sejenis bukit. Mungkin kalau di Jogja sejenis bukit Hargodumilah.

Bukit ini berada di sisi utara kota sekitar 1 km tepatnya di Kelurahan Trirejo, Kecamatan Loano dengan luas kawasan sekitar 12,75 Ha. Serta ketinggian sekitar 125 mdpl – 200mdpl. Penasaran pengen lihat landscape kota Purworejo dari atas bukit? Kesini aja.

KEISTIMEWAAN

Bukit kecil ini dikenal sebagai Geger Menjangan. Dari atas puncak Bukit Geger Menjangan, kamu bisa melihat landscape Kota Purworejo dari ketinggian. Di atas bukit ini terdapat sebuah gardu pandang. Gardu pandang ini digunakan sebagai tempat istirahat dan untuk menikmati pemandangan alam Purworejo. Selain itu view yang bisa kamu lihat disini antara lain puncak-puncak Bukit Menoreh di sisi utara, persawahan hijau yang sangat luas sejauh mata memandang, aliran Sungai Bogowonto, hingga birunya laut selatan. Kalau di Jogja, ini sejenis Bukit Hargodumilah. Tahu kan? Itu lho si bukit bintang.

Daya tarik dari Bukit Geger Menjangan bukan karena keindahan alamnya saja. Tapi juga sebagai wisata ziarah yang cukup ramai dikunjungi para peziarah. Apalagi kalau mendekati bulan Ramadhan. Di lokasi bukit terdapat sebuah makam tua yakni makan Kyai Imam Puro. Kyai Imam Puro ini merupakan salah satu tokoh yang besar andilnya dalam sejarah keberadaan Kabupaten Purworejo. Nggak jauh dari makam ini terdapat sebuah sumur tiban. Walaupun musim kemarau, air di sumur ini nggak kering.

Buat kamu yang pengen berkunjung ke puncak Geger Menjangan sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Lebih baik lagi motor. Atau kalau kamu suka adventure menggunakan sepeda. Itu lebih asyik lagi. Kenapa harus pakai motor, soalnya jalanan yang bakal kamu lewati adalah jalan cor semen yang cukup sempit. Jalan cor sempit ni musti kamu lewati sampai menuju makam kyai Imam Puro.

Motor atau sepedamu diparkir aja di sekitar makam. Selanjutnya kamu musti jalan kaki menapaki jalan setapak. Jalan setapak yang dimaksud adalah ratusan anak tangga dengan semak dan rumput ilalang di kanan kiri.

Setelah melewati ratusan anak tangga, kamu bakal menjumpai sebuah gardu pandang dengan antena sebuah pemancar radio disisinya. Dijamin rasa lelah yang kamu rasakan menguap seketika. Dari bukit ini kamu langsung disuguhi pemandangan bukit  dengan view alam yang keren abis. Tapi sayangnya banyak pengunjung yang nggak bisa menjaga kebersihan. Disekitar gardu ini kamu bakal nemuin aneka sampah yang berserakan.

AKSES

Akses menuju ke tempat ini dari Jogja. Kamu naik motor menuju alun-alun kota Prworejo. Dari alun-alun Purworejo ambil arah jalan menuju kota Magelang, lalu belok kanan arah kolam renang Artha Tirta sekitar 1Km. Tepat di kaki bukit ada pintu gerbang yang langsung mengarah ke kawasan hutan wisata Geger menjangan, motormu bisa dititipkan disini. Oh iya, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ya.

LOKASI

Kelurahan Trirejo, Kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah.

HARGA TIKET

Kamu cuma ditarik biaya 2000 rupiah buat bisa menikmati keindahan lanscape kota Purworejo dari atas.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Selain kamu bisa menikmati keindahan alam. Kamu juga bisa melihat sumur tiban yang katanya bertuah. Tuah yang dimaksud disini yaitu, airnya nggak bakal kering meskipun musim kemarau. bisa jadi karena di sekitar tempat ini terdapat sumber mata air yang cukup bagus.

 

Leave a Comment