Kota Gede, Kota Tua yang ada di Jogja

Kota Gede, Kota Tua yang ada di Jogja

Mungkin, kalau mau banyak-banyakan tempat wisata, Jogja bisa jadi Juaranya tuh. Mau cari wisata alam? Wah, di Jogja ada banyak tuh mulai dari gunung, air terjun, pantai sampai goa pun ada. Wisata budaya? Jangan tanya deh kalau itu, Jogja kan kota budaya.

Kalau wisata permainan? Di Jogja juga ada tuh, mau permainan kayak di kota besar atau yang main-main air ada pokoknya. Gimana wisata kota tua? Lha, itu mah di Jogja juga ada, nggak cuma di Jakarta aja.

Nah, kota tua yang ada di Jogja ada di Kotagede. Kalau di Jakarta kota tua-nya banyak bangunan bersejarah, Kotagede pun juga ada banyak bangunan-bangunan tua yang bersejarah. Apalagi dulu Jogja pernah menjadi pusat kerajaan Mataran Islam. Jadi nggak heran kalai di Jogja banyak ditemukan bangunan-bangunan tua yang sayang untuk kamu lewatkan.

Apa Asiknya Sih Kotagede?

Kalau ke Kotagede, kamu seakan masuk ke zaman dulu waktu Indonesia masih diduduki Belanda. Banyak bangunan tua bersejarah di Kotagede. Cocok banget nih buat kamu yang suka sama arsitektur bangunan-bangunan tua.

Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan keindahan bangunan yang ada di Kotagede ini. Biar pada tau juga, ternyata nggak cuma di Jakarta aja yang ada kota tua-nya, Jogja juga punya.

Tempat yang Bersejarah

Berbeda dengan kondisi kota lain, di Kotagede kamu akan menemukan suasana yang bersejarah. Kamu akan melihat banyak bangunan yang mungkin umurnya lebih tua daripada kamu.

Kamu serasa akan ditarik ke tahun 1700-an, feel-nya beda gitu. Makanya nggak heran kalau daerah ini disebut dengan Kota Tua. Menurut beberapa sumber, di  daerah Kotagede ada sekitar 170 bangunan kuno. Bangunan-bangunan tersebut dibangun antara tahun 1700 sampai 1930-an.

Pada zaman dahulu, Kotagede merupakan ibukota kerajaan Mataram Islam yang dipimpin oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo. Pada saat itu kerajaan Mataram Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat. Namun sangat disayangkan, kerajaan Mataram Islam kemudian mengalami konflik yang mengakibatkan perpecahan.

Nah, karena bekas pusat kerajaan Mataram Islam, di Kotagede jadi banyak terdapat situs-situs bersejarah tentang kerajaan tersebut. Kamu bisa mengunjungi reruntuhan tembok benteng, makam para pendiri kerajaan Mataram Islam, Masjid Agung Kotagede, Sendang Saliran dan Pasar Gede atau sering disebut juga Sargede.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Gambar di atas merupakan salah satu sudut dari Kotagede. Itu adalah pintu masuk kompleks makam Raja-raja yang ada di Kotagede.

Sendang Saliran

Diantara tempat-tempat yang ada di Kotagede, sepertinya tempat yang satu ini sayang banget kalau kamu lewatkan.

Tempat ini konon dibuat oleh Panembahan Senopati dan Ki Ageng Mataram. Sendang Saliran terbagi menjadi 2 bagian, satu tempat untuk pengunjung laki-laki dan satu tempat lagi untuk pengunjung perempuan. Dulu, didalam sendang tersebut dipelihara ikan lele dan kura-kura.

Kerajinan Perak

Selain tempat bersejarah, ada satu lagi daya tarik yang dimiliki Kotagede. Di Kotagede, banyak sekali pengrajin perak. Kamu bisa menemukan berbagai macam kerajinan yang bahan dasarnya perak.

 

Menuju Kotagede

Untuk mengunjungi Kotagede kamu nggak perlu kebingungan kok. Tempatnya cukup mudah ditemukan, jalannya pun nggak sulit dilalui.

Kalau kamu dari bandara Adisutjipto, kamu tinggal belok ke kiri ke arah selatan di pertigaan Janti. Kalau nggak tau Janti, itu lho pertigaan yang ada jembatan layangnya. Nah, setelah itu lurus sampai ketemu perempatan pertama, dari perempatan belok kanan dan ikuti jalan. Kamu akan melewati Jogja Expo Centre atau biasa dikenal JEC. Setelah ikuti jalan, kamu tinggal lurus ke arah selatan aja, sampai kamu memasuki wilayah Kotagede.

 

Leave a Comment