Batik Tancep Gunungkidul

Gunungkidul emang nggak bisa diremehin. Kalau dulu banyak yang bilang Gunungkidul itu ndeso, kurang air dan nggak gaul. Semua itu salah besar. Gunungkidul nggak lagi daerah yang kekurangan. Buktinya banyak ditemukan wisata-wisata air disana.

Selain itu, di Gunungkidul juga ada berbagai kreatifitas yang nggak kalah dari yang lain. Salah satunya kreatifitas batik dari salah satu desa di Gunungkidul ini. Namanya Batik Tancep. Dinamai begitu karena berasal dari daerah Tancep.

 KEUNIKAN

Batik ini asli dari Dusun Sumberan, Tancep, Ngawen, Gunung Kidul. Meskipun belum terkenal seperti batik Pekalongan, tapi kini batik  Tancep semakin diminati pasar. Bahkan sudah menembus pasar nasional dan internasional.
Batik Tancep merupakan batik asli kreasi perajin batik Gunung Kidul. Motif batik ini sudah menembus pasar Eropa dan Singapura.Keren ya Sob. Batik ini pun menjadi pakaian wajib bagi pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah hingga sekolah.
Permintaan pasar dalam negeri dan internasional tiap bulan mencapai 100 juta. Ini belum termasuk libur nasional yang selalu meningkat 10 hingga 30 persen. Bahkan omzet batik antara Agustus hingga Desember ini mengalami peningkatan signifikan. Yakni mencapai 150 juta per bulan. Hal ini karena permintaan luar negeri. Khususnya permintaan dari Eropa terus meningkat. Terutama batik dengan pewarnaan alam.

Batik Tulis Tancep memiliki beberapa keunikan. Seperti warna batik yang berasal dari bahan alami seperti akasia, akar jalwe, dan daun mahoni. Batik ini nggak cuma cocok untuk dijadikan baju atau kebaya. Tapi juga bisa dijadikan taplak meja, sarung bantal, bahkan gorden.

Motif yang beragam juga menjadi keunggulan Batik Tulis Tancep. Beberapa motif bati Tancep diantaranya sekar jagad, gajah birowo, galaran perahu, sekar kanthil dan babon angrem. Banyak juga ya pilihan motifnya.

LOKASI

Dusun Sumberan, Tancep, Ngawen, Gunung Kidul.

 

Leave a Comment