Pasar Beringharjo, Pasar Tradisionalnya Jogja

Siapa yang nggak tahu pasar Beringharjo. Walaupun belum pernah ke Jogja sekalipun, pasti banyak yang udah kenal atau minimal pernah dengar nama Beringharjo. Layaknya pasar klewer untuk Solo. Pasar Beringharjo menjadi ikon untuk perekonomian masyarakat Jogja.

Pasar ini berdiri pada tahun 1758 SM  secara nggar resmi. Hanya digunakan sebagai tempat untuk bertransaksi oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya. Hingga akhirnya dibangun permanen pada tahun 1925. Nama Beringharjo diberikan oleh Sultan Hamengku Buwono VIII. Bering artinya hutan beringin dan Harjo artinya memberikan kesejahteraan.

Sejak saat itu, mulailah geliat kehidupan ekonomi masyarakat Jogja berkembang di pasar ini.  Kini, hampir semuanya ada di Beringharjo. Mulai dari baju, kain, makanan, jamu, barang antik, hingga botol-botol kimia juga dijual di pasar ini. Hanya dengan datang kesatu tempat, kamu bisa mendapatkan banyak hal.

KEISTIMEWAAN

Pasar ini mempunyai dua bagian yang terpisah, bagian barat dan bagian timur. . Bangunan Timur terdiri dari dua lantai, dan bagian Barat terdiri dari tiga lantai. Pintu masuk pasar Beringharjo menghadap ke Barat, mengahadap ke jalan Malioboro. Biar nggak salah, pintu masuknya bertuliskan Pasar Beringharjo dengan tulisan aksara jawa dan aksara latin.

Masuk kedalam pasar, lantai dasar kamu langsung disambut ratusan penjual batik  dan ribuan produk batik, dalam bentuk bahan maupun sudah dalam bentuk siap pakai atau jadi. Batik yang berada di Pasar Beringharjo nggak hanya batik Jogjakarta dan Solo, batik Pekalongan pun  banyak terdapat di pasar ini. Bahan yang digunakan juga bermacam-macam, mulai  dari bahan katun maupun sutra dari berbagai warna dan motif. Mulai dari harga puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung dari jenis, bahan, ukuran dan motif.

Batik dalam bentuk bahan terdapat dilantai dasar bagian barat sebelah Utara. Sedangkan  batik siap pakai terdapat dilantai dasar bagian Barat. Dilantai dasar bagian Barat ini nggak hanya menjual batik siap pakai saja. Ada juga blangkon, pakaian surjan,  tas, sarung tenun maupun sarung batik di los Barat. Kalau kamu pandai tawar- menawar, jangan malu- malu untuk menawar di pasar ini. Kalau lagi beruntung, kamu bisa dapet barang yang bagus dnegan harga yang miring.

Na ik kelantai dua, bau khas jejamuan. Dilantai ini merupakan sentra jamu. Berbagai jenis bahan ramuan jamu, mulai dari kunyit, jahe, kunir dan rempah- rempah terdapat dilantai ini. Naik ke lantai tiga bagian Timur kamu bisa menemukan barang antik, dari mesin ketik tua sampai helm buatan tahun 60-an terdapat dilantai ini. Barang- barang Impor bekas dari Mancanegara seperti tas dan sepatu bekas, dengan kualitas masih terjaga juga terdapat dilantai ini. Belanja di Beringharjo itu kuncinya kamu harus bisa memilih dan menawar.

Di pasar ini, kamu nggak hanya bisa berbelanja fasion. Ada juga kuliner yang dijual di kawasan ini. mulai dari pecel daun turi, hingga sate ayam. Semuanya dijual dengan harga terjangkau.

LOKASI

Pasar Beringharjo terletak di Jl. Pabringan no. 1, Selatan Malioboro, Kota Jogjakarta.

AKSES

Banyak jalan menuju ke roma. Sepertinya peribahasa itu bisa juga digunakan untuk menggambrakan Beringharjo. Banyak jalan menuju Beringharjo. Kalau kamu naik bus umum, kamu bsa menggunakan bus umum jalur 4,  11, atau 19 dengan tarif 2500 rupiah sekali jalan. Atau kalau maupakai bus yang ber-AC, kamu bisa menggunakan bus TranJogja trayek 1 A dengan tarif 3000 rupiah.

HARGA TIKET

Masuk ke pasar Beringharjo nggak ditarik biaya apapun Sob.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Masalh fasilitas, kamu nggak perlu khawatir Sob. Di Malioboro ada semuanya, mulai dari hotel, mall, penjual makanan dan minimal, hingga berbagai atraksi kesenian sering di tampilkan di sekitaran kawasan ini.

Nggak jarang setiap beberapa waktu sekali, kawasan malioboro menjadi tempat diadakannya pagelaran seni. Baik itu pembacaan puisi, pantomim, hingga atraksi musik jalanan. Mulai beberapa waktu ini, beberapa remaja membentuk sebuah grup musik perpaduan antara musik tradisional dan modern.  Grup musik ini melakukan atraksi pertunjukkan setiap hari di bahu jalan malioboro.

Leave a Comment