Makanan Khas Jogja yang Manis dan Ngangenin

Makanan Khas Jogja yang Manis dan Ngangenin

Jogja emang terkenal dengan orangnya yang ramah dan manih. Tapi bukan cuma orang Jogja aja yang manis, makanannya pun lebih dominan manis. Kalau pernah pergi atau tinggal di Jogja pasti tau deh.

Ada beberapa makanan manis yang bisa kamu cobain kalau berkunjung ke Jogja. Dari mulai yang gampang kamu temui sampai yang sekarang sulit buat ngedapetinnya juga ada tuh. Mending lihat yuk beberapa makanan manis yang bisa bikin kamu kangen sama Jogja.

1. Gudeg

flickr.com
flickr.com

Nah, gudeg merupakan salah satu makanan asli Jogja yang sudah terkenal dimana-mana. Kalau orang ke jogja, kurang afdol sebelum mencicipi makanan yang satu ini.

Gudeg dibuat dari nangka muda yang dimasak sangat lama. Dari nangka yang awalnya berwarna putih, sampai menjadi coklat kan butuh waktu yang lama tuh.

Kalau kamu mau menikmati rasa dari gudeg, datang aja ke Jalan Kaliurang, sekitaran daerah UGM. Di sana ada sentra gudeg kok, ada beberapa rumah makan yang selalu ramai dikunjungi pelancong yang akan menikmati kelezatan gudeg.

Atau kamu bisa cobain dateng ke Wijilan, di sini juga banyak yang menjajakan gudeg. Tempatnya gampang kok, dekat Alun-alun Kidul Yogyakarta.

2. Geplak

telusurindonesia.com
telusurindonesia.com

Geplak ini tebuat dari kelapa yang diparut kemudian ditambahkan dengan gula pasir. Soal rasa, tentu saja manis, super manis deh pokonya. Jadi, cocok banget buat teman minum teh atau kopi pahit.

Geplak sangat mudah kamu temui di Jogja, di sekitaran Malioboro ada yang menjajakannya. Tapi kalau kamu pengen gampang, pergi saja ke pusat oleh-oleh yang ada di Jogja, biasanya ada tuh makanan manis yang satu ini.

3. Kipo

kabarkuliner.com
kabarkuliner.com

Ini nih salah satu kuliner khas Kotagede, namanya kipo. Ingat ya, kipo bukan kepo. Nah, Kotagede merupakan sebuah daerah yang ada di kota Jogja. Jadi untuk dapat mencicipi kipo, kamu harus cari dulu dimana letak Kotagede.

Kipo ini memiliki rasa khas yang akan memanjakan lidah kamu saat memakannya. Bentuknya lonjong dengan warna hijau, bertektur kenyal dan rasanya manis. Rasa manis kipo ini berasal dari isiannya yang berupa kelapa parut dan gula jawa.

Menurut para pembuat kipo, pada zaman dahulu orang sering tanya tentang makanan ini, “iki opo?” dalam bahasa Jawa, kalau diartikan ke bahasa Indonesia artinya ini apa. Nah, dari pertanyaan ini kemudian berkembanglah nama kipo.

4. Yangko

nirvana.co.id
nirvana.co.id

Yangko ini khas banget lho, kue yang mirip mochi. Bentuknya kotak dan warna-warni. Nah, biasanya yangko ini nggak ada isiannya, tapi ada juga yang diisi kacang, tapi bentuknya teteo kotak gitu.

5. Ampyang

perusahanku.co
perusahanku.co

Ampyang ini kalau dilihat dari jauh mirip sama peyek lho. Bentuknya lingkaran kecil yang bagian atasnya ditaburi kacang tanah. Cuma beda warnanya, kalau peyek coklat muda, ampyang ini warnanya coklat tua.

Ampyang memiliki rasa yang unik, perpaduan antara manis dari gula jawa dan pedas khas rasa jahe. Cocok banget nih buat menemani minum teh atau kopi. Rasanya yang manis dan kacang tanah yang gurih, hmmm, kamu perlu nyobain deh.

6. Sagon

santapjogja.com
santapjogja.com

Sagon merupakan jajanan jadul yang terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, gula pasir dan sedikit garam. Cara masaknya adalah dengan dipanggang sampai warnanya jadi puth agak kecoklatan.

Sekarang keberadaan makanan manis dan gurih yang satu ini udah lumayan sulit dicari. Kalau kamu mau cobain biasanya sagon dijual di pasar tradisional atau kamu bisa langsung aja dateng ke pembuatnya. Tapi belum tau juga nih tempat pembuatan kue ini dimana.

2 thoughts on “Makanan Khas Jogja yang Manis dan Ngangenin

Leave a Comment