Pantai Cemplon

Dalam hal dunia wisata, Jogja emang nggak ada matinya. Ada aja yang bisa disulap dan dipoles menjadi sesuatu yang menarik untuk dilihat dan dinikmati. Jogja gitu lho, yang di kota lain jangan ngiri ya. tiap kota pasti punya kekhasan sendiri. Kalau Jogja punyanya nggak cuma kekhasan, tapi juga punya keistimewaan. Sekali lagi, Jogja gitu lho. Hehehe, biar semakin mupeng buat berkunjung ke Jogja.

Ngobrolin tempat wisata, Jogja punya buanyak banget tempat wisata. Mulai dari tempat wisata sejara, seni, dan pastinya wisata alam. Semuanya oke punya buat dijelajahi. Nggak percaya? Datang aja ke Jogja. Sampai gempor kaki, juga nggak bakal selesai buat menjelajah kota Jogja.

Satu yang menjadi anadalan Jogja adalah wisata alamnya. Terutama pantai. Ada satu pantai di Jogja yang belum banyak yang tahu. Namanya Pantai Cemplon. Nah loh, pasti belum banyak yang tahu kan. Kayak gimana ya kira-kira betuk dan penampakan Pantai Cemplon? Beneran nggak sih ini pantai? Jangan-jangan hanya bohongan? Hihihi, hayoo main tebak-tebak berhadiah.

KEUNIKAN

Kabupaten Sleman punya pantai? Kabupaten yang ditengah-tengah kayak gitu punya pantai? Mana mungkin? Hahaha, udah mulai curiga ya. ya punya lah Sob. Tapi pantai di sini jangan diartikan sebagai tempat di pinggiran laut ya. Pantai di sini adalah papan santai atau tempat untuk bersantai. Tempatnya memang berada di pinggiran air, namun bukan air laut melainkan air Sungai Progo. Hahahha, kena deh.

Panjang Pantai Cemplon ini sekitar 1,5 meter. Pantai atau lebih tepatnya lembah di Dusun Gamplong ini merupakan daerah yang mudah terkikis air. Soalnya tempatnya berbatasan langsung dengan Sungai Progo. Untuk menanggulangi erosi atau gerusan air dari Sungai Progo tersebut sebagian lembah di Dusun Gamplong ini diperkuat dengan bronjong. Selain itu lembah tersebut juga ditanami dengan berbagai tanaman keras seperti mahoni, meranti, petai, dan sengon. Penduduk juga menanam beberapa tanaman jenis lain di lembah tersebut. Antara lain bambu, nangka, dan kelapa. Tanaman jenis perdu juga ditanam di lembah itu sebagai usaha pemaksimalan lahan. Perdu atau jenis semak yang ditanam meliputi tanaman apotek hidup seperti jahe, kunir, temu giring, temu ireng, lengkuas, dan sebagainya.

Tempat wisata Pantai Cemplon ini diresmikan pada tanggal 5 September 2004 oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan, I Gde Ardika. Lembah yang kemudian disebut sebagai pantai ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Cuma kesadaran untuk menempatkannya sebagai papan santai baru terjadi sekitar tahun 1984.

Sejak saat itu mulai dibuat jalan setapak di tengah-tengah perkebunan yang rimbun rindang di tempat itu hingga pinggir Sungai Progo. Di tengah-tengah perkebunan itu pula dibuatlah gubuk-gubuk untuk beristirahat. Dari gubuk-gubuk itu kamu dapat menikmati keindahan aliran Sungai Progo beserta lembah-lembahnya yang hijau.

Satu tips yang harus kamu perhatikan adalah, jangan kemari pas musim penghujan. Soalnya, ada kemungkinanan sungai progo meluap atau banjir. Nggak lucu kan kalau kamu ilang disini.

Tempat ini dinamakan Pantai Cemplon karena dulunya banyak gadis-gadis dari Padukuhan Gamplong yang menjadi pedagang kue cemplon. Kue ini dipasarkan ke Kulon Progo. Untuk menjajakan itu mereka harus naik perahu untuk menyeberang ke tepi barat Sungai Progo. Nah, pernah suatu ketika perahu yang mereka tumpangi oleng sehingga kue-kue cemplon yang dibawa oleh para pedagang itu berjatuhan ke Sungai Progo. Cemplon-cemplon itu kemudian dipercaya berubah bentuk menjadi batu-batu bulat di dasar dan pinggiran Sungai Progo. Berdasarkan cerita yang berbau mitos inilah kemudian tempat tersebut dinamakan Pantai Cemplon.

LOKASI

Pantai Cemplon berada di wilayah Padukuhan Gamplong, Kalurahan Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

AKSES

Lokasi ini bisa kamu capai melalui Pasar Godean ke arah barat. Setelah sampai di Perempatan Gedongan ambil jalan ke kiri (arah Moyudan). Pada jarak sekitar 3 kilometer dari perempatan ini kamu bakal ketemu papan penunjuk arah ke Pantai Cemplon. Kamu ikuti aja papan petunjuk itu.

HARGA TIKET

Free. Tapi jangan lupa jaga kebersihan ya.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Disekitar kawasan ini sudah berdiri beberapa warung. Paling nggak kamu nggak bakal kelaperan disini. tenang Sob.

Leave a Comment