Museum Sandi Jogjakarta

Kalau masalah menelusuri sejarah, Jogja emang kota yang pas. kamu mau cari sejarah apa aja ada. Mulai dari sejarah kota Jogja, sampai sejarah sandi. Nah, yang terakhir ini yang unik Sob. Jadi, di Jogja ada satu museum yang menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan sandi.

Bisa dibilang ini adalah museum sandi pertama dan satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia. Hayoo coba aja tanya mbah gugel, ada nggak museum sandi di Negara lain. Pasti nggak ada. Saatnya kita bangga jadi orang Indonesia Sob.

KEUNIKAN

Museum Sandi diresmikan pada tahun 2008. Museum Sandi merupakan museum khusus yang menampilkan berbagai jenis koleksi persandian bersejarah. Museum ini jadi satu dengan Museum Perjuangan Jogjakarta. Secara fisik, bangunan Museum Perjuangan berbentuk bulat, dengan garis tengah 30 m dan tinggi bangunan 17 m. Terdiri dari dua lantai. Koleksi Museum Sandi menempati areal lantai dasar bangunan, sedangkan lantai teratas bangunan untuk koleksi Museum Perjuangan Jogjakarta. Pada tampak luar, terdapat Sengkalan pada bangunan Museum Perjuangan yang berbunyi “Anggatra Pirantining Kusuma Negara”.

Museum ini dibangun atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006. Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995 tentang Pemeliharaan dan Pemanfaatan Benda Cagar Budayadi Museum,Lembaga Sandi Negara bekerja sama dengan Departemen Kebudayaan dan Parawisata berupaya melestarikan nilai-nilai sejarah persandian sebagai bagian integral perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga sebagai media penanaman nilai patriotisme untuk mewariskan nilai kejuangan kepada generasi penerus khususnya segenap insan persandian melalui sebuah museum yang dinamakan Museum Sandi.

Koleksi yang terdapat di dalam museum Sandi antara lain: barang asli atau replika mesin/peralatan sandi, meubeler, tag, sepeda, patung/menekin, etalase (barang keseharian pelaku sejarah sandi), slide sistem, serta sistem-sistem sandi lainnya dan sebagainya, dokumen berupa buku kode, lembaran kertas, dan sebagainya. Gambar-gambar berupa foto, peta (napak tilas sandi), lukisan (kegiatan sandi di dalam perundingan), dan sebagainya. Selain itu ada juga diorama berupa suasana di Pedukuhan Dukuh, kegiatan kurir sandi dan lainnnya. Serta ada juga fasilitas multimedia berteknologi touchscreen.

Museum ini buka setiap hari Senin sampai Jumat. Untuk hari Senin – Kamis buka pukul 08.30 – 15.00. kalau hari Jum’at buka pukul 08.30 – 11.30. Sementara ini, pada Sabtu, Minggu, dan Hari Besar Nasional/Keagamaan tutup.

LOKASI

Jalan Kolonel Sugiyono No. 24 Bontokusuman, Kota Jogja, Jogjakarta. Ini lokasi lama. Selanjutnya museum ini akan berpindah ke Jalan Faridan M Noto Nomor 21 Kotabaru, Jogjakarta.

AKSES

Dari arah Malioboro langsung saja menuju arah Taman Pintar sampai di perempatan lampu merah, lalu belok ke kanan arah ke Jogjatronik, lurus saja ikuti jalan sampai menemukan lampu merah lagi di daerah Pojok Beteng, lalu belok ke kiri, ikuti saja jalan sampai ketemu shelter Trans Jogja di kanan jalan. Nah letak Museum Sandi Jogjakarta ini terletak persis di sebelah shelter bus tersebut.

HARGA TIKET

Harga tiketnya nggak bikin kantong bodol kok Sob. Cuma dengan bayar 2000 perak, kamu bisa menikmati aneka koleksi museum sandi.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Kalau museum ini belum dipindah ke lokasi yang baru, kamu bisa sekalin menikmati beraneka peninggalan sejarah yang ada di museum perjuangan. Tiketnya jadi satu dengan tiket masuk museum sandi. jadi kamu nggak perlu mengeluarkan uang lagi buat berkunjung ke museum perjuangan.

Leave a Comment