Bawa Oleh-oleh Khas Jogja, Biar Kamu Kelihatan Habis Piknik

Bawa Oleh-oleh Khas Jogja, Biar Kamu Kelihatan Habis Piknik

Pulang piknik enaknya ngasih oleh-oleh ke kerabat, tetangga atau teman dekat. Nah, kalau kamu piknik ke Jogja, paling enak bawain aja tuh makanan khas yang ada di sana. Bawa oleh-oleh biar kelihatan kalau kamu habis piknik beneran.

Tapi apa ya oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang ke rumah? Ada yang tau nggak nih? Kalau belum tau, langsung aja tengok beberapa oleh-oleh makanan khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang.

1. Gudeg

Gudeg, makanan khas asli Jogja yang terbuat dari nangka muda yang masih mentah. Gudeg ini udah melekat banget sama Jogja, seperti kamu dan aku, udah nggak bisa dilepasin.

Kalau kamu mau bawa pulang gudeg untuk oleh-oleh ada yang perlu diperhatikan nih. Gudeg kan sebenernya ada dua jenis tuh, gudeg basah dan gudeg kering. Nah, yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah gudeg kering.

Sebenernya nggak ada perbedaan yang mencolok antara gudeg basah dan gudeg kering. Cuma proses memasaknya aja yang agak lebih lama untuk gudeg kering. Sama rasanya lebih sedikit manis gudeg kering daripada gudeg basah.

Gudeg kering bisa bertahan sampai tiga hari lho, jadi bisa lah kalau kamu mau bawa pulang untuk oleh-oleh. Tapi setelah sampai rumah, lebih baik disimpan dalam lemari es biar tambah awet.

2. Bakpia

kateringkuliner.blogspot.com
kateringkuliner.blogspot.com

Siapa sih yang nggak kenal bakpia? Hampir semua orang tau sama makanan yang satu ini. Bahkan, kalau pada piknik ke Jogja bawa oleh-olehnya ya bakpia. Kadang ada juga tuh penjual bakpia yang menjajakan dagangannya ke dalam bus-bus pariwisata.

Sebenernya bakpia ini bukan makanan asli Jogja lho. Dari namanya aja udah kelihatan kalau makanan ini berasal dari Tionghoa. Zaman dahulu, bakpia isinya daging babi, bukan seperti yang sekarang ini. Tapi, semenjak Islam menyebar di pulau Jawa, isi bakpia kemudian diganti dengan kacang hijau.

Kacang hijau yang dijadikan isi pun bukan yang utuh ya. Tapi sudah diolah sehingga menjadi isian yang lembut dan rasanya manis.

Saat ini, bakpia sudah banyak variannya, nggak cuma kacang hijau aja. Sekarang ada juga yang rasa keju, coklat, durian dan kumbu hitam serta rasa lainnya.

Nah, untuk mendapatkan bakpia, kamu nggak usah bingung. Gampang banget kok buat dapetin makanan yang satu ini. Di sekitaran Malioboro ada, di toko oleh-oleh yang ada di Jogja juga banyak. Atau kalau mau, kamu bisa tuh dateng ke sentra bakpia yang ada di Minomartani, Depok, Sleman, Yogyakarta.

3. Yangko

nirvana.co.id
nirvana.co.id

Kamu tau kue mochi kan? Itu oleh-oleh khas dari Bandung, yang teksturnya kenyal terus ada isi di dalamnya. Nah, yangko ini mirip sama mochi. Jajanan yang terbuat dari tepung ketan bertekstur kenyal.

Kalau mirip tentu ada perbedaannya dong, beda yangko dan moci ini adalah soal rasa dan apa yang ada di dalamnya. Moci terdapat isi kacang cincang yang manis, kalau yangko nggak ada isinya. Mochi bentuknya culat seperti bola, kalau yangko berbentuk kotak. Mochi hanya berwarna putih saja, sedangkan yangko ada bermacam warna.

Soal rasa nggak perlu ditanya deh, udah pasti enak. Kalau nggak percaya dateng aja ke Jogja, terus cari yang namanya yangko itu kayak apa.

4. Geplak

telusurindonesia.com
telusurindonesia.com

Selain orang Jogja yang manis-manis, makanan di sini juga kebanyakan rasanya manis. Salah satunya geplak ini, terbuat dari kelapa parut yang dimasak bersama dengan gula.

Geplak biasanya berbentuk bulat dan memiliki warna yang bermacam-macam. Walaupun sebenernya beda warna rasanya tetep sama aja sih. Tapi, sekarang sudah ada juga variasi rasa dari geplak, yang pasti apapun variasi rasanya, geplak tetaplah manis.

5. Salak Pondoh

anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Oleh-oleh yang satu ini berbeda dengan yang sebelumnya. Kalau yang sebelumnya kan makanan olahan semua tuh, yang ini masih alami. Buah-buahan yang menjadi komoditas salah satu kabupaten di kota Jogja.

Buah salak memang salah satu buah-buahan yang tumbuh subur di Jogja. Tepatnya di Kabupaten Sleman, deket merapi sana. Nah, salah sati jenis salak yang sangat bagus hasilnya adalah salak pondoh. Dagingnya berwarna putih dan rasanya manis, nggak cukup deh kalau cuma makan satu.

Kalau kamu tertarik membawa salak pondoh sebagai buah tangan, dateng aja ke Kabupaten Sleman. Dari kota Jogja langsung menuju ke Merapi. Di sana banyak agrowisata yang menawarkan tempat bermain dan berburu salak tentunya.

1 thought on “Bawa Oleh-oleh Khas Jogja, Biar Kamu Kelihatan Habis Piknik

Leave a Comment