Pantai Baru, Bener-Bener Baru Dari Bantul

Jogja kayaknya emang lagi giat-giatnya ngembangin pariwisata. Mulai beberapa waktu ini, banyak pantai baru yang dibuka dikawan Jogja. Mulai dari Pantai Pok Tunggal, Watu Kodok, hingga Pantai Baru di Bantul. Jangan bingung ya Sob. Namanya emang Pantai Baru. Bukan ngarang lho ini. Pantai ini terletak nggak jauh dari Pantai Gua Cemara dan Pantai Pandansimo. Bisa dibilang masih tetanggan gitu.

Disini kamu nggak cuma disuguhi dengan eksotisme keindahan laut dan pantai Sob. Tapi, kamu juga bisa menimati pemandangan teknologi pembangkit listrik tenaga angin. Selain itu, kamu juga bisa ikut nimbrung dengan para peternak yang beternak sapi dan ikan di sekitar pantai. Jadi, nggak cuma keindahan yang kamu dapat, tapi juga ilmu yang berguna.

KEISTIMEWAAN

Walapun termasuk pantai baru, udah mulai ada beberapa fasilitas yang ada di pantai ini Sob. Beberapa warung makan udah mulai dibuka dipantai ini. Tempat parkir juga udah lumayan ditata dengan baik.

Hal penting buat kamu ingat, hati-hati kalau bermain air di pantai ini. Seperti yang kita sama-sama ketahui, ombak di pantai selatan termasuk ombak yang cukup besar. selain itu, kontur pantai ini cukup landai seperti pantai lain di Bantul.

Dari tempat parkir untuk menikmati air pantai kamu harus berjalan sekitar 400 m, dengan melewati warung warung makan tadi kemudian sekitar 100 meter berikutnya kamu bakal melewati rimbunnya pohon cemara yang membuat suasana pantai nggak krasa panas waktu siang hari.

Pantai ini emang baru, namun pengunjung ke pantai baru ini udah ramai. Apalagi hari hari libur. Bahkan  Pantai ini bakal dikembangkan sebagai Wisata Alam, wisata pendidikan berbasis teknologi yakni kincir angin sebagai pembangkit listrik. Selain itu juga agrowisata, dan Perikanan dengan kolam sebanyak 10 kolam serta peternakan dengan 150 kandang dengan kelompok nelayan yang beranggotakan 96 orang.

LOKASI

Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul.

AKSES

Akses ke pantai ini cukup mudah dituju karena searah dengan pantai pandansimo dan pantai kuwaru. Dari kota bantul bisa kamu tempuh hanya perlu waktu kurang lebih 30 menit.Adapun rute yang harus ditempuh dari Kota Bantul kamu harus mengambil arah menuju ke srandakan. Sesampainya di bundaran srandakan atau sebelum jembatan sungai progo penghubung antara kabupaten  Kulon progo dan Kabupaten Bantul kamu ambil arah kekiri menuju arah selatan. Kemudian setelah menemukan pertigaan , disitu akan terpasang papan penunjuk jika ke kiri berarti ke Pantai Kuwaru dan kalau kekanan maka arah ke pantai baru ini.

HARGA TIKET

Masuk ke pantai ini kamu cuma ditarik biaya sebesar 5000 rupiah permotor. Jadi kalau boncengan, kamu cukup membayar 2500 per orang.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Masalah fasilitas yang mendukung, sepertinya kamu harus sedikit maklum. Pantai ini kan baru aja dibuka untuk umum. Tentu aja fasilitasnya nggak selngkap yang ada di pantai-pantai yang udah lama dibuka seperti Parangtritis atau Depok.

Tapi meskipun gitu,  udah banyak warung-warung yang mulai membuka lapak di pantai ini. masyarakat sekitar emang pinter banget mengambil situasi.

Leave a Comment