Kuliner Jogja yang Bikin Kamu Pengen Memakannya Lagi

Kuliner Jogja yang Bikin Kamu Pengen Memakannya Lagi

Wisata ke suatu tempat itu rasanya kurang afdol kalau belum nyicipin makanan yang terkenal di sana. Jadi nggak cuma berwisata untuk memanjakan mata aja, perut juga jangan lupa buat diisi.

Di Jogja ini banyak banget tempat makan enak yang jadi tujuan orang buat makan di sana. Saking terkenalnya kamu sampai harus antri biar bisa kebagian nyicipin rasa dari masakan di tempat tersebut. Ini nih tempat makan yang bisa kamu jadikan tujuan kalau lagi berkunjung ke Jogja.

1. Angkringan Lek Man

wisatajogja.biz
wisatajogja.biz

Angkringan Lek Man merupakan tempat makan yang dulu di kelola oleh Mbah Pairo. Nah, si Mbah ini merupakan penjual angkringan pertama yang ada di Jogja. Tapi sekarang angkringan Lek Man sudah dikelola oleh anak dari Mbah Pairo.

Kalau kamu mau cobain rasa masakan di sini, dateng aja ke Utara Stasiun Tugu, tepatnya di Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta. Kamu bisa mencicipi sego kucing dan juga minuman yang sangat terkenal, namanya kopi joss.

2. Gudeg Pawon

panduanwisatajogja.com
panduanwisatajogja.com

Kuliner Jogja yang paling terkenal adalah gudeg, hampir semua orang tau itu. Seolah gudeg merupakan kuliner wajib yang harus kamu cobain kalau berkunjung ke Jogja.

Gudeg sendiri merupakan makanan yang dibuat dari nangka muda yang dimasak sangat lama sampai warnanya menjadi coklat. Nah, di Jogja ini ada banyak yang menjual gudeg. Tapi ada satu yang istimewa, namanya gudeg pawon.

Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1958 dan melayani pelanggan setianya langsung pawon, kalau bahasa Indonesia-nya dapur. Kamu bisa melihat gimana gudeg dimasak di atas tunggu yang masih sederhana. Walaupun memasaknya menggunakan alat yang tradisional, tapi rasanya jangan dianggap remeh.

Kalau kamu pengen menikmati rasa dari gudeg pawon sabarlah, tunggu sampai malam tiba. Gudeg pawon buka dari jam 22.30 sampai habis. Sebaiknya kamu datang sebelum warungnya buka, biasanya udah pada antri tuh walaupun belum buka.

Catet ya alamatnya, Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta. Buruan siap-siap, takut ntar antri panjang dan nggak kebagian lho.

3. Sate Klathak Pak Pong

tourwisatajogja.com
tourwisatajogja.com

Untuk kamu penggemar sate kambing, cobain deh sate yang satu ini. Sate Klathak Pak Pong, menyediakan menu sate spesial yang beda dari sate di tempat lain.

Walaupun bumbu yang digunakan untuk memasak sate ini sangat sedeehana, yaitu garam, merica dan kecap. Tapi, tiga bumbu itu sudah cukup untuk membuat rasa satenya menjadi mantab.

Selain bumbu yang minimalis, untuk menusuknya pun menggunakan alat yang berbeda. Biasanya kan pakai tusuk sate dari bambu, kalau di sini yang dipakai adalah jeruji besi sepeda. Konon, jeruji ini digunakan karena akan membuat daging matang sampai rata.

Untuk menikmati Sate Klathak Pak Pong, pergi saja ke Jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kalau belm ketemu ntar tanya warga sekitar, udah pada tau kok Sate Klathak Pak Pong.

4. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

mylifemywaymystory.wordpress.com
mylifemywaymystory.wordpress.com

Oseng-oseng super pedas ditambah nasi yang masih panas, bikin mulut serasa terbakar. Apalagi rasa yang gurih berpadu dengan rempah yang pas serta tkstur yang kenyal, membuat kamu makin lahap tuh makannya.

Oseng-oseng mercon Bu Narti cocok banget buat kamu yang suka sama makanan pedas. Sekali suap, kamu nggak bisa berhenti makan sampai habis. Kalau pengen nyobain, datang aja ke Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

5. Saoto Bathok Mbah Katro

masfikr.com
masfikr.com

Kalau makanan yang satu ini letaknya agak jauh dari pusat Kota Jogja. Kamu bisa menikmati kesegaran Saoto Bathok di tengah sawah. Asik banget nih tempatnya, apa lagi buat kumpul bareng keluarga apa sama temen.

Lokasinya dekat dengan Candi Sambisari, jadi bisa sekalian berwisata ke candi. Kalau dateng ke sini mending waktu masih pagi deh, biar antrinya nggak panjang. Kalau dateng siang takutnya malah nggak kebagian.

6. Mangut Lele Mbah Marto

infojogjakarta.com
infojogjakarta.com

Salah satu kuliner legendaris yang ada di Jogja nih, Mangut Lele Mbah Marto. Kelezatan mangut lelenya bikin kamu pengen makan lagi deh. Apalagi kalau kamu penggila lele, waah, pas banget menu makan siang yang satu ini.

7. Bakmi Mbah Mo

priyadipsp.blogspot.com
priyadipsp.blogspot.com

Untuk kamu penggemar masakan berbahan mi, harus cobain sajian yang satu ini. Bakmi Mbah Mo ini udah terkenal banget, padahal tempatnya masuk ke dalam kampung lho.

Warung bakmi ini berdiri sekitar 30 tahun yang lalu, sampai sekarang sudah punya penggemar tersendiri. Kalau kamu mau menikmati mi Jawa ini, kamu harus rela bersabar karena mi dimasak satu per satu.

4 thoughts on “Kuliner Jogja yang Bikin Kamu Pengen Memakannya Lagi

Leave a Comment