Meriahnya Kampung Ramadhan di Jogja

Meriahnya Kampung Ramadhan di Jogja

Marhaban ya Ramadhan, hati senang menyambut kedatangan bulan suci yang penuh barokah. Banyak-banyakin ibadah untuk bekal nanti hidup di akhirat.

Nah, ketika bulan Ramadhan tiba, apa sih yang biasanya kamu lakukan? Apakah cuma diem di rumah aja sambil nunggu adzan magrib berkumandang? Atau ikut kajian biar nambah ilmu dan wawasan?

Hmmm, mendingan sih yang ikut kajian, daripada cuma di rumah aja. Selain dapet ilmu, in syaa Allah juga dapet pahala tuh, bahkan bisa dapet temen baru.

Kajian Sebelum Berbuka

Kamu bisa dapet banyak hal saat bulan Ramadhan tiba lho. Setiap sore menjelang berbuka puasa coba aja dateng ke salah satu masjid yang ada di Jogja. Jangan lupa bawa buku sama pulpen ya, kamu perlu mencatat hal-hal penting untuk masa depan kamu tuh.

Sambil dengerin kajian, sambil nunggu buka puasa saat suasana Ramadhan pula. Apalagi nanti kalau buka dapet makanan gratis, jadi kamu nggak perlu ngeluarin uang sedikitpun. Udah dapet ilmu, dapet pula ta’jil buat buka. Tapi niatnya jangan cuma cari makanannya aja ya, biar dapet pahalanya juga tuh.

Kampung Ramadhan

Nah, selain banyak makanan, bulan Ramadhan ini juga spesial lho. Karena cuma ada setahun sekali, dan full selama satu bulan. Di bulan Ramadhan ini juga ada yang namanya Kampung Ramadhan.

Terus apa sih Kampung Ramadhan itu? Kampung Ramadhan merupakan acara yang biasanya diadakan oleh masjid untuk memeriahkan kedatangan bulan Ramadhan. Jadi kamu cuma bisa berjumpa dengan Kampung Ramadhan setahun sekali.

Biasanya saat bulan Ramadhan tiba, beberapa kampung akan merubah wajahnya menjadi Kampung Ramadhan. Akan ada banyak acara yang diadakan oleh kampung tersebut. Salah satunya adalah dibuka pasar dadakan yang akan menjajakan makanan untuk berbuka puasa.

Beberapa Kampung Ramadhan di Jogja

Ada beberapa Kampung Ramadhan yang cukup terkenal di Jogja. Nah, yang selalu ramai dikunjungi biasanya ada di kawasan masjid Jogokaryan, Nitikan dan Kauman. Ketiga tempat ini merupakan pusat pemukiman umat Islam di Jogja. Kegiatan yang berkaitan dengan Islam banyak banget di gelar oleh ketiga tempat ini.

Nah, Kampung Ramadhan biasanya diselenggarakan nggak jauh dari masjid. Mungkin dimaksudkan untuk mengembalikan masjid sebagai pusat kegiatan umat. Seperti zaman dahulu, ketika masjid bukan cuma untuk tempat sholat saja.

Tema Kampung Ramadhan

Tiap Kampung Ramadhan biasanya memiliki tema yang berbeda-beda. Dan tiap tahun pun kadang berbeda pula temanya dengan tahun lalu. Mungkin biar ada variasi dan masyarakat nggak bosen tuh.

Seperti contohnya Kampung Ramadhan yang ada di Nitikan, diberi nama Jalur Gaza. Kalau di Jogokaryan beda lagi namanya, di sana diberi nama Kampoeng Ramadhan Jogokaryan.

Di Kauman sendiri karena secara tradisi sudah menjalankan Kampung Ramadhan sejak lama, jadi di sana lebih mendasarkan kegiatannya seperti yang sudah-sudah yakni semacam pasar sore Ramadhan.

Kampoeng Ramadhan Jogokaryan
Kampoeng Ramadhan Jogokaryan

Ada Apa di Kampung Ramadhan?

Nah, Kampung Ramadhan ini memiliki banyak sekali kegiatan yang diadakan selama satu bulan. Mulai dari kajian sebelum berbuka, tabligh akbar, acara untuk anak-anak, sampai pasar Ramadhan.

Di pasar Ramadhan, kamu bisa menikmati jajanan yang dijajakan di sana. Ada berbagai macam makanan yang bisa kamu beli. Tapi kalau mau yang gratis, ikut aja kajian sebelum berbuka, nanti pasti dapat ta’jil gratis tuh.

Selain kajian dan pasar Ramadhan, ada juga berbagai macam lomba yang diadakan oleh panitia. Mulai dari parade bedug, festival kuliner tradisional, lomba nasyid, lomba menghias rumah, lomba menghias masjid dan lomba spanduk.

Ada juga kegiatan sosial yang dilakukan lho, seperti buka bersama yatim piatu dan bakti sosial. Pokoknya acara saat Ramadhan itu banyak banget dan sayang kalau kamu lewatkan.

 

Leave a Comment