Jogja Juga Punya Jembatan Merah

Buat kamu yang merasa ‘dewasa’ pasti tahu lagu Jembatan Merah. Halah nggak perlu malu-malu gitu. Ngaku aja deh, situ angkatan jadul kan. Hehehe.

Seoarang musisi Indonesia, Gesang menciptakan sebuah lagu sebagai bentuk kenangan akan eksistensi Jembatan Merah di Surabaya. Jembatan ini akhirnya juga dijadikan monumen perjuangan arek-arek Surabaya dalam merebut kemerdekaan.

Weits..bukan Surabaya aja lho yang punya jembatan merah. Jogja juga punya Sob. Jembatan Merah di Jogja berada di atas aliran Sungai Pelang. Kalau di Jogja, Jembatan Merah dikenal dengan nama Jembatan Merah Gejayan. Jembatan ini menghubungkan Dusun atau Kampung Prayan Kulon di sisi timur dan Pelemkecut di sisi baratnya.

Jembatan Merah Gejayan ini ini sudah terlihat renta. Tapi, cat merahnya masih tetap menyala. Kesan ketuaan itu juga akan kelihatan demikian menonjol jika kita menilik sisi bawah dari jembatan itu. Bentangan lempengan logam sebagai penopang dan rentang buang daya tekan pada besi baja di sisi bawah jembatan itu kelihatan sudah rata dikeroyok karat. Demikian pula balok-balok kayunya. Wew..jangan-jangan udah mulai keropos nih Sob.

Demi, menjaga keamanan Jembatan Merah Gejayan ini dibuat pula portal di ujung sisi barat dan timur jembatan. Biar nggak ada kendaraan besar seperti truk, lewat jembatan ini Sob. Jembatan ini mempunyai panjang sekitar 18 m dan lebar sekitar 4 m.

Satu yang unik dari jembatan ini adalah, pipi di kanan kiri jembatan ini dibuat melengkung di bagian atasnya. Lempengan besi baja dipasang berderet tegak dan menyilang di bawah plat lengkung. Hal ini difungsikan  sebagai pengaman bagi pengguna jembatan sekaligus sebagai daya topang akan tekanan.

LOKASI

Kedua kampung yang terpisah oleh jembatan merah masuk dalam wilayah Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Jembatan merah, sungguh gagah berpagar gedung indah …
Sepanjang hari yang melintasi silih berganti

Mengenang susah hati patah ingat jaman berpisah
Kekasih pergi sehingga kini belum kembali

Biar jembatan merah andainya patah aku pun bersumpah …
Akan kunanti dia di sini bertemu lagi ………………

 

Leave a Comment