Oseng-oseng Mercon, Makanan Pedas yang Menggugah Selera

Oseng-oseng Mercon, Makanan Pedas yang Menggugah Selera

Kuliner yang ada di Jogja terkenal dengan rasa yang manis dan gurih. Padahal, ada banyak makanan di Jogja yang rasanya super pedas lho. Sampai-sampai dinamai yang ngeri-ngeri, dari granat, mercon, setan, sampai iblis pun ada.

Salah satunya makanan yang satu ini nih, mungkin dia bukan asli Jogja atau cuma merantau saja ke Jogja ya, namanya oseng-oseng mercon. Tau oseng-oseng kan? Gimana jadinya tuh mercon dijadiin oseng-oseng? Mercon tu petasan yang bisa meledak itu lho.

Tapi tenang, itu cuma nama aja kok, aslinya mah bukan mercon yang dioseng-oseng. Walaupun bukan mercon yang dimasak, tapi makanan ini biasa membuat mulut kamu kepanasan, saking pedesnya. Dalam mulut serasa ada yang meledak minta disiram sama air.

Nah, oseng-oseng merco sebenernya adalah makanan yang terbuat dari daging dan kikil. Tapi bahan utamanya tentu bukan daging atau kikil, melainkan cabe rawit. Soalnya, kalau kamu lihat kayaknya lebih banyakan cabenya daripada daging atau kikil deh.

Resep Legenda

Konon, resep oseng-oseng mercon ini ditemukan secara tidak sengaja oleh orang tua bu Narti. Awalnya, saat hari raya Idul Adha keluarga bu Narti bingung karena selalu kelebihan daging kurban. Bukan cuma daging aja tuh yang lebih, taoi juga kikil, kulit dan gajih. Kalau dalam bahasa Jawa disebut koyoran. Nah, karena bingung mau diapain, akhirnya muncul ide dimasak menggunakan cabe rawit.

Saat bu Narti membuka warung, oseng-oseng mercon menjadi salah satu menu yang ditawarkan. Nggak disangka ternyata banyak juga yang menyukai masakkan ini. Akhirnya oseng-oseng mercon menjadi menu andalan.

Nama Keramat

Ternyata, nama oseng-oseng mercon adalah nama yang diberikan oleh budayawan Emha Ainun Najib. Dulu para seniman dan budayawan Jogja sering makan di warung ini. Sambil berkelakar kalau oseng-oseng ini rasanya pedas kayak mercon, maka sejak saat itu disebut oseng-oseng mercon.

Tapi ada juga sih yang menyebutnya dengan nama lain, seperti oseng-oseng bledek/ halilintar. Mungkin karena pedesnya udah kelewatan kali ya, terus disebut bledek.

Apa Enaknya?

Kalau dilihat, memang oseng-oseng mercon ini cuma kayak makanan pada umumnya. Apalagi kalau sudah dingin tuh, jadi kayak ager-ager gitu bentuknya. Menggumpal gara-gara lemak di oseng-oseng mercon sudah dingin.

Tapi kamu harus cobain deh, bisa jadi kamu malah ketagihan buat nambah lagi tuh. Pedasnya yang luar biasa dan rasanya yang gurih bikin kamu kepedesan deh, hehe. Apalagi makannya sama nasi yang masih panas, makin pedes aja tuh rasanya.

Teknik Rahasia

Selain bahan utama yang berupa kikil, gajih, daging sapi dan cabai rawit. Bumbu yang digunakan untuk memasak oseng-oseng mercon sama seperti bumbu untuk memasak tumis. Bedanya ada di cara mengolah bahan dan bumbunya.

Biasanya, mengolah bumbu masakan tumis adalah dengan digangsa. Digangsa itu dimasak dengan menggunakan sedikit minyak. Kalau memasak oseng-oseng mercon agak sedikit berbeda, semua bumbunya digoreng dalam minyak.

Bukan cuma itu aja, dalam memasak oseng-oseng mercon nggak pakai tambahan merica dan kecap. Biar rasa pedanya tetap berasal dari cabai, bukan dari merica.

Perbandiangan antara daging dan cabai yang digunakan adalah 10:2, 10 kg daging dan 2 kg cabai. Perbandingan itu akan memberikan rasa pedas yang sempurna dan gurih yang pas.

Tempat Mangkal Oseng-oseng Mercon

mylifemywaymystory.wordpress.com
mylifemywaymystory.wordpress.com

Kalau kamu ke Jogja, nggak perlu bingung buat nyari makanan pedas yang satu ini. Soalnya di Jogja banyak warung yang menjajakan oseng-oseng mercon.

Tapi kalau mau merasakan oseng-oseng mercon bu Narti, kamu bisa dateng ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Lesehan Oseng-oseng Mercon Bu Narti merupakan warung Oseng-oseng Mercon yang pertama kali ada di Jogja dan berdiri sejak tahun 1997.

Nah, masukin list untuk kunjungan kamu berikutnya ya. Tapi buat kamu yang punya masalah pencernaan, disarankan untuk tidak mencobanya.

 

2 thoughts on “Oseng-oseng Mercon, Makanan Pedas yang Menggugah Selera

Leave a Comment