Candi Prambanan, Bukti Cinta yang Abadi

Candi Prambanan, Bukti Cinta yang Abadi

Pernah dengar kisah tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso kan? Itu lho kisah yang menceritakan permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso untuk membuatkan seribu candi sebagai syarat kalau Bandung Bondowoso ingin mempersuntingnya.

Legenda Tentang Candi Prambanan

Nah, ternyata kisah itu menceritakan tentang sebuah candi yang ada di Jogja lho, namanya Candi Prambanan. Candi ini disebut juga Candi Roro Jonggrang karena ada sebuah legenda yang ada di masyarakat Jawa. Legenda tentang sorang pangeran bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada putri raja. Sang putri yang cantik jelita ini bernama Roro Jonggrang.

Sang putri tak kuasa untuk menolak cinta dari sang pangeran, akhirnya Roro Jonggrang mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso. Syaratnya adalah 1000 candi yang harus selesai dalam waktu semalam.

Bandung Bondowoso menyetujui syarat itu, permintaan itu pun hampir terpenuhi. Sebelum akhirnya Roro Jonggrang berhasil meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi dan membuat api yang besar agar terkesan suasana sudah pagi hari.

Merasa dicurangi, Bandung Bondowoso yang baru menyelesaikan 999 arca kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke 1000.

Mengetahui Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindhu yang ada di Jogja. Kompleks Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu.

Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Sendratari Ramayana

gesitastory.blogspot.com
gesitastory.blogspot.com

Kalau kamu mengunjungi Candi Prambanan, sayang banget melewatkan pertunjukan Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana adalah seni pertunjukan yang menyatukan ragam kesenian Jawa seperti tari, drama, dan musik. Dipentaskan dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana, epos legendaris karya Walmiki yang ditulis dalam bahasa Sanskerta.

Kisah Ramayana yang dibawakan dalam pertunjukan ini merupakan terjemahan dari relief yang terpahat di Candi Prambanan. Cerita Ramayana yang terpahat di candi ini mirip dengan cerita yang berkembang dalam tradisi lisan di India. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan dirangkum dalam empat lakon atau babak. Mulai dari penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana dan pertemuan kembali Rama dan Sinta.

Pementasan Sendratari Ramayana ini sudah berjalan sejak tahun 1960-an. Selalu dilaksanakan setiap bulan saat malam purnama.

Letak Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak secara administratif terbagi menjadi dua bagian, yaitu antara kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah.

Pergi ke Candi Prambanan

Kalau kamu mau pergi ke Candi Prambanan menggunakan kendaraan umum, paling gampang naik TranJogja. Tinggal cari shelter terdekat, terus tanya deh naik jalur berapa kalau mau pergi ke Prambanan. Kalau udah mau sampek shelter di dekat Prambanan, biasanya akan diberitau kok, jadi kamu nggak perlu khawatir.

Tapi, kalau mau menggunakan kendaraan pribadi, kamu tinggal menuju ke Jalan Raya Jogja-Solo. Terus langsung aja ikuti jalan ke arah Solo sampai kamu melihat di kiri jalan ada sebuah komplek candi.

 

Selain Lihat Candi Ada Apa Aja?

Selain jalan-jalan melihat candi, kamu juga bisa melihat-lihat cinderamata khas dari Candi Prambanan yang dijajakan di pasar sekitar candi. Ada juga taman yang bisa digunakan untuk tempat bermain bersama dengan anak-anak.

Selain itu, ada juga paket kunjungan. Jadi kamu bisa mengunjungi dua candi sekligus, yaitu Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.

Leave a Comment