Gereja Santa Maria Lourdes Promasan

Lahirnya Paroki Promasan merupakan kelanjutan dan perkembangan dari Pastoran dan Paroki Santa Theresia Lieseux Boro pada tahun 1930, serta peristiwa pembaptisan 173 orang di Sendangsono tanggal14 Desember 1904.

Pada tanggal 20 Mei 1904, bertepatan dengan hari Raya Pentakosta, empat orang dari sekitar Kalibawang dibaptis oleh Romo F. Van Lith, SJ di Muntilan. Keempat orang tersebut lalu memperkenalkan ajaran iman kristiani. Salah satu dari keempat orang baptisan pertama tersebut adalah Bapak Barnabas Sarikromo. Beliau berkeliling di sekitar Promasan, Tuksongo, Semagung, Kajoran, Kalisentul dan Kerug.

Tanggal 1 Januari 1959, Promasan ditetapkan sebagai paroki. Sejak saat itu pula, semua administrasi diurus dan dicacat oleh Paroki Promasan. Tahun 1971-1973, sebagian wilayah Paroki Promasan yaitu Kerugmunggang dan Kenalan bergabung dengan Paroki Mertoyudan karena ada kekosongan pastor di Borobudur. Tahun 1973, Kerugmunggang dan Kenalan dikembalikan lagi ke Paroki Promasan. Keputusan ini tertuang dalam Garis Kebijakan KAS mengenai Paroki Borobudur No: 1063/B/I/s/73. Pada waktu itu Paroki Promasan dibagi menjadi 25 kring dengan 8 wilayah.

KEISTIMEWAAN

Gereja Santa Maria Lourdes Promasan merupakan rute pertama sebelum melakukan prosesi ziarah jalan salib. Tapi meskipun begitu kebanyakan orang setelah sampai di lokasi langsung menuju Gua Maria Sendangsono.

Meskipun Gereja ini merupakan Gereja di pedesaan namun, bangunannya sangat megah untuk ukuran desa. Ruangannya yang lumayan besar pun dilengkapi bangku dari kayu. Desain bangunannya sangat antik dilengkapi menara tinggi yang menawan.

LOKASI

Gereja Santa Maria Lourdes Promasan terletak di Kawasan Ziarah Gua Maria Sendangsono di Dusun Semagung, Desa Banjaroya, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Jogjakarta.

AKSES

Kamu bisa menggunakan angkutan umum jurusan Jogja-Kalibawang. Angkutan ini berhenti di jalan depan kelurahan Banjaroya. Gereja Santa Maria Lourdes nggak jauh dari Gua Maria Sendangsono.

HARGA TIKET

Free.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Di Gereja Promasan, terdapat fasilitas seperti tempat berdoa, kantor sekretariat paroki, dan kamar mandi. Selain itu juga ada showroom kecil yang menyediakan berbagai macam kebutuhan rohani seperti buku pujian, rosario, kaos dan lain-lain. Di lokasi ini juga terdapat pondok transit yang diperuntukkan bagi peziarah yang ingin beristirahat sesaat.

Leave a Comment