Bakso Buah Mak Nyak, Manis, Asem, Asin Rame Rasanya

Salah satu kuliner Indonesia yang nggak ada duanya di Negara lain adalah Bakso. Coba aja cari bakso di Amerika, atau Australia, pasti kamu nggak bakalan nemu. Apalagi jenis bakso-bakso yang unik bin ajaib seperti bakso urat, bakso bakar, dan lain sebaginya. Dijamin kamu hanya bisa nemuin kuliner yang satu ini di Indonesia.

Ngobrolin bakso, jadi laper nih. Apalagi yang diobrolin adalah Bakso Mak Nyak. Bikin laper sekaligus penasaran. Pasti diantara kamu ada yang bingung. Bakso kok bakso buah, kalau bakso sapi campurannya daging sapi. Lha ini masak iya bakso dengan campuran irisan buah. Jadi es buah donk.

Udah, dari pada kamu mikir yang nggak-nggak. Mending kamu langsung datang ke kedai Bakso Buah Mbak Nyak aja.

KEISTIMEWAAN

Dilihat dari namanya bisa ditebak kuliner ini beda dari yang lain. Bukan bakso biasa. Bukan juga olahan buah biasa. Rasnya juga nggak cuma gurih tapi juga ada asem dan manis dari buah yang ikut dicampurkan di bakso. Nah, tambah laper kan. Tambah penasaran juga kan.

Bakso ini merupakan jenis bakso inovasi baru. Kalau biasanya bakso cuma diisi dnegan potongan daging, bakso yang satu ini berisikan potongan buah. Jadi ada sensasi lain dalam setiap gigitan baksonya.

Irisan buah untuk isi bakso juga beragam. Ada yang starbery, apel, nanas, dan buah pear. Bakso yang berukuran besar, biasanya berisikan satu buah strawberry utuh. Sedangkan bakso yang berukuran kecil berisikan irisan buah dengan ukuran yang lebih kecil.

Asyiknya, kamu nggak bakal bisa nebak, kira-kira irisan buah apa yang ada di dalam bakso. Kejutannya ada di bagian ini Sob. Kalau yang di dalem bakso irisan pear, rasa baksonya jadi manis. Tapi kalau strawberry, jangan kaget ya. Rasa asem yang mengejutkan bakal memenuhi mulutmu. Hem..bikin mupeng kan.

LOKASI

Kedai bakso Mak Nyak bisa kamu temuin di Jl. Timoho depan gedung Ganesha APMD. Tempanta ada dipinggir jalan kok Sob. Jadinya gampang dicari.

HARGA

Semangkuk Bakso Mak Nyak cuma dibandrol 7000 rupiah doank. Harga yang seimbang untuk menikmati sebuah kuliner unik dan menarik bukan.

Jogja Ice Cream, Kreativitas Anak Bangsa

Kamu pasti doyan banget makan es krim kan? Ngaku aja deh. Seminggu bisa berapa kali kamu makan es krim? Rasa apa aja? Dan pertanyaan terakhir, es krim buatan siapa yang kamu nikmatin?

Buat kamu yang ada di Jogja, udah waktunya kamu ikut mencintai produk dalam negeri. Termasuk juga es krim. Di Jogja ada satu tempat tongkrongan asyik yang menjual aneka rasa es krim. Namanya Jogja Ice Cream atau dalam logat yang lain disebut Yogya Ice Cream. Uniknya, café ini bukan milik pengusaha Sob. Tapi milik mahasiswa berprestasi yang mendapatkan penghargaan di bidang wirausaha dnegan diberikan tambahan modal oleh instansi tertentu. Tambah penasaran kan?

KEISTIMEWAAN

Jogja Ice Cream ini merupakan hasil kretivitas dari dua mahasiswa UGM. Mereka adalah Mirza Akbar dan Arum Dewi Suci, mahasiswa jurusan Ilmu dan Industri Peternakan UGM. Keduanya sukses menyabet penghargaan berkat menjalankan bisnis es krim berlabel “Yogya Ice Cream” yang didistribusikan dengan model kemitraan. Mereka berhak atas uang pembinaan sebesar Rp. 20 juta dan pelatihan yang diberikan selama 2 tahun. Ajang penghargaan Shell Live WIRE ini merupakan wujud apresiasi pada para wirausaha muda yang berhasil menciptakan peluang usaha baru. Waaah..keren ya, masih muda udah pinter wirausaha. Usahanya bersaing pula dengan lain serupa.

Es krim yang dibuat memiliki kualitas premium terbuat dari 100% susu sapi segar murni dan dipasarkan dengan harga murah. Per cup ukuran 90 ml dijual seharga Rp. 1.500. Saat ini Yogya Ice Cream telah menggandeng rumah makan Jogja Chicken, Waroeng Steak, dan Festival Kuliner.

Selain menggandeng beberapa mitra, mereka juga membuat sebuah café. Café ini khusus menjual es krim dengan berbagai rasa dan toping. Ada strawberry, isang, durian, dan tentu saja ada yang rasa spesial dengan topping yang spesial.

Nggak uma es krim yang dijual ditempat ini. Tapi ada juga makanan berat seperti Bakso dan sio mae. Harga yang dibandrol juga nggak mahal kok Sob. Tempat nongkrong yang pas di kantong deh pokoknya.

LOKASI

Café Jogja es krim bisa kamu temui di Jl. Kaliurang di samping KOPMA UGM.

HARGA

Harga es krim di Jogja es krim berkisar antara 5000 rupiah sampai 8000 rupiah. Tergantung es krim apa yang kamu pesan. Kalau kamu pesennya es krim spesial, kamu cuma diminta membayar 8000 rupiah. Harga yang murah untuk menikmati es krim spesial ala anak bangsa.

Si Bulat Kuki

Bunder-bunder bolong tengahe

Namanya kue donat

Ingat lagu itu Sob. Lagu jaman juadul banget. Kalau kamu lahir sekitar tahun 1989 atau lebih awal dariitu pasti tahu. tapi kalau kamu masih generasi muda sekali pasti kamu bingung, pada ngomong apaan sih. Jadi dulu Joshua, pernah menyanyikan lagu judulnya donat. Dulu banget pas dia masih imut.

Ngobrolin donat, ada yang tahu nggak kenapa donat itu tengahnya berlubang? Kenapa juga bentuknya bunder alias bulet. Nyerah? Yah, masak dikasih tebakan gampang gitu kagak tahu sih. Jawabannya, ya suka-suka yang buat noh. Lha wong yang bikin donat suka bentuk kayak gitu. Mau bikin donat kotak juga boleh. Hehee..

Kalau kamu penggemar donat, ada satu toko kue yang kudu kamu sambangin nih Sob. Namanya Kuki Bakery.  Nah, Kuki bakery ini punya menu andalan yang pasti kamu suka, Donat Kuki.

KEISTIMEWAAN

Donat kuki ini punya banyak varian, ada donat oreo, donat abon, donat filling blueberry, stroberi dan lain sebagainya. Bahan baku yang dipake buat bikin donat ini mungkin nggak jauh beda, dengan donat-donat lain. Tapi, masalah kualitas bahan,jangan ditanya. Takarannya juga pas. Jadi jangan heran kalau rasa donat disini beda banget dengan donat di tempat lain. Please ganti tampang, udah tampang mupeng tuh.

Di Kuki nggak cuma ada donat Sob, ada berbagai macam varian kue yang rasanya juga pasti nggak kalah dengan donat kuki. Sekali gigit, sensasi empuk lembutnya lansung krasa. Apalagi ditambah rasa topping yang menngugah selera.

LOKASI

Penasaran? Pengin buktiin sendiri? Langsung aja tancap gas ke Jl. Kaliurang km 4,9 Jogjakarta.

HARGA

Cukup dengan ngeluarin doku mulai dari 2500 perak, kamu bisa nimatin donat lembut dan empuk ala Kuki.

Selamat menikmati donat spesialmu.

 

Warsu Mbak Bro, Manisnya Hidup Semanis Susu Murni

Semua orang pasti suka minum susu. Ngaku aja deh, kalau mau tidur kamu masih suka ngedot pake dot kan? Nggak usah malu deh. Nah tuh muka merah kayak tomat, berarti beneran. Hahaha. Nggak perlu malu kali Sob. Minum susu itu sehat kok. Makanya kita mengenal 4 sehat 5 sempurna. Kalau baru 4 berarti baru sehat, kalau udah 5 berarti sempurna.

Akhir-akhir ini di Jogja mulai banyak warung atau resto yang menyajikan susu murni sebagai menu andalannya. Mulai dari warung tenda hingga resto ngetop ternama. Salah stau warung susu (warsu) yang cukup dikenal oleh masyarakat Jogja terutama mahasiswa Jogja adalah Warsu Mbak Bro.Penasaran kenapa banyak yang suka nongkrong di warung ini? Lanjut donk bacanya.

KEISTIMEWAAN

Salah satu kelebihannya, warung ini buka 24 jam. Pas banget buat kamu yang hobi begadang. Sebenarnya menu yang ada disini nggak cuma susu aja Sob. Ada coffe, roti bakar, pisang bakar, dan lain-lain.

Tapi selama ini yang banyak dikenal oleh pengunjung yang datang ketempat ini adalah susu murninya. Ada banyak varian rasa susu yang bisa kamu cobain. Ada susu original, susu kopi, susu sirup, susu coklat, susu jahe, susu madu, susu telor, STMJ, dan lain-lain. Terserah kamu deh, kamu maunya rasa  apa.

Karena dari sekian menu itu cuma susu murninya yang banyak diserbu pengunjung, menu yang satu ini dapat julukan susu Mbak Bro. susu murni yang diolah disini didatengin langsung dari peternakan sapi. Jadi bagi kamu-kamu yang penciumannya tajam, jangan heran kalau masih tercium bau-bau susu murni saat kamu nikmatin segelas susu disini.

LOKASI

Jl. Nogorojo 19.A Gowok, Jogjakarta.

HARGA

Soal harga warung ini nggak memasang harga yang mahal, kisaran  3000 sampai 8000.

Kupat Sayur Mbah Mardi

Waktunya liburan ke Jogja, waktunya makaaannn. Bingung ya? Gimana nggak, lha di Jogja ada banyak banget kuliner yang bisa diicipin. Mulai dari kuliner tradisional khas Jogja hinggak kuliner pendatang dari luar Jogja yang ikut meramaikan dunia kuliner Jogja.

Kamu tinggal pilih, mau gudeg si manis gurih, kipo si manis legit, oseng-oseng mercon si sangar, atau bakpia yang usianya udah tua banget. Bosen dengan makanan tradisional? Di Jogja ada warung steak, kamikoti tempat asyik buat nongkrong, ada juga es Oyen, pendatang baru dari Bandung. Kurang apa lagi coba.

Jangan kaget kalau begitu kamu pulang  dari Jogja, kamu bukannya tambah imut tapi tambah endut. Soalnya semua makanan di Jogja enak banget dan recommended buat dicobain. Menggoda selera pula. Salah satu kuliner Jogja yang recommended buat kamu cobain saat kamu jalan-jalan ke Jogja adalah Sate Sapi Kupat Sayur Mbah Mardi. Dari namanya aja udah kebayang, kalau ini kuliner tradisional Jogja.

KEISTIMEWAAN

Begitu kamu masuk ke warung ini, cupid hidungmu pasti langsung beraksi. Soalnya, bau satenya sedap banget Sob. Apalagi kalau udah ditambah dengan irisan kupat lalu disiram kuah. Hem…nggak nyampe setengah jam, pasti piringmu udah licin.

Tapi, kalau kamu pengin icip kuliner satu ini, kamu musti sabar. Biasa Sob, makanan enak banyak yang suka. Jadinya banyak yang ngantri buat nyobain kuliner ini. Seporsi sate kere Mbah Mardi (begitu masyarakat menyebutnya), disuguhkan dengan 5 tusuk potongan daging sapi dan kupat sayur dengan potongan tempe yang kuahnya cukup pedas.

Sekilas emang mirip sate biasa, ternyata sate disini dibuat dari daging yang banyak mengandung lemak. Makanya jangan heran kalau aromanya mak nyus kemana-mana. Warung Mbah Mardi ini termasuk salah satu kuliner yang terkenal di daerah Godean,

LOKASI

Jl. Godean km 8, Sleman, Jogjakarta.

HARGA

Harganya bersahabat banget Sob. Apalagi buat kamu yang lagi Bacpakeran, lumayan buat ngirit. Seporsi sate sapi dan kupat sayur Cuma dibandrol 5000 rupiah. Cuma modal goceng, perut kenyang, lidah juga bergoyang.

 

Penasaran? Makanya, cuzz langsung ke lokasi.

Soto Kemasan, Wangi Kemanginya Bikin Laper

Kuliner Indonesia emang nggak ada matinya. Mulai dari sabang samapi merauke, semuanya punya makanan khas masing-masing. meskipun kadang namanya sama, tapi cara memasak dan cara penyajiannya berbeda.

Seperti soto. Kamu pasti  udah pernah makan soto kan? Tapi soto mana dulu? Soto kudus? Soto Madura? Soto Blora? Nah, bingung kan? Soalnya emang jenisnya banyak banget. Semuanya juga menawarkan sensasi rasa yang berbeda-beda.

Satu lagi jenis soto yang ikut meramaikan dunia “persotoan”, namanya Soto Kemasan. Dari namanya pasti kamu nggak bisa membayangkan, kayak gimana sih soto yang satu ini. apakah dikemas-kemas dalam plastik khusus, atau warnanya yang keemasan? Dari pada nebak-nebak, langsung aja baca ulasannya berikut ini.

KEISTIMEWAAN

Rasa soto yang satu ini emang unik Sob. Cara pembuatannya juga beda dari pembuatan soto yang lain. Begitu kamu masuk ke warung soto ini, kamu bakal ditanyain sama penjualnya, “Mau pedas apa nggak mbak, mas?”. Kenapa langsung ditanyain, soalnya proses pertama pembuatanya, si mbak penjual bakalan ngulek beberapa cabe di mangkok yang dipakai buat tempat soto. Hal ini tentu saja kalau kamu pesen soto yang pedas Sob. Inilah bedanya, kalau soto yang biasanya kan ditambahkan sambalnya setelah sotonya jadi dan siap disantap.

Sekilas emang penampilannya sama dengan soto yang lain, isinya kubis, dan tauge. Dimeja juga disediain telur asin, kripik tempe, dan daun kemangi yang jumlahnya banyak buat temen menikmati soto. Setelah ditelusuri, ternyata yang bikin unik tuh daun kemanginya Sob. Aroma kemangi yang dicampurkan ke dalam soto, bakal bikin aroma soto tambah menggugah selera.

Selain itu, tanpa menambah sambal pun soto ini sudah krasa pedasnya. Tapi, kalau kamu termasuk pecinta kuliner pedas, kamu bisa menambahkan sambal biar pedasnya tambah nampol.

Keunikan lain dari soto ini adalah, nggak bakal ada potongan daging dalam kuah soto. Jangan kecewa ya guys, karena potongan dagingnya udah diganti dengan tahu bacem.

Awalnya warung soto ini berlokasi di daerah dusun Kemasan, soalnya banyak warga kemasan yang berprofesi sebagai pengrajin emas. Jadinya, pemilik warung soto memberi nama warung sotonya, warung Soto Khas kemasan.

Tapi lama,-lama warung soto ini pindah ke Jl Ring Road Selatan – Singosaren BTP. Nama soto Kemasan ini juga nggak diubah karena udah banyak masyarakat yang mengenal dengan nama itu. Rasa yang unik dan harga yang nggak bikin kantong jebol, membuat warung soto ini nggak pernah sepi dari pembeli yang mengantri menunggu pesanan. Apalagi di musim penghujan, warung ini pasti penuh dnegan pembeli.

LOKASI

Soto kemasan ini membuka lapak di Jl. Ring Road Selatan – Singosaren BTP.

HARGA

Harganya bersahabat banget dengankantong mahasiswa yang lagi cekak Sob. Buat nikmatin semangkuk soto kemasan ini, kamu cukup ngeluarin doku 4000 perak.

 

Soto Sampah, Rasanya Nggak Seaneh Namanya

Duh..yang punya warung salah kasih nama kali ya. Masa makanan dikasih nama sampah. Siapa yang mau beli coba. Jangankan beli, baru denger namanya aja udah pencet idung. Sampah kan bau, jorok, dan tentu saja sangat nggak baik bagi kesehatan. Lha kok bisa-bisanya ada nama makanan yang namanya soto sampah.

Jangan mikir yang enggak-enggak dulu Sob. Namanya emang aneh gitu. Tapi, masalah rasa, dia nggak kalah dibandingin dengan soto yang lain.  Dikasih nama soto sampah, karena makanan soto yang satu ini cara penyajiannya sengaja dibuat acak-acakan, nggak beraturan.

Jadi penasaran kan?

KEISTIMEWAAN

Jangan ilfeel dulu begitu dengar namanya ya Sob. Namanya emang unik bin ajaib gitu. Tapi kalau soal rasa. Kamu kudu teriak WAOW untuk soto yang satu ini. Disebut soto sampah karena soto ini dibuat dari gajih satau lemak sapi. Selain itu, penampilannya juga acak-acakan alias amburadul, kayak sisa makanan.

Kol, taouge, dan bihun disajikan dengan penataan yang acak-acakan di atas piring, lalu disiram kuah soto. Mungkin bagi kamu nggak ada yang spesial. Selain karena tempatnya yang sederhana banget, kadang kamu juga hanya bisa nemui lauk berupa gorengan buat nemenin kamu menyantap soto.

Tapi, buat kamu yang hobi kelaperan di malam hari. Soto yang satu ini bisa dijadiin satu alternatif buat memadamkan kelaparan kamu. Soalnya waung soto ini buka 24 nonstop. Jadi setelah ini kamu nggak perlu bingung menggalau kalau laper akut di malam hari. Oke?

LOKASI

Buat nyari warung soto ini kamunggak perlu pakai GPS. SOalnya gampang banget nyarinya Sob. Warung soto ini ada di Jl. Kranggan tepatnya di dekat SPBU Kranggan. Masih nggak ngeh juga? Dari Tugu Jogja kamu belok ke utara sekitar 100 meter sampai ketemu SPBU. Warung soto ini ada di seberang SPBU ini.

HARGA

Masalah harga, tenang aja So. Kamu yang uangnya tinggal lembar-lembar terakhir gara-gara belum dapat suntikan dana segar dari ortu, tetep bisa nyobain soto unik ini. Satu porsi soto sampah, cuma dibandrol Rp 4.000,00. Tapi, ini belum termasuk minum dan makanan tambahan ya.