Nasi Liwet Solo, yang Khas dari Timur Jogja

Masih ada waktu liburan? Bingung mau kemana? Udah puas keliling Jogja? Berarti waktunya kamu bergeser ke sisi timur Jogja. Kemana lagi kalau bukan ke Solo. Jogja dan Solo bisa dibilang saudara. Agak mirip, beti alias beda tipislah. Meskipun begitu, masing-masing menyimpan keunikannya tersendiri. kalau Jogja punya Beringharjo, Solo punya Klewer. Jogja punya TransJogja, Solo juga punya.

Begitu juga dengan kuliner. Kamu pasti tahu donk, kalau Jogja punya yang namanya gudeg, sayur manis yang bikin kangen siapa saja yang pernah ke Jogja. Begitu juga Solo Sob. Solo punya Nasi Liwet. Apa? Kamu nggak tahu penampakan kuliner satu ini? ish..gaul men, gaul..! hahaha. Oke baiklah, Nasi Liwet itu, masakan khas dari Solo.

Nasi Liwet terdiri dari nasi putih dimasak pulen. Dilengkapi dengan berbagai jenis sayur dan lauk, seperti sayur labu siam, ayam areh yang disuwir-suwir. Nggak ketinggalan telur pindang. Tambah nampol lagi kalau menyantap nasi liwet sama kerupuk rambak. Sejenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Dari pada cuma bayangin, yuk mari kita cobain kuliner satu ini.

ASYIK DAN UNIKNYA

Nasi Liwet terkenal pulen dan rasanya gurih. Rasa gurih ini muncul dari hasil rebusan nasi yang dimasak dengan cara dikaru. Dikaru itu beras dimasak dulu dengan air santan kelapa. Tambah nikmat lagi kalau makan nasi liwetnya sama sayur dan lauk pauknya. Hem..jadi laper.

Uniknya lagi, keliner satu ini disajikan pakai daun Sob. Mirip kayak gudeg kan. Sendoknya juga dari daun pisang. Aroma daun pisang ditambah gurihnya nasi liwet pasti bikin kamu pengen nambah lagi.

Selain rasanya mantap, kuliner ini juga aman dikonsumsi bagi yang kolesterolnya tinggi. Soalnya, masakan ini nggak banyak mengandung minyak Sob. Nggak cuma itu yang asyik Sob, harganya itu lho yang bikin kamu bisa senyum, miring banget. Bisa kamu dapetin di sudut-sudit kota Solo. Bahkan ada juga beberapa pedagang yang membuka lapak di Jogja.

LOKASI

Penasaran? Langsung aja tancap gas ke Kota Surakarta alias kota Solo, Jawa Tengah. Kalau kamu naik kendaraan umum dari Jogja, kamu naik aja bus Jurusan Jogja-Solo, lalu turun di terminal Tirtonadi. Setelah itu kamu bisa lanjut muter-muter kota Solo naik angkutan umum Solo.

HARGA

Satu porsi nasi liwt biasanya cuma dibandrol 5000-75000 rupiah saja. Murah meriah kan. Tapi jangan salah pilih tempat ya. Kalau kamu menikmati kuliner ini di restoran, harganya bisa mencapai berkali-kali lipatnya. Kan restoran pajaknya gedhe. Hahaha.

 

 

Happy Kuliner…!!

Leave a Comment