Pantai Nguyahan, Keindahan di Balik Bukit

Kamu yang ngakunya hobi buat jalan-jalan, nggak asyik kalau kamu belum nyamperin nih pantai. Bisa dibilang pantai ini masih alami Sob. Soalnya emang belum banyak yang menjamah nih pantai. Alasannya karena pantai ini nyempil diantara dua bukit.

Kalau ada yang bilang menuju pantai Ngobaran adalah hal yang susah. Pasti dia nggak bakal nyangka kalau ada lagi pantai yang susah ditemuin di daerah Gunungkidul Jogja.  Nama Pantai ini Pantai Nguyahan. Emang belum banyak dikenal oleh masyarakat secara umum.

Akses menuju pantai ini cuma bisa dilalui dnegan jalan kaki. Itu pun melewati bebatuan di sekitar Pantai Ngobaran. Meskipun gitu, pemandangan yang disuguhkan nggak kalah oke dengan pantai yang udah terkenal Sob. Penasaran kayak gimana pantai Nguyahan? Cuzz lanjutin baca ulasannya, lalu langsung tancap gas menuju ke Pantai Nguyahan.

KEISTIMEWAAN

Pantai ini letaknya agak tersembunyi Sob. Buat sampai ke pantai ini, kamu musti jalan kaki dari Pantai Ngobaran. Kayaknya asyik banget nih kalau semua pantai seperti ini. JAdinya pantainya tetep asri. Nama Nguyahan diambil dari kata uyah. Uyah artinya garam. Dulu, pantai ini digunakan sebagai ladang garam Sob.

Salah satu daya tark dari pantai ini adalah hamparan pasir putih yang bersih. Itulah bedanya dnegan pantai lain yang udah banyak dijaman manusia. Asyiknya lagi, pantai ini diapit oleh dua bukit batu. Hal ini membuat Pantai Nguyahan nggak banyak dikunjungi wisatawan.

Salah satu keunikan dari pantai Nguyahan adalah air lautnya yang sangat asin. Bahkan ada yang mengatakan kalau air dari pantai ini direbus akan didapatkan garam. Nggak heran kalau dulunya pantai ini dijadiin tempat untuk membuat garam.

Hal lain yang membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi adalah pemandangan bawah air pantainya. Banyak ikan hias terdampar di sela-sela bebatuan karang. Bagi kamu yang anak biologi pasti demen bangt lihat yang kayak ginian.

Mirip seperti Pantai Baron. Pantai ini juga mempunyai aliran air tawar. Air tawar di pantai ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Keren ya, dalam satu tempat ada dua mata air yang nggak saling bercampur.

Meskipun pantai ini belum terkenal. Udah mulai ada beberapa masyarakat yang membuka warung kecil-kecilan di sekitar pantai. Berbagai makanan dijual, mulai es kelapa muda, hingga makanan kecil.

LOKASI

Desa Saptosari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

AKSES

Akses menuju ke pantai ini emang agak menantang Sob. Soalnya nggak ada jalan yang bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Cara menuju ke pantai ini adalah dengan cara datang ke Pantai Ngobaran, lalu kamu musti jalan kaki sekitar 100 meter melewati bebatuan. Nyampe deh ke Pantai Nguyahan. Bisa dibanyangin kan, kalau pantai ini pastinya asri banget. Jangankan roda emapat, roda dua aja nggak bisa masuk.

HARGA TIKET

Masuk ke pantai ini kamu nggak ditarik biaya apapun Sob. Biaya masuk ke pantai ini udah jadi satu dengan retribusi masuk pantai Ngrenehan dan Ngobaran, yaitu sebesar 3000 rupiah. Murah banget kan. Cuma modal 3000 rupiah kamu bisa jelajahi tiga pantai sekaligus.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Belum banyak fasilitas yang bisa kamu gunain di kawasan pantai ini Sob. Selan baru, belum ada alira listri sampai ke kawasan ini.

Leave a Comment