Pasar Klewer, Beringharjonya Solo

Pasar ini letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta. Merupakan pusat perbelanjaan kain batik terlengkap. Jadi banyak pedagang yang dari berbagai kota membeli batik di pasar ini. Selain banyak pilihan batik, harganya juga murah/ tergantung kualitas juga sih Sob. Pasar dibangun pada tahun 1970. Terdiri dari dua lantai yang cukup luas. Menampung 1.467 pedagang dengan jumlah kios sekitar 2.064 unit.

Pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, kawasan ini merupakan tempat pemberhentian kereta api. Selain itu juga digunakan sebagai tempat jualan para pedagang pribumi. Hingga akhirnya terkenal dengan sebutan Pasar Slompretan. Kata slompretan diambil dari suara kereta api ketika akan berangkat. Suaranya mirip dengan tiupan terompet (slompret). Pasar Slompretan ini merupakan tempat para pedagang kecil yang menawarkan barang dagangan berupa kain batik yang ditaruh pada pundaknya sehingga tampak berkeleweran jika dilihat dari kejauhan. Dari barang dagangan (kain batik) yang berkeleweran inilah kemudian pasar ini terkenal dengan nama Pasar Klewer hingga sekarang.

KEISTIMEWAAN

Buat kamu pecinta batik, belum lengkap rasanya kalau kamu belum hunting batik di pasar ini. Di pasar ini koleksi jenis dan motif batiknya lengkap dan harganya pun cukup murah. Pasar ini juga menjadi pusat perbelanjaan kain batik terbesar di seluruh Jawa Tengah. Adapun harga kain batik di pasar ini mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kualitas, motif, dan jenis kain batiknya.

Sentra grosir kain batik ini menyediakan berbagai macam motif dan jenis batik. Ada batik tulis motif Solo, batik cap (print), dan motif-motif batik lainnya. Ada juga berbagai jenis batik Surakarta, seperti batik asli Surakarta, batik antik kraton Surakarta, batik pantai kraton Surakarta, daster batik Surakarta, batik saerah Surakarta, batik putri Solo, batik “kelelawar” Surakarta, dan lain-lain. Selain itu, terdapat juga berbagai macam jenis batik Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas, Madura, Betawi, dan berbagai jenis batik dari kota-kota lainnya. Di pasar ini juga menyediakan kain batik untuk baju, sprei, sarung bantal, dan segala aksesoris-aksesoris lain yang berbau batik. Tips buat kamu saat belanja disini adalah, jangan lupa menawar sebelum membeli. Hehehe..

Selain batik, disini juga ada berbagai macam barang lainnya. Antara lain pakaian non batik, makanan, kerajinan, pernak-pernik, barang-barang elektronik, emas, peralatan dapur, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga kerajinan-kerajinan khas masyarakat Solo yang berkualitas ekspor, di antaranya cermin kayu ukir, kaca ukir, dan berbagai macam suvenir yang berbahan dasar kaca.

LOKASI

Pasar Klewer terletak di sebelah barat Keraton Surakarta, Kota Surakarta, Propinsi Jawa Tengah.

Akses

Dari Jogja kamu naik aja bus jurusan Jogja – Solo, turun di terminal Tirtonadi. Dari terminal ini, kamu bisa naik angkutan kota atau taksi menuju lokasi pasar. Perjalanan dari Terminal Tirtonadi sampai ke Pasar Klewer biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

HARGA TIKET

Masuk kawasan ini kamu nggak dipungut biaya Sob.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Di sekitar kawasan Pasar Klewer ini terdapat berbagai macam fasilitas. Ada area parkir, masjid, pusat informasi belanja, studio karaoke, kamar mandi, dan beberapa kios masakan khas Solo.

Leave a Comment