Kampung Batik Ngasem

Batik emang nggak ada matinya. Walaupun dulu sempat eyel-eyelan dengan Malaysia buat klaim batik. Tapi, fakta membuktikan kalau batik emang warisan budaya asli Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal dengan batiknya adalah Jogja. Berbagai macam motif batik lahir di daerah ini

Sejak tahun 2009, batik udah diakui oleh Unesco sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Berbudaya Lisan dan Nonbendawi. Teknik membatik sendiri ada beberapa cara antara lain batik tulis yang pengerjaannya dengan cara di tuliskan menggunakan alat yang disebut canting kemudian ada lagi batik cap, biasanya ini dipergunakan dalam pabrik atau untuk produksi masal. Sehingga memerlukan mal atau cetakan dan menghasilkan batik yang sama persis.

Sedangkan motif batik sendiri sangat beragam karena setiap motif mempunyai arti dan makna tersendiri, bahkan tiap daerah akan berbeda dan juga motif batik dapat membedakan status seseorang. Bahkan ada batik dengan motif tertentu hanya diperuntukkan oleh keluarga keraton saja.Jogja punya satu daerah yang menjadi sentra pembuatan batik. Namanya Kampung Batik Ngasem.

KEISTIMEWAAN

Kampung ini masih berada dalam jeron beteng keraton Jogjakarta. Jangan heran kalau kamu berkunjung ke kampung ini, kamu bakal lihat kampung ini dikelilingi oleh tembok.

Setiap sudut kampung bisa akamu temui gerai dan toko batik dengan berbagai macam corak dan motif. Sebagai saran, apabila kamu berniat belanja batik di kampung ini, kamu harus jeli melihat harga. Jangan lupa menawar agar mendapatkan harga yang lebih murah. Selain harga kain batik ditempat ini murah, penjualnya juga ramah-ramah. Nggak hanya baju atau kain batik yang dijual disini. ada beberapa toko menjual souvenir kualitas akspor bisa kamu temui di kampung ini.

Nggak cuma belanja aja yang bisa kamu lakuin di kampung ini Sob. Kamu juga bisa melihat proses pembuatan batik di kampung ini. Sejak abad ke-19 kampung ini sudah dikenal sebagai kampung batik. Kejayaan sebagai kampungbatik ini ditandai dengan adanya bangunan besar, mewah dengan arsitektur yang cantik.

LOKASI

Kampung Ngasem, Kota Jogjakarta.

AKSES

Menuju ke kampung ini kamu bisa mnggunakan bus TransJogja trayek 1 A. turun di alun-alun utara dan setelah itu kamu tinggal jalan meuju kampung batik ini.

HARGA TIKET

Masuk ke kampung ini kamu nggak ditarik biaya apapun Sob.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Selain bisa wisata belanja, kamu juga bisa ikut melihat proses pembuatan batik di kampung ini. Selain itu ada juga beberapa produsen yang memperbolehkan kamu nimbrung untuk ikut membuat batik.

Leave a Comment