Aneka Olahan Codot, Luwak dan Tokek

Sob, adakah diantara kamu yang suka makanan ekstrim? Kalau ada, berarti pas banget nih. Kali ini kita mau melihat-lihat sebuah warung makan dengan menu yang agak menggugah perut, alias mual bagi yang nggak terbiasa.

Warung stau ini menyediakan aneka olahan hewan-hewan ekstrim. Seperti tokek, luwak, dan codot. Nah, baru bayangin aja sudah agak gimana gitu kan.

KEUNIKAN

Di pelataran selatan Pakualaman, di sisi pohon beringin besar kamu akan mudah menemukan codot, luwak, tokek, bajing dan emprit. Namun semuanya terhidang di piring dan siap disantap. Menu yang tergolong jarang ini disediakan salah satu stand warung milik Pak Subiyanto (53 tahun) dan Bu Isni (47 tahun). Terletak di pojok selatan. Nggak sulit mencari warung ini. Soalnya nama-nama hewan ini ditulis di banner dengan huruf besar-besar. Sangat mencolok.

Menu disini bisa diolah dengan digoreng, dibakar atau dirica-rica, tergantung selera. Codot goreng disini digoreng kering, dihidangkan sebanyak dua ekor. Tanpa sayap. Bersama sedikit lalap dan sambal. Dikunyah kemripik, rasanya gurih agak asin.

Sedangkan menu tokeknya dihidangkan tanpa kepala dan ekor. Rasanya juga gurih.Kalau luwak dihidangkan diambil dari bagian paha, dada dan pinggang. Nggak terasa amis, rasa dagingnya sedikit menyengat, bercampur rica-rica ala Jawa yang manis dan sedikit pedas.

Para pembeli di warung ini biasanya membutuhka daging hewan ini untuk  obat. Codot dikenal memiliki khasiat menyembuhkan penyakit asma. Tokek berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit dan memperkuat stamina. Sedangkan Luwak, baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

LOKASI

Pakualaman, Kota Jogjakarta, Jogjakarta.

AKSES

Harga menu codot dan luwak masing-masing dibandrol 9000. Sedangkan harga tokek 10000 per ekornya. Biasanya dihidangkan dua ekor seporsi. Menu spesial lainnya, nasi bajing/tupai seharga 15000, nasi brongkos 6500, serta nasi emprit/pipit, nasi kicik menthok, nasi udang bakar madu, nasi iso, nasi babat, nasi belut yang masing-masing dibandrol 7500.

Leave a Comment