Kalibiru, Melihat Keindahan Alam dari Pucuk Pohon

Kalibiru adalah wisata alam yang berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo, Yogyakarta dan terletak pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Sebelum seperti sekarang, dulu kawasan hutan di daerah Kalibiru merupakan daerah yang tandus dan gersang. Kemudian oleh masyarakat setempat, tempat yang tadinya tandus dan tidak menarik, dirombak menjadi hutan yang lebih asri, dan diberi nama Kalibiru.

Awal Mula

Hutan Wisata Kalibiru ini bukan hutan yang tau-tau ada lho, tapi dikembangkan oleh Komunitas Lingkar. Nah, komunitas inilah yang menggagas untuk mengatasi masalah di masyarakat dalam mengelola hutan. Khususnya hutan lindung yang berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Dalam waktu 5 tahun sejak memperoleh izin sementara untuk memanfaatkan hutan kemasyarakatan, jumlah dan tingkat pertumbuhan tanaman di kawasan hutan mengalami perkembangan pesat. Nggak cuma itu aja, bahkan sejumlah mata air pun mulai muncul di kawasan ini.

Melihat kondisi hutan yang lebih baik setelah dikelola masyarakat, kemudian pemerintah mengeluarkan izin pemanfaatan hutan kemasyarakatan selama 35 tahun , terhitung sejak 14 Februari 2008.

Keindahan Alam

Kalau kamu udah pernah lihat foto-foto Kalibiru, ya begitulah keindahan alamnya. Kamu bisa melihat pemandangan hutan dan Wasuk Sermo dari ketinggian.

Pemandangan alam yang asri berpadu dengan lingkungan masyarakat sekitar Hutan Wisata Kalibiru sangat menentamkan hati. Warga yang berada di kawasan Hutan Wisata Kalibiru juga ramah, santun serta masih menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan nilai-nilai gotong-royong. Jadi warganya masih rukun banget, nggak individualis kayak di kota-kota besar sekarang.

Selain melihat keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti belajar tentang kearifan lokal, mengadakan rapat atau pertemuan, menyusuri kawasan Hutan Wisata Kalibiru dan outbound. Kalau kamu suka tantangan dan adrenalin kamu terpacu, bisa coba bermain flying fox.

Lokasi Kalibiru

Hutan Wisata Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Menuju ke Kalibiru

Kalibiru terletak sekitar 40 km dari Kota Jogja atau kalau dari Kota Wates sekitar 10 km. Dari Kota Jogja, kira-kira kamu membutuhkan waktu sekitar 60 sampai 90 menit untuk mencapai obyek wisata ini.

Dari Kota Jogja kamu menuju ke Wates, ibukota Kabupaten Kulon Progo. Habis itu kamu susuri aja jalan menuju ke Waduk Sermo. Nah, di sekitaran Waduk Sermo kamu bakal nemuin papan nama menuju ke Kalibiru.

Apa Aja Fasilitasnya?

wisata-kulonprogo.blogspot.com
wisata-kulonprogo.blogspot.com

Kalau berkunjung ke objek wisata paling enak kalau fasilitasnya udah lengkap dong. Nah, di Kalibiru fasilitas yang ada sudah cukup lengkap. Di sana sudah ada penjual makanan, areal parkir, mushola dan kamar mandi umum.

Nggak cuma fasilitas yang biasanya ada di tempat wisata aja lho. Ada fasilitas lain pendukung lainnya yang bakalan bikin kamu betah di sini.

Kalau kamu pengen nginep di wilayah Hutan Wisata Kalibiru, ada pondok yang dapat menampung sekitar 10 sampai 15 orang per pondok. Selain itu ada juga ruang pertemuan yang berbentuk joglo kalau kamu ingin mengadakan rapat atau pertemuan biasa.

Buat kamu yang suka baca buku, di sini ada perpustakaan yang memiliki koleksi buku tentang pertanian dan kehutanan. Jadi kamu bakalan dimanjakan akan ilmu pengetahuan deh.

Nah, ini buat yang suka tantangan, pengelola Hutan Wisata Kalibiru meyediakan jalur tracking untuk kamu. Ada tiga rute yang bisa kamu pilih, jalur paling dekat panjangnya sekitar 2-4 km, jalur menengah 3-4 km, sedangkan jalur jauh 4-5 km.

Ada juga dua lintasan flying fox buat kamu yang mau uji nyali melewati ketinggian dengan seutas tali. Atau mungkin kamu mau mengabadikan kunjungan kamu ke Kalibiru? Kamu bisa naik ke atas sebuah pohon untuk berfoto dan menikmati keindahan alam Kalibiru.

One thought on “Kalibiru, Melihat Keindahan Alam dari Pucuk Pohon”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *